cara memutihkan selangkangan dengan pasta gigi

Area selangkangan yang berwarna gelap atau kehitaman tentunya dapat mengganggu penampilan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara memutihkan selangkangan yang hitam yang bisa dilakukan secara alami atau bahkan menggunakan obat-obatan dari dokter.

Bagi sebagian besar wanita, area selangkangan yang gelap atau hitam tentu bisa mengganggu penampilan. Hal inilah yang membuat tidak sedikit orang yang mencoba mencari cara memutihkan selangkangan yang hitam, baik dengan produk kimia maupun bahan alami.

Lipatan kulit, termasuk selangkangan, secara alami berwarna lebih gelap daripada bagian tubuh di sekitarnya. Dalam dunia medis, penggelapan kulit ini dikenal dengan istilah hiperpigmentasi. Lantas, bagaimana Cara memutihkan selangkangan dengan pasta gigi? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Bisakah memutihkan selangkangan?

Paha bagian dalam yang gelap adalah masalah kulit umum yang dihadapi wanita dan pria setiap hari. Gesekan kulit, ketidakseimbangan hormon, dan obesitas adalah penyebab umum paha bagian dalam yang gelap ini. Berikut berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk memutihkan selangkangan.

1. Asam Kojic

Kojic Acid adalah bahan yang populer untuk mencerahkan kulit. American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung asam kojic untuk meratakan warna kulit atau mencerahkan bintik hitam.

Namun, AAD juga menyebutkan bahwa zat pencerah kulit, seperti asam kojic, cenderung lebih efektif setelah faktor penyebab hiperpigmentasi dihilangkan.

2. Lidah Buaya

Kamu mungkin terkejut mengetahui bahwa lidah buaya tidak hanya membantu melembapkan kulit; mungkin juga membantu meringankan hiperpigmentasi.

Satu studi menunjukkan bahwa ekstrak lidah buaya dan komponen yang disebut aloin dapat mengikat bersama melanin, pigmen alami yang memberi warna pada kulit. Biasanya, semakin banyak melanin yang kamu miliki, semakin gelap warna kulit kamu.

5+ Manfaat Lidah Buaya untuk Tubuh

Cara memutihkan selangkangan dengan pasta gigi memang tidak disarankan. Lidah buaya mungkin bisa jadi alternatif pilihan. Hal ini karena penelitian menunjukkan bahwa agregasi melanin menyebabkan pencerah kulit. Nah, kamu bisa mengaplikasikannya pada selangkangan yang hitam.

Penyebab selangkangan hitam

cara memutihkan

Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi ketika area kulit lebih gelap dari area kulit normal di sekitarnya. Masalah kulit ini disebabkan oleh kelebihan produksi melanin, yaitu pigmen pemberi warna kulit, sehingga warna kulit menjadi lebih gelap.

Hiperpigmentasi biasa terjadi di area tubuh manapun, terutama di bagian lipatan, seperti ketiak, siku, lutut, hingga paha bagian dalam. Nah, perubahan warna pada paha bagian dalam ini bisa meluas hingga selangkangan hingga area luar vagina. Akibatnya, kamu bisa mengalami selangkangan hitam. Selain itu, berikut penyebab selangkangan hitam lainnya:

1. Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon sering terjadi pada wanita yang sedang menstruasi, hamil, atau masih menyusui. Mereka akan mengalami kulit gelap di area selangkangan, ketiak, bahkan leher.

2. Sindrom ovarium polikistik

Selangkangan hitam juga bisa terjadi saat wanita mengalami kondisi sindrom ovarium polikistik (PCOS). Banyak wanita dengan sindrom ovarium polikistik kelebihan berat badan. Alhasil, kedua paha selalu bergesekan saat berjalan.

Obesitas juga menjadi faktor risiko diabetes, salah satu gejalanya adalah area kulit menjadi lebih gelap. Misalnya di ketiak, selangkangan, dan leher tempat kerah berada.

Jangan Keliru, Ini Perbedaan PCO dan PCOS yang Wajib Kamu Ketahui!

3. Sering melepuh atau iritasi

Kondisi ini bisa terjadi karena kedua paha sering bergesekan saat berjalan atau berlari. Selain itu, penggunaan celana dalam atau celana yang terlalu ketat dapat menyebabkan area selangkangan mudah lecet atau iritasi.

Area kulit yang sering mengalami gesekan dan iritasi biasanya akan lebih gelap dari area kulit normal di sekitarnya, lebih tipis, dan terasa gatal.

4. Penyebab lainnya

Paparan sinar matahari berlebihan, kulit kering, hingga penyakit kulit acanthosis nigricans (gangguan pigmentasi kulit) juga menjadi penyebab lain selangkangan hitam.

Cara memutihkan selangkangan dengan pasta gigi 

Memang, pasta gigi (terutama pasta gigi Colgate putih) telah direkomendasikan oleh banyak orang sebagai obat untuk kulit gelap. Namun, dokter kulit tidak membenarkan penggunaan pasta gigi untuk mencerahkan kulit kamu.

Hal ini karena menurut mereka, pasta gigi bukan cara efektif jika ingin merawat kulit. Bahkan, pasta gigi bisa membuat kulit kamu iritasi yang menyebabkan merah hingga mengelupas.

Berikut berbagai cara yang bisa kamu coba untuk memutihkan selangkangan dengan berbagai bahan di rumah.

1. Gunakan pasta gigi

  • Oleskan pasta gigi ke paha bagian dalam kamu yang gelap.
  • Biarkan selama beberapa waktu untuk melakukan tugasnya. Sekitar dua jam untuk kulit sensitif dan semalaman untuk kulit yang tidak sensitif.
  • Cuci bersih dengan air hangat dan tepuk kulit kamu hingga kering.
  • Melembapkan kulit kamu dengan pelembap yang baik.
  • Ulangi proses ini tiga kali seminggu.

2. Soda kue

  • Buat pasta dari ½ sendok teh soda kue dan 1 sendok teh air.
  • Oleskan lapisan tipis ke paha bagian dalam, seperti kamu akan menggunakan masker wajah atau tubuh.
  • Biarkan selama minimal 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

3. Minyak kelapa dan jus lemon

  • Campurkan minyak kelapa dengan perasan setengah lemon secukupnya
  • Gosokkan campuran bahan alami tersebut ke area selangkangan yang hitam secara perlahan.
  • Pijat lembut selama kurang lebih 10 menit
  • Bilas area selangkangan dengan air hingga bersih.

Cara memutihkan selangkangan dengan pasta gigi tidak disarankan. Kamu bisa jaga kebersihan area selangkangan, dan eksfoliasi kulit untuk mencegah sel kulit mati menumpuk. Selain itu, hindari waxing pada area kulit paha bagian dalam untuk mencegah iritasi pada kulit kamu.

Share artikel ini
Reference