kenapa puting payudara hitam

Kamu mungkin salah satu dari sekian banyak wanita yang bertanya-tanya kenapa puting payudara hitam, ya? Bentuk dan ukuran payudara berbeda-beda pada setiap wanita, termasuk warna putingnya. Perubahan tubuh mulai dari pubertas sampai dengan hamil dan menyusui dapat memengaruhi warna puting payudara menjadi hitam.

Yuk, cari tahu lebih jauh kenapa puting payudara hitam, apakah berbahaya jika warnanya hitam, dan juga beberapa penyebab yang perlu kamu ketahui di artikel ini. Penasaran?

Apakah puting payudara hitam bahaya?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa puting payudara hitam, mulai dari umur, penyakit, kondisi kesehatan tubuh, hormon, kehamilan, dan menyusui. Tidak perlu khawatir karena warna puting yang hitam tergolong kondisi yang normal dan tidak berbahaya.

Area di payudara yang menggelap disebut dengan areola yaitu area kulit di sekitar puting payudara. Kamu perlu meminta pertolongan medis jika area di sekitar puting atau areola payudara kamu terasa nyeri dan perih. Mungkin ada gejala infeksi yang perlu ditangani segera oleh petugas medis.

Jangan Minder, Ini Cara Mengatasi Payudara Kendur agar Kencang Kembali

Kenapa puting payudara hitam?

Puting yang berwarna hitam itu normal dan tidak berbahaya selama tidak disertai dengan gejala lain, seperti nyeri dan perih. Ada beberapa faktor yang menyebabkan puting payudara berubah warna menjadi hitam. Penyebab puting menjadi gelap atau berwarna hitam antara lain:

1. Pubertas

Alasan di balik kenapa puting payudara hitam yang pertama adalah pubertas. Warna puting bisa berubah menjadi hitam ketika masa pubertas tiba. Saat pubertas, indung telur mulai menghasilkan hormon estrogen. Perubahan hormonal ini menyebabkan penumpukan lemak di dalam jaringan payudara. Saat payudara tumbuh, puting akan terangkat dan warnanya menjadi lebih gelap.

2. Menstruasi

Proses ovulasi di dalam tubuh wanita ditandai dengan datangnya menstruasi. Ketika menstruasi datang teratur setiap bulan, payudara akan terus berubah. Hormon estrogen dan progesteron saat menstruasi dapat membuat payudara menjadi bengkak dan putingnya menjadi lebih gelap.

3. Pil KB

Konsumsi pil KB ternyata juga menjadi penyebabnya. Pil KB mengandung campuran estrogen dan progesteron yang dapat memengaruhi warna puting dan areola di payudara. Umumnya, perubahan warna ini tidak akan hilang kecuali kamu berhenti mengonsumsinya.

4. Kehamilan

Ketika hamil, payudara akan secara otomatis mempersiapkan diri untuk menghasilkan susu untuk bayi. Hormon estrogen dan progesteron membantu mengembangkan sistem saluran susu pada payudara. Efek dari hormon inilah yang membuat puting payudara menjadi lebih gelap. Payudara juga akan membengkak dan sedikit nyeri.

5. Menyusui

Masa menyusui merupakan salah satu penyebab puting payudara menjadi hitam atau lebih gelap. Beberapa ilmuwan berhipotesis bahwa bayi tidak dapat melihat dengan baik, tetapi dapat membedakan antara gelap dan terang. Nah, puting yang berwarna gelap dapat membantu mengarahkan bayi ke sumber ASI atau puting.

6. Diabetes

Penderita diabetes biasanya juga akan mengalami puting yang menghitam. Penyakit ini dapat memicu hiperpigmentasi kulit yang muncul sebagai respon terhadap resistensi insulin. Kulit akan menjadi lebih gelap pada bagian ketiak, selangkangan, leher, dan tungkai, termasuk puting payudara.

7. Kanker

Selain diabetes, penderita kanker juga akan mengalami puting payudaranya berubah warna menjadi lebih gelap. Kanker pada payudara yang sering membuat puting menghitam.

Ladies, Ini Cara Mudah Mengenali 13 Ciri-Ciri Kanker Payudara

Puting payudara hitam, perlukah ke dokter?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak faktor yang menyebakan perubahan warna puting pada payudara. Kondisi menggelapnya warna puting payudara tidaklah serius dan merupakan hal yang normal. Kamu perlu mengunjungi dokter jika puting menghitam disertai dengan gejala lain, seperti demam, nyeri, panas, atau kemerahan.

Kamu juga perlu segera mengunjungi dokter jika area kulit di sekitar puting payudara mengelupas, hanya satu puting saja yang berubah warna, muncul rasa gatal, dan muncul gumpalan atau benjolan di sekitar puting.

Nah, sekarang sudah paham kan kenapa puting payudara hitam dan beberapa penyebab yang membuatnya menjadi lebih gelap? Hampir semua wanita mengalami yang namanya payudara menjadi lebih gelap atau menghitam. Jadi, kamu tidak perlu cemas ya, Yoonies!

Puting Payudara Sakit Bila Tersentuh? Ketahui Penyebabnya!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference