Olahraga mengecilkan perut buncit
Hidup Sehat

5 Olahraga Mengecilkan Perut Buncit yang Wajib Kamu Coba

Putri Aprillia | Januari 5, 2022
Share

Penumpukan lemak terjadi ketika jumlah kalori dari makanan yang kamu konsumsi melebihi jumlah kalori yang dibakar oleh tubuhmu untuk menghasilkan energi. Penumpukan lemak yang ada pada perut salah satunya dapat menyebabkan perut membuncit. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, lho, misalnya diabetes, penyakit jantung, dan lainnya.

Kamu tentu tak ingin hal itu terjadi, kan? Nah, salah satu pilihan terbaik yang dapat kamu lakukan adalah dengan berolahraga secara teratur. Tapi apa saja sih olahraga mengecilkan perut buncit yang efektif? Pasti penasarankan? Yuk cari tahu pembahasannya berikut ini

Penyebab perut buncit

Sebelum membahas tentang olahraga mengecilkan perut buncit, sebaiknya simak terlebih dulu penyebab perut buncit berikut ini. Ada beberapa hal yang menyebabkan perut menjadi buncit, yakni:

1. Kurang tidur

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Clinical Sleep Medicine menunjukkan bahwa waktu tidur yang tidak cukup dapat menyebabkan penambahan berat badan. Ini disebabkan karena kurang tidur dapat memicu kamu makan lebih banyak, yang dapat meningkatkan penumpukan lemak pada perut.

Jika, kamu mengalami sulit tidur atau gangguan tidur, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sehingga, kamu bisa mendapatkan istirahat tidur yang cukup.

2. Kebiasaan emotional eating

Apakah kamu pernah mengalami hasrat ingin makan suatu makanan ketika sedang sedih, sres, atau tertekan? Nah, bisa jadi kamu sedang mengalami emotional eating. Jadi, kamu melampiaskan kesedihan tersebut dengan makan makanan yang kamu inginkan untuk menenangkan hati dan pikiran.

Hal itu sebenarnya sah-sah saja dilakukan. Hanya saja, jika menjadi kebiasaan, hal itu bisa menyebabkan dampak yang buruk. Apalagi makanan yang kamu konsumsi adalah makanan tidak sehat. Sehingga, dapat menyebabkan penimbunan lemak dan perut buncit.

3. Mengunyah terlalu cepat

Tahukah kamu bahwa jika mengunyah terlalu cepat dapat membuat perut lebih cepat buncit? Saat makan, sinyal lapar perlu mencapai otak dari perut dan usus. Selama waktu tersebut, otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menghentikan keinginan makan. Jika kamu makan terlalu cepat, tubuhmu akan mengonsumsi lebih banyak makanan dalam 20 menit. Artinya, kebiasaan ini dapat memicu makan berlebihan dan menyebabkan perut buncit karena penerimaan sinyal kenyang yang tertunda.

4. Frekuensi olahraga tidak teratur

Olahraga merupakan salah satu cara untuk membakar lemak perut. Namun, aktivitas olahraga yang salah tentu tidak akan membantu mengecilkan perut buncit. Selain itu, frekuensi olahraga yang tidak teratur dapat berdampak buruk pada lemak perut. Untuk itu, pastikan kamu tidak melakukan olahraga berat secara berlebihan juga ya, apalagi dengan nutrisi yang tidak seimbang. Agar lebih jelas, kamu bisa konsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

5. Terlalu sering makan makanan berminyak

Makanan yang digoreng memiliki kandungan kalori, garam dan lemak yang sangat tinggi. Ketiganya merupakan faktor utama yang membuat perut buncit. Karena itulah, kebiasaan makan makanan berlemak, terutama gorengan, bisa menyebabkan perut menjadi buncit. Jadi, jika ingin mengecilkan perut, kurangi makan makanan berminyak ya!

6. Kurang minum air putih

Minum banyak air putih dapat membantu menjaga berat badan ideal. Peningkatan asupan air dapat mempercepat lipolisis, yang merupakan pembakaran lemak tubuh sendiri untuk energi. Sebaliknya, jika kamu kurang minum air putih, secara tidak langsung perutmu bisa menjadi buncit. Jadi, jadikan air putih di daftar konsumsi utamamu tiap hari ya!

5 Olahraga mengecilkan perut buncit

Ukuran lingkar pinggang ideal tidak boleh melebihi 90 cm untuk pria dewasa dan 80 cm untuk wanita dewasa. Jika lingkar pinggangmu lebih besar dari angka ini, pertimbangkan untuk melakukan beberapa olahraga mengecilkan perut buncit berikut ini:

1. Jogging

Jogging merupakan aktivitas fisik yang praktis dan mudah. Selain praktis, jogging merupakan olahraga yang dipercaya ampuh membakar lemak. Disarankan untuk melakukan latihan ini 34 kali seminggu selama 20-30 menit untuk mengecilkan perut buncit.

2. Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk mengencangkan perut, karena dapat membakar lemak tubuh. Berenang tidak hanya membantu mengecilkan perut, tetapi juga membantu menjaga kekuatan otot dan tulang, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Aerobik dan zumba

Beberapa olahraga, seperti aerobik dan zumba, yang banyak digunakan di gym dan pusat kebugaran, juga efektif dalam membakar kalori dan mengurangi lemak perut. Selain itu, senam aerobik juga baik untuk memperkuat sendi dan tulang, meningkatkan mood, dan menghilangkan stres.

4. Yoga

Berbagai gerakan yoga juga terbukti efektif mengurangi perut buncit. Latihan ini tidak hanya menghilangkan lemak perut, tetapi juga membuat tubuh lebih sehat dan bugar, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi stres.

5. Latihan fisik lainnya

Selain olahraga di atas, ada berbagai olahraga yang secara khusus bisa mengencangkan otot perut dan mengurangi perut buncit. Beberapa latihan tersebut untuk mengencangkan perut, seperti sit up, crunches, dan plank.

Tips menjaga perut agar tidak buncit

Tahu jenis olahraga mengecilkan perut buncit saja tidak cukup. Kamu juga harus tahu tips menjaga perut agar tidak buncit. Hal ini tidak kalah penting, lho! Berikut caranya:

  • Rutin berolahraga
  • Perbanyak asupan protein dan serat
  • Membatasi konsumsi karbohidrat olahan
  • Memenuhi kebutuhan cairan
  • Mendapatkan tidur yang cukup

Nah, sekarang kamu sudah tahu olahraga mengecilkan perut buncit yang efektif, bahkan kamu juga sudah tahu tips mencegah perut buncit. Pertanyaannya, kamu siap menerapkan langkah-langkah tersebut?

 

Reference
Share