Selama hamil, seorang wanita umumnya bertambah berat badan sehingga mulai mengalami berbagai pelebaran kulit, utama perut sebagai tempat janin bertumbuh sampai masa kelahiran.

Banyak ibu yang kesulitan untuk mengembalikan bentuk badan yang kembali langsing, apalagi dengan perut buncitnya usia melahirkan. Ketahui apa yang menjadi penyebab perut menjadi buncit dan bagaimana cara aman mengatasinya!

Penyebab perut buncit setelah melahirkan 

Mengapa perut dapat membuncit setelah melahirkan? Hal ini terjadi karena rahim meregang untuk dapat dijadikan tempat tinggal selama janin tumbuh. Peregangan membuat perut menjadi buncit dan besar setelah janin keluar.

Baik melahirkan normal atau caesar dapat menyebabkan perut menjadi terlihat buncit namun tentunya dapat menyusut dengan sendirinya setelah beberapa waktu. Perut buncit biasanya dapat menyusut sekitar 6 hingga 8 minggu setelah melahirkan dan kembali ke bentuk atau ukuran semua. 

Namun bagi kamu yang tidak sabar menunggu perut buncit menyusut, yuk coba beberapa cara berikut ini.

3 Cara Mengencangkan Otot Vagina Paling Efektif

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan

Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

Untuk mendapatkan kembali perut yang langsing, tentu saja ada beberapa usaha yang perlu kamu lakukan agar perut buncit menyusut dengan cepat. Cara ini juga dapat mengurangi depresi pasca melahirkan sehingga tak hanya langsing, tubuh yang segar dan sehat pun bisa kamu dapatkan.

1. Pernapasan perut

Pernapasan perut dapat menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang mudah dilakukan. Cara ini dapat membantu mengencangkan kembali perut, mengendurkan otot serta proses penguatan.

Tarik napas dalam-dalam, memasukkan udara ke diafragma, kencangkan perut dan hembuskan napas perlahan. Lakukan dengan rutin untuk membuat perut cepat langsing.

2. Senam kegel

Senam kegel untuk merapatkan miss v

Senam kegel  dilakukan untuk membantu mengurangi risiko inkontinensia persalinan serta otot kandung kemih agar lebih kencang. Senam kegel dapat dilakukan dengan menahan air kencing pada saat buang air agar dapat memanipulasi otot agar aliran air dapat berhenti, setelah itu lepaskan.

Lakukan secara rutin agar otot perut kembali kencang dengan cara mengecilkan perut setelah melahirkan ini.

3. Mengikat perut

Untuk ibu yang melahirkan secara normal dapat mengikat perut dengan gurita selama beberapa waktu agar perut kembali kencang dan bebas dari buncit. Lakukan dengan hati-hati agar ibu tetap nyaman menggunakan gurita ikatan perut.

4. Lotion

Beberapa jenis krim yang mengandung vitamin a, c, e dan kolagen dapat dimanfaatkan agar perut menjadi kencang dan aliran darah meningkat. Lotion atau krim dapat digunakan secara rutin untuk membuat bentuk perut kembali seperti semula.

5. Gerakan olahraga

Lakukan gerakan olahraga agar dapat membantu perut kembali seperti semula dengan mengangkat kepala, angkat bahu hingga curl-up. Cara ini dapat membakar kalori, menguatkan otot punggung hingga perut menjadi lebih kencang.

5 Olahraga Mengecilkan Perut Buncit yang Wajib Kamu Coba

6. Lemon madu

Minuman yang dicampur dengan lemon dan madu dapat memberi kehangatan dan mengembalikan perut kembali seperti semula secara perlahan. Minum secara rutin setelh bangun tidur agar badan lebih segar dan otot perut mengencang.

7. Teh hijau

Perut buncit yang belum kunjung hilang setelah melahirkan dapat diatasi dengan secangkir teh hijau. Minuman ini penuh dengan manfaat antioksidan karena nyaman untuk ibu menyusui. Minum tanpa gula dan batasi jumlahnya agar tetap aman untuk menyusui si kecil.

8. Konsumsi apel

Zat pektin dalam apel dapat membantu menghilangkan lemak dalam perut. Bagi ibu menyusui, cara ini cukup mudah untuk membakar lemak dan akumulasi lemak yang terkumpul selama kehamilan.

7+ Manfaat Apel untuk Ibu Hamil, Dapat Meningkatkan Imun

9. Diet buah sayur

Konsumsi makanan sehat bergizi selama menyusui agar perut kembali mengencang. Makan 2 porsi sayuran, protein sehat, biji bijian dan buah-buahan agar membantu menghilangkan lemak perut.

10. Kurangi gula garam

Cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan mengurangi makan gula dan garam. Mengurangi asupan gula dan garam selama menyusui agar lemak perut segera kembali ke bentuk semula. 

11. Hindari soda

Bagi ibu menyusui, cobalah untuk menghindari minuman dengan soda atau berkarbonasi karena jenis minuman ini hanya akan menambah lemak perut sehingga perut langsing akan kembali sulit didapatkan.

12. Jalan kaki

pola hidup sehat

Salah satu cara mudah untuk mengembalikan kebugaran dan perut langsing setelah melahirkan adalah berjalan kaki santai setiap hari. Bawa bayi jalan-jalan di sekitar tempat tinggal agar berat badan kembali ideal.

13. Pola makan

Pola makan yang teratur dan seimbang akan membantu perut kembali rata dan mengikis lemak jahat disana. Makan dengan porsi kecil namun sering agar nutrisi untuk asi tetap terpenuhi namun tetap dapat mengontrol berat badan.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan ini cukup mudah dan dapat dilakukan sehari-hari. Pilih asupan makanan rendah lemak namun tinggi gizi untuk membantu proses menyusui si kecil.

Makan Sayur Sop Bisa Bikin Tubuh Langsing? Cek Kalorinya!

14. Menyusui

Menyusui menjadi salah satu kegiatan yang akan menguntungkan ibu karena dapat membakar hingga 500 kalori. Anak menjadi sehat dna ibu dapat kembali ke bentuk tubuh semula selama masa menyusui.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan ini sebenarnya sangat mudah dilakukan di rumah. Diperlukan komitmen dan kesabaran agar perut buncit dapat kembali seperti semula.

Share artikel ini
Reference