buah untuk menurunkan kolesterol

Tubuh kita sebenarnya membutuhkan kolesterol baik (high density lipoprotein) untuk memproduksi hormon, vitamin, dan sel-sel baru. Namun, jika kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein) tinggi, justru berbahaya bagi kesehatan. Menerapkan pola makan sehat bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Lalu, apa saja buah untuk menurunkan kolesterol?

Penyebab kolesterol tinggi pada wanita

Sebelum mengetahui daftar buah untuk menurunkan kolesterol, Yoonies mungkin bertanya-tanya beragam penyebab kolesterol tinggi pada wanita. Sebenarnya penyebab kolesterol tinggi pada wanita adalah pola makan tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan olahan, gorengan, gula, dan rendah serat. 

Belum lagi dengan faktor gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, kurang menerapkan aktivitas fisik atau olahraga, hingga memiliki kondisi yang mendasari seperti tekanan darah tinggi atau diabetes.

Untuk mengendalikan kolesterol, kamu perlu terus memperhatikan beragam faktor penyebab tersebut. Namun, pola makan sehat yang terdiri dari buah-buahan yang kaya akan vitamin esensial, mineral, dan antioksidan terbukti dapat mengelola kadar kolesterol. 

Bisa sebabkan Stroke, Ketahui Ciri Kolesterol Tinggi Pada Wanita

7 buah untuk menurunkan kolesterol

buah untuk menurunkan kolesterol dan penyebab kolesterol tinggi pada wanita

Jika kamu memiliki kondisi medis yang mendasari sebelumnya, tentu perlu memperhatikan pola makan yang sehat. Yuk, mulai konsumsi daftar buah untuk menurunkan kolesterol berikut ini!

1. Apel 

Apel dianggap sebagai salah satu buah terbaik untuk menurunkan kolesterol. Apel kaya akan serat larut yang menjaga kesehatan jantung. Selain itu, apel mengandung polifenol yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Orang dewasa dengan kadar kolesterol tinggi dan mulai mengonsumsi apel akan mengalami penurunan kolesterol jahat dan kolesterol total hanya dalam 4 minggu. Hal tersebut dijabarkan pada uji coba yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition

2. Buah beri

Buah beri, seperti stroberi, blackberry, dan raspbery menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan karena salah satu sumber fitonutrien yang lezat dan serbaguna. Berkat kandungan antioksidan dan antiinflamasinya, buah ini kaya akan bahan kimia bioaktif yang dapat mencegah penyakit jantung dan gangguan kronis lainnya. 

Mengonsumsi secangkir buah beri setiap hari dapat menurunkan kolesterol pada orang dewasa yang berisiko terkena penyakit jantung, demikian kesimpulan ulasan yang diterbitkan dalam Nutrients Journal.

3. Alpukat

Menurut California Avocado Commission, makan alpukat dapat membantu tubuh menyerap nutrisi lain dari makanan. Ini karena alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, sejenis lemak sehat yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Kuncinya adalah menikmati alpukat sebagai pengganti makanan dengan kandungan lemak jenuh kurang sehat, seperti daging merah dan produk susu berlemak penuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Jauhi 7 Makanan Pantangan Kolesterol Ini Biar Sehat Dan Jauh Dari Penyakit!

4. Nanas

Nanas merupakan sumber vitamin, mineral, dan nutrisi yang baik. Bromelain yang terdapat dalam nanas memecah timbunan kolesterol di arteri yang mendukung aliran darah yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Jeruk

Jeruk tidak hanya lezat dan baik untuk kekebalan tubuh karena kaya akan vitamin C, tetapi juga baik untuk kesehatan jantung. Penelitian observasional menunjukkan hubungan antara orang dewasa yang mengonsumsi jus jeruk. Hasilnya, secara signifikan menurunkan kadar kolesterol jahat dan total. Inilah manfaat segelas jus jeruk asli tanpa tambahan gula yang dapat menekan kadar kolesterol jahat.

6. Semangka

Semangka adalah salah satu buah penurun kolesterol karena secara alami mengandung karotenoid yang terbukti menangkal radikal bebas sehingga mencegah peningkatan kolesterol. Mengonsumsi jus semangka bisa menjadi pilihan pengganti jika kamu ingin minuman manis.

7. Plum 

Sekitar 50 gram buah plum setiap hari atau mengonsumsi 5-6 buah per hari dapat meningkatkan kadar kolesterol baik pada wanita pascamenopause secara signifikan, serta menurunkan peradangan dan meningkatkan aktivitas antioksidan.

Menambahkan plum ke dalam smoothie, salad buah-buahan, atau memakannya begitu saja adalah cara menyenangkan untuk menekan kadar kolesterol. 

Manfaat Terong untuk Ibu Hamil, Ternyata Bisa Bantu Turunkan Kolesterol!

Itulah ketujuh jenis buah untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Ingatlah kadar kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung. Kamu dapat menurunkan risiko ini dengan mulai mengonsumsi buah-buahan di atas ke diet harianmu.


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference