cara memutihkan

Adorable woman with perfect body in sport wear isolated over yellow studio background, sporty attractive female looking at result of her hard work, lady with pumped buttocks. Sport and fitness concept

Cara-cara memutihkan selangkangan hitam bisa kamu lakukan dengan cara alami seperti memanfaatkan lemon dan jeruk nipis. Cara lainnya adalah dengan menggunakan obat, yang sangat disarankan untuk dikonsultasikan dahulu dengan dokter kulit.

Selangkangan yang kontras dengan warna kulit di sekitarnya memang kadang membuat risih. Namun faktanya, selangkangan hitam bukanlah hal yang buruk. Meski pada beberapa kasus, masalah selangkangan hitam merupakan tanda penyakit tertentu bila disertai tanda atau gejala lain.

Penyebab selangkangan hitam

Kulit gelap pada paha bagian dalam bisa dialami oleh siapa saja, apapun warna kulitnya. Itu terjadi ketika kulit di paha bagian dalam menghasilkan banyak melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Ini disebut hiperpigmentasi.

Ada sejumlah alasan mengapa seseorang mungkin mengalami penggelapan kulit di paha bagian dalam. Beberapa alasan ini ialah:

  • Lecet, yang dapat terjadi saat berolahraga atau berjalan, dan dapat menyebabkan kulit menjadi tipis, gatal, dan berubah warna.
  • Ketidakseimbangan hormon, terutama di antara wanita selama menyusui, kehamilan, atau menstruasi, atau di antara mereka dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).
  • Obat-obatan tertentu, seperti kontrasepsi oral hormonal atau obat kemoterapi tertentu
  • Paparan sinar matahari
  • Kulit kering
  • Gesekan dari pakaian ketat

Fakta selangkangan hitam

Tahukah kamu orang gemuk mungkin berisiko lebih tinggi untuk paha bagian dalam yang gelap karena gesekan kulit? Kamu juga berada pada peningkatan risiko jika memiliki ketidakseimbangan hormon atau diabetes mellitus, atau jika kamu menggunakan obat-obatan tertentu.

Kamu juga jangan menggangap diri aneh, karena faktanya hampir semua orang mengalami area selangkangan yang lebih gelap warnanya. Warna kulit manusia berasal dari sel yang disebut melanosit. Mereka menghasilkan melanosom, paket yang mengandung melanin kimia alami.

Studi menunjukkan bahwa, semua orang memiliki jumlah melanosit yang kurang lebih sama di jaringan kulit, apa pun warnanya. Yang membedakan adalah ukuran dan distribusi melanosom. Semakin banyak dan semakin besar, kulitnya akan semakin gelap.

Nah, kulit gelap lebih mungkin mengalami masalah pigmentasi. Bahkan cedera kulit ringan, seperti gigitan serangga, dapat menyebabkan perubahan pigmen kulit, lalu memungkinkan munculnya bintik hitam yang disebut hiperpigmentasi.

Cara sederhana memutihkan selangkangan hitam

Simak apa saja bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk cara memutihkan selangkangan hitam. Beberapa bahan yang diperlukan juga bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau!

Air mawar, lemon dan gliserin

Jika kamu ingin paha bagian dalam menjadi lembut dan bersih, ketiga bahan tersebut mencerahkan warna kulit dan juga melembabkan area tersebut. Ambil 1 sdm masing-masing jus lemon dan gliserin. Sekarang tambahkan 3-4 tetes air mawar ke dalamnya. Oleskan pada paha bagian dalam sebelum tidur. Biarkan semalaman. Kamu dapat mencuci area tersebut dengan air keesokan paginya saat mandi.

Saat menggunakan cara ini, pastikan kamu tidak menggunakan sabun pada paha bagian dalam dan jika kamu cenderung banyak berkeringat, oleskan bedak pada area tersebut. Jika kamu memiliki luka atau luka, biarkan sembuh sebelum kamu mulai menerapkan paket ini. Gunakan pengobatan rumahan ini sekali setiap hari dan lihat hasil yang terlihat dalam beberapa hari.

Oatmeal koloid dan yogurt

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa oatmeal koloid dapat membantu mengurangi munculnya paha bagian dalam yang gelap jika telah berkembang karena eksim. Mikroorganisme dalam yogurt juga dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Untuk membuat oatmeal dan krim yogurt, gabungkan yogurt dan oatmeal koloid dengan perbandingan yang sama. Kemudian, oleskan krim ke area yang terkena dan biarkan selama sekitar 15 menit. Terakhir, cuci dan keringkan area tersebut.

Lidah buaya

Orang sering menggunakan lidah buaya untuk mengobati kulit yang lecet, karena dapat membantu menenangkan area tersebut. Ada penelitian terbatas di bidang ini, tapi beberapa studi menunjukkan bahwa lidah buaya juga dapat membantu mengurangi area gelap pada kulit.

Untuk menggunakannya, gosokkan krim atau gel lidah buaya langsung ke area kulit yang terkena. Kamu juga tidak perlu membilasnya lagi dan biarkan gel lidah buaya menyerap ke kulit.

Gosok kentang pada kulit

Ada banyak orang yang percaya bahwa mengoleskan irisan kentang pada kulit akan membantu mengurangi area gelap. Namun, penelitian ilmiah untuk mendukung klaim ini terbatas. Enzim dalam kentang yang disebut cathepsin D membantu menyembuhkan kulit tikus yang terluka ketika diterapkan secara eksternal.

Meskipun mungkin tidak efektif, seseorang dapat mencoba memotong kentang menjadi irisan dan mengoleskan irisan di atas area yang terkena selama sekitar 10 menit. Setelah mengoleskan irisan kentang ke kulit, bersihkan dan keringkan area tersebut.

Cara Memutihkan Selangkangan dengan Pasta Gigi Apakah Aman?

Pencegahan selangkangan hitam

Jika kamu berada pada peningkatan risiko paha bagian dalam yang gelap, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kulit menjadi gelap:

  1. Cegah lecet dengan mengenakan celana pendek sepeda atau stoking nilon di bawah rok atau gaun.
  2. Jaga agar area paha bagian dalam tetap bersih dan terkelupas dengan baik untuk membatasi penumpukan kulit mati.
  3. Kenakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat untuk mencegah keringat berlebih dan gesekan.
  4. Hindari mencukur atau waxing area terlalu sering untuk mencegah iritasi.
  5. Selalu kenakan SPF 30 atau lebih tinggi saat terkena sinar matahari, dan hindari paparan sinar matahari yang berlebihan jika memungkinkan.
Share artikel ini
Reference