Manfaat Apel untuk Ibu Hamil

Buah apel dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Para ahli juga sepakat bahwa apel dianjurkan untuk dikonsumsi karena nutrisinya yang besar, termasuk juga bagi para ibu hamil.

Manfaat apel untuk ibu hamil berasal dari kandungan berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, magnesium, asam folat, mangan, tembaga, kalsium dan kalium. Untuk lebih detailnya lagi, berikut ini ulasan mengenai kandungan dan manfaat buah apel untuk ibu hamil.

Kandungan dan kalori buah apel

Apel adalah salah satu jenis buah-buahan yang sangat populer, mudah ditemukan, dan disukai oleh banyak orang karena rasanya yang enak. Selain rasanya yang enak, manfaat apel untuk tubuh secara umum didapatkan dari berbagai kandungan berikut:

  • Air: 84,1 gram
  • Kalori: 58 kalori
  • Protein: 0,3 gram
  • Lemak: 0,4 gram
  • Karbohidrat: 14,9 gram
  • Kalsium: 6 milligram
  • Fosfor: 10 milligram
  • Besi: 0,3 milligram
  • Natrium: 1 milligram
  • Potassium: 110 miligram
  • Vitamin C: 5 milligram
  • Vitamin A: 0,09 miligram
  • Vitamin B1: 0,04 miligram
  • Vitamin B2: 0,02 miligram
  • Niacin: 0,1 milligram

Manfaat apel untuk ibu hamil

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, manfaat apel untuk tubuh memang tidak perlu diragukan lagi. Nah, kali ini kita membahas apa manfaat apel untuk ibu hamil. Yuk, simak penjelasan berikut!

Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat makan apel saat hamil adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dalam buah ini meningkatkan produksi sel darah putih dan dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis infeksi.

Mengatasi kram kaki

Perubahan hormon, penambahan berat badan, dan kekurangan mineral dapat membuat ibu hamil lebih rentan mengalami kram kaki. Buah ini mengandung berbagai mineral penting seperti potasium, kalsium, serta magnesium, sehingga mengkonsumsi apel dapat mencegah dan mengatasi penyakit tersebut.

Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Selama kehamilan, volume darah meningkat 45%, sehingga aku membutuhkan lebih banyak air dan kalium daripada sebelumnya. Apel mengandung cukup potasium dengan memakan buah ini untuk membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit selama kehamilan.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada apel baik untuk kesehatan pencernaan. Untuk mencegah dan mengatasi konstipasi pada ibu hamil, kebutuhan serat pangan terpenuhi dengan baik selama kehamilan.

Menjaga kesehatan tulang

Apel mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Pasalnya, kalsium merupakan salah satu nutrisi penting yang mendukung pertumbuhan sistem saraf tulang, gigi, otot, jantung dan sistem janin. Kekurangan kalsium selama kehamilan tidak hanya mempengaruhi perkembangan janin, tetapi juga meningkatkan risiko terkena osteoporosis di masa depan.

Mengurangi risiko cacat lahir

Makan apel selama kehamilan membantu memenuhi kebutuhan asam folat harian. Ini penting karena kebutuhan asam folat yang tepat selama kehamilan telah terbukti mengurangi risiko cacat lahir, seperti spina bifida dan anencephaly.

Mengurangi risiko anak terkena asma dan alergi

Sebuah studi menunjukkan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu yang makan apel selama kehamilan memiliki risiko lebih rendah terkena asma dan alergi di kemudian hari. Hal ini mungkin karena adanya polifenol antioksidan seperti flavonoid yang ditemukan di kulit apel. Antioksidan memiliki kemampuan untuk mengatur sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah asma dan alergi.

Tips mengonsumsi apel untuk ibu hamil

Beberapa orang lebih suka mengupas dan memakan apel terlebih dahulu. Cara ini diyakini cocok untuk melindungi tubuh dari risiko terpapar kandungan lilin dan pestisida yang kerap ditemukan pada kulit apel.

Namun, mengonsumsi dengan mengupas kulit apel ternyata dapat mengurangi kandungan nutrisinya. Hal ini dikarenakan kulit apel kaya akan vitamin A dan C serta kalsium, kalium, fosfor. Artinya, mengupas apel tidak menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalam apel, tetapi hanya mengurangi nutrisinya.

Jika ingin mendapatkan nutrisi dari apel yang tidak dikupas, jangan lupa mencucinya terlebih dahulu sebelum dimakan. Salah satu bahan yang telah terbukti efektif dalam menghilangkan lilin dan pestisida dari kulit apel adalah soda kue. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Caranya adalah dengan melarutkan satu sendok makan soda kue ke dalam 100 ml air bersih dan rendam apel selama 15 menit. Kemudian bilas apel dengan air bersih yang mengalir. Jika perlu, gunakan spons untuk mengikis kulit apel saat dibilas.

Nah, jangan lupa juga untuk memilih buah apel yang baik untuk ibu hamil ya!

Share artikel ini
Reference