arti crush dalam percintaan

Meskipun istilah crush merupakan istilah yang diambil dari Bahasa Inggris, kamu mungkin sudah tidak asing lagi mendengar. Ini karena istilah crush jadi salah satu bahasa gaul yang semakin populer.

Tapi, kamu sendiri sudah paham dengan apa arti crush sebenarnya? Yuk, kita bahas di sini. Ada tips bagus juga untuk mengelola perasaanmu ketika kamu punya crush, lho!

Apa itu crush?

Crush dalam bahasa gaul bisa diartikan gebetan. Dalam kamus bahasa Inggris, secara literal crush berarti hancur atau rusak. Namun, arti crush dalam percintaan ini mengacu pada perasaan romantis terhadap seseorang.

Meskipun demikian, Dr. Christie Kederian, seorang psikolog dan terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, menjelaskan bahwa crush tidak selalu berkaitan dengan sesuatu yang romantis.

Istilah crush bisa juga diartikan kekaguman seseorang terhadap orang lain. Kekaguman tentu bukanlah perasaan romantis, juga bukan keinginan untuk jatuh cinta pada mereka.

Jadi, arti crush dalam percintaan sebenarnya adalah keinginan untuk terhubung pada tingkat yang lebih dalam dengan orang lain.

Baca juga: Tips Aman Menggunakan Aplikasi Kencan Online, Yuk Simak!

Ciri-ciri kamu memendam rasa crush secara psikologi

Tips Menjalani Kencan Pertama

Ketika kamu merasa punya crush terhadap seseorang, bagaimana perasaan saat melihat crush? Kamu mungkin merasa salah tingkah, malu, dan sebagainya.

Namun, bisa jadi perasaan tersebut datang ketika kamu bertemu dengan orang selain crush, lho! Karena itu, yuk cari tahu beberapa ciri kamu punya crush ke orang lain berikut ini.

Sering memikirkannya

Studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki crush, terutama yang berkaitan dengan hal-hal romantis (jatuh cinta), bisa menghabiskan 85% waktunya untuk memikirkan orang yang mereka sukai.

Jadi, jangan heran jika orang yang kamu sukai secara tidak langsung membuatmu sulit berkonsentrasi atau fokus pada pekerjaan atau aktivitas sehari-hari karena kamu terus memikirkannya.

Ingin dekat dengan dia terus

Bukan rahasia lagi bahwa ketika kamu sedang menyukai seseorang, kamu ingin menghabiskan setiap saat bersamanya. Saat terpisah, kamu mungkin merasa sehari terasa seperti seminggu.

Jika dia mengantarmu pulang setelah kalian pergi bersama seharian, kamu mungkin sudah buru-buru lagi memikirkan tentang pertemuan berikutnya.

Baca juga:

Ingin tahu lebih banyak tentang dia

Arti crush dalam percintaan juga bisa dikenali dari rasa ingin tahu terhadapnya. Kamu jadi ingin tahu segalanya tentang dia, apa yang dia lakukan, apa yang dia sukai, dan sebagainya.

Intinya, kamu ingin kenal dia lebih dalam dan kamu mungkin membuka pintu lebar-lebar untuk terhubung dengannya pada tingkat hubungan yang lebih serius.

Tingkahmu di depannya berbeda

Saat bercanda dengan teman, kamu mungkin bisa tertawa lepas. Di sisi lain, jika crush kamu yang bercanda, kamu mungkin hanya tertawa kecil meskipun dalam hati kamu merasa sangat bahagia. Intinya, tanpa kamu sadari, kamu bisa salah tingkah atau bertingkah berbeda di depannya.

Baca juga: Tips Menarik Menjalani Kencan Pertama, Yuk Simak Ladies!

Cara jitu menghadapi perasaan ke crush

Ciri ciri pacaran sehat

Apakah kamu benar-benar memiliki arti crush dalam percintaan? Daripada bingung soal bagaimana seharusnya kamu memperlakukan emosimu saat kamu punya gebetan atau perasaan suka dan kagum ke orang lain, yuk ikuti 2 cara jitu ini aja!

Hadapi emosi yang ada

Beberapa orang yang punya perasaan suka atau cinta kerap mengabaikan perasaannya, apalagi jika crush-nya tidak memiliki perasaan yang sama.

Padahal ini justru membuat terluka, lho. Coba hadapi saja emosimu. Ungkapkan perasaan ini, misalnya dengan curhat dengan teman atau dengan menulis di buku harian.

Ini akan membantumu lebih memahami emosi dan perasaanmu. Ini berlaku juga bagi kamu yang ingin mencoba mengungkapkan perasaanmu ke crush.

Baca juga: Apa itu Ghosting? Ini Tanda dan Cara Menghadapinya!

Bangun interaksi dengan crush

Saat kamu sudah merasa bisa menghadapi emosi atau perasaanmu, cobalah bangun interaksi yang lebih baik dengan crush.

Bahkan jika kamu benar-benar gugup untuk menatap matanya, tetaplah berusaha untuk tenang. Ajukan pertanyaan sederhana untuk memulai percakapan tanpa merasa canggung.

Momen interaksi ini juga bisa kamu manfaatkan untuk lebih mengenalnya lebih dalam.

Nah, sekarang kamu sudah tahu arti crush dalam percintaan secara lebih mendalam. Jika kamu punya crush, coba lakukan juga tips di atas untuk memvalidasi perasaanmu, ya.

Share artikel ini
Reference