berapa kalori rambutan

Buah rambutan merupakan buah dengan tampilan eksotis yang berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia dan Malaysia.

Buahnya mirip seperti leci dan kelengkeng. Dagingnya berwarna putih, memiliki rasa yang manis dan enak, tekstur yang lembut, dan ada biji di bagian tengahnya.

Selain itu, buah ini sangat bergizi, kaya nutrisi, dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Ingin tahu apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan berapa jumlah kalori rambutan? Silakan simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Kalori rambutan

Kalori buah rambutan terhitung cukup rendah. Satu buah rambutan mengandung sebanyak 7 kalori saja.

Selain itu, satu buah rambutan juga mengandung 0,02 gram lemak, 1,79 gram karbohidrat, dan 0,06 gram protein.

Kandungan nutrisi rambutan

manfaat buah rambutan untuk ibu hamil

Buah rambutan kaya akan vitamin dan mineral. Di dalam buah rambutan, terdapat beberapa nutrisi yang penting berikut ini.

  • Sodium
  • Kalium
  • Serat
  • Vitamin C
  • Tembaga
  • Potasium
  • Vitamin B
  • Vitamin A
  • Kalsium
  • Folat
  • Kolin
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Gula

Walaupun daging buah rambutan aman untuk dikonsumsi, namun kulit dan bijinya sebaiknya tidak dikonsumsi karena mengandung beberapa zat beracun yang tidak boleh dikonsumsi.

Manfaat rambutan untuk kesehatan

makan rambutan saat hamil

Beberapa manfaat buah rambutan bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengurangi lemak tubuh

Buah rambutan efektif untuk mengurangi kandungan lemak di dalam tubuh karena kandungan serat dan airnya yang cukup tinggi serta jumlah kalorinya yang rendah.

2. Memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi

Buah rambutan mengandung zat besi yang dapat mendukung fungsi tubuh manusia.

Zat besi dapat digunakan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan yang berbeda. Tubuh yang kekurangan zat besi bisa mengalami penyakit anemia.

3. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Karena kandungan airnya cukup tinggi, buah rambutan dapat menghidrasi kulit dan rambut sehingga menjadi lebih lembut. 

7 Vitamin Penting untuk Rambut Lebih Sehat

4. Menghindari kerusakan sel tubuh

Buah rambutan mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi. Vitamin ini dapat membantu tubuh untuk menghindari terjadinya kerusakan sel.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian yang dilakukan oleh University of Chiang Mai di Thailand menyatakan bahwa buah rambutan mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan memiliki sifat antikanker.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah rambutan mengandung serat yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, termasuk mengurangi risiko terkena penyakit sembelit dan memperbaiki gejala gangguan usus tertentu.

7. Membantu menurunkan berat badan

Sama seperti kebanyakan buah lainnya, buah rambutan juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kenaikan berat badan dan meningkatkan penurunan berat badan.

Ingin Menurunkan Berat Badan? Cobain Menu Diet Defisit Kalori Ini!

8. Membantu tubuh melawan infeksi

Buah rambutan kaya akan vitamin C yang dapat mendukung produksi sel darah putih yang diperlukan oleh tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

9. Mengurangi risiko penyakit kanker

Kalori buah rambutan kaya akan vitamin C yang dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Antioksidan ini dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit kanker.

5+ Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil, Bisa Turunkan Kolesterol!

Tips memilih buah rambutan

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat memilih dan menyimpan buah rambutan:

  • Carilah buah rambutan yang memiliki kulit berwarna merah cerah. Sedikit warna orange atau kuning pada kulitnya selain merah tidak apa-apa. Tapi, jangan pilih buah rambutan yang kulitnya berwarna hijau karena masih mentah.
  • Jangan beli rambutan yang warnanya sudah menghitam atau yang memiliki banyak rambut hitam. Hal ini menandakan bahwa rambutan tersebut sudah terlalu matang.
  • Jika kamu mau menyimpan rambutan, sebaiknya bungkus dan masukkan ke dalam kantong plastik yang berlubang serta simpan pada kelembapan yang tinggi, misalnya di lemari es. 

Itulah pembahasan lengkap mengenai jumlah kalori buah rambutan dan beberapa manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Buah rambutan dapat langsung dikonsumsi tanpa diolah terlebih dahulu.

Selain itu, kalori daging buah rambutan juga bisa dibuat menjadi jus maupun selai. Buah ini bergizi, kaya nutrisi, dan rendah kalori serta bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan dan kulit, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan membantu penurunan berat badan.

Share artikel ini
Reference