diet ala korea

Diet ala Korea, juga dikenal sebagai diet K-pop, adalah diet berbasis makanan utuh yang terinspirasi oleh masakan tradisional Korea dan populer di kalangan orang Timur dan Barat. Diet ini dipromosikan sebagai cara yang efektif untuk menurunkan berat badan agar seseorang bisa terlihat seperti bintang K-pop.

Agar lebih tahu lebih jelas tentang diet ala Korea ini, yuk simak artikel berikut!

Mengenal diet ala korea

Diet ala Korea terinspirasi oleh masakan tradisional Korea. Hal ini terutama bergantung pada makanan utuh yang diproses secara minimal (tidak banyak melalui proses pengolahan), serta dan meminimalisir asupan makanan olahan, kaya lemak, atau manis.

Diet ini menjanjikan penurunan berat badan serta dipercaya dapat mengubah pola makan dan kebiasaan olahraga menjadi lebih sehat. Selain itu, diet ala Korea ini juga dipercaya dapat membantu menjadikan kulit lebih bersih serta mengoptimalkan kesehatan jangka panjang orang yang menjalaninya.

Selain fokus pada nutrisi, diet ala Korea memberikan penekanan yang sama intensitas olahraga yang dilakukan.

Cara diet ala Korea

Diet ala Korea didasarkan pada pola makan yang sebagian besar terdiri dari makanan tradisional Korea. Umumnya, makanan-makanan yang dikonsumsi pada program diet ini merupakan makanan yang tidak banyak melalui proses pengolahan. Biasanya makanan tersebut terdiri dari sayuran, nasi, daging, ikan, atau makanan laut. Kamu juga bisa makan makanan yang difermentasi, seperti kimchi, dan lain-lain.

Selain itu, untuk melakukan diet ini, ada beberapa aturan tambahan yang perlu kamu terapkan, seperti:

  • Makan lebih sedikit kalori
  • Olahraga secara teratur. Pada kasus ini, latihan dance K-pop juga termasuk olahraga yang rutin dilakukan.
  • Makan asupan lemak lebih sedikit. Hindari makanan berminyak, mengandung saus, dan berbagai bumbu yang mengandung lemak.
  • Meminimalisir konsumsi gula tambahan dengan mengganti cemilan seperti permen, es krim, kue, dan sebagainya, dengan buah-buahan segar.

Apakah diet ala Korea efektif untuk menurunkan berat badan?

Diet ala Korea membantu penurunan berat badan karena beberapa alasan. Pertama, makanan tradisional Korea biasanya merupakan makanan alami seperti sayuran yang mengandung banyak serat. Diet kaya serat dapat membantu kamu menurunkan berat badan dengan mengurangi rasa lapar dan membuat kenyang lebih lama.

Selain itu, diet ini membatasi ngemil, makanan berlemak, dan yang mengandung tambahan gula tambahan, yang tentu selanjutnya mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. Selain itu, diet ini juga mendorongmu untuk olahraga teratur, yang membantu meningkatkan jumlah kalori yang dibakar.

Manfaat diet Korea untuk kesehatan

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari diet ala Korea, yakni:

Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Diet ini mendorong kamu untuk makan banyak buah dan sayuran, dua kelompok makanan yang secara konsisten terbukti meningkatkan kesehatan dan melindungi dari kondisi kronis, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Bukan hanya itu, dengan makanan makanan yang difermentasi seperti kimchi, kesehatanmu juga dapat meningkat. Penelitian menunjukkan bahwa kimchi dapat membantu menurunkan tekanan darah, gula darah, lemak total dan LDL. Makanan fermentasi seperti kimchi juga bermanfaat bagi kesehatan usus dengan meningkatkan jumlah bakteri usus yang bermanfaat, juga dikenal sebagai probiotik.

Mengurangi jerawat

Diet ala Korea dipercaya dapat membantu melawan jerawat dengan membatasi asupan susu. Susu sendiri merangsang pelepasan insulin yang berperan dalam pembentukan jerawat.

Sebuah studi mencatat bahwa orang yang dietnya mengonsumsi banyak susu memiliki kemungkinan mengalami jerawat 2,6 kali lebih banyak dibanding orang yang diet tanpa susu.

Kaya nutrisi dan bisa diterapkan untuk jangka panjang

Diet ala Korea sangat menekankan pada membuat perubahan jangka panjang pada cara kamu makan dan berolahraga. Diet ini mempromosikan konsumsi makanan bergizi yang diproses minimal serta membatasi asupan junk food padat kalori dengan nutrisi yang lebih sedikit.

Selain itu, diet ini juga tidak memiliki pedoman ketat tentang berapa banyak yang harus dimakan, juga tidak menyarankan untuk menimbang atau mengukur porsi makananmu. Sebaliknya, diet ini mendorong kamu untuk menemukan ukuran porsi yang tepat untuk dirimu sendiri.

Hal yang harus diperhatikan saat menjalani diet ala Korea

Meskipun banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari diet ini, ada beberapa hal yang juga perlu kamu perhatikan. Diet ini memang bisa dilakukan berkelanjutan, namun penekanan kuat diet ini pada penampilan fisik (bahwa cantik berarti harus memiliki tubuh yang langsing) dapat meningkatkan risiko gangguan makan.

Selain itu, pedomannya yang membiarkan seseorang memilih sendiri berapa asupan kalori yang mereka konsumsi setiap hari terkadang membuat seseorang malah melakukan diet ini secara ekstrim sehingga menyulitkan mereka untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa konsultasi ke dokter terlebih dahulu dan cari tahu tips menjalani diet tapi tetap sehat.

Share artikel ini
Reference