Pernah mendengar informasi bahwa minum es saat haid penyebab kanker rahim? Saat ini memang masih banyak mitos yang menyebutkan bahwa minum air es dapat menyebabkan berbagai keluhan haid seperti darah menggumpal, siklus haid yang lebih panjang, hingga kista, dan rahim. 

Mitos dan informasi yang cenderung tidak benar ini perlu kamu ketahui faktanya agar tidak was-was dan termakan berita yang tidak jelas. Berikut fakta minum es saat haid penyebab kanker rahim dan penyebab berbagai keluhan lainnya.

Mitos dan fakta minum air es saat haid

Minum es saat haid penyebab kanker rahim merupakan sebuah mitos dan bukan hal yang tepat ya, ladies.

Kista atau kanker sendiri merupakan pertumbuhan jaringan yang tidak normal dan umumnya terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat sehingga kondisi genetis.

Hal tersebut tidak ada hubungannya dengan kondisi haid, apalagi jika berasal dari makanan atau minuman, dalam hal ini konsumsi air es pada saat haid.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti konsumsi alkohol, merokok dan begadang malah menjadi faktor terbesar seseorang bisa terkena kanker.

minum air es saat haid

Pencernaan dan saluran reproduksi sendiri memiliki jalur yang berbeda, sehingga air es yang dikonsumsi tidak mempengaruhi siklus haid.

Haid merupakan proses alami peluruhan dinding rahim akibat sel telur yang tidak dibuahi. Jika sel telur tidak dibuahi sperma, maka dinding rahim akan meluruh dan menjadikan haid datang setiap bulannya.

Air es yang diklaim menyebabkan darah haid membeku atau siklus menjadi panjang juga tidak benar. Siklus haid dan banyaknya darah tergantung dari hormon tubuh yang bekerja sepanjang haid berlangsung dan tidak ada hubungannya dengan air es yang dikonsumsi.

Satu-satunya yang perlu diperhatikan saat minum air dingin saat haid dapat memicu sakit kepala, flu atau batuk sehingga gejala haid akan semakin terasa berat jika mengonsumsi air secara berlebihan.

 

Apakah minum es saat haid penyebab kanker

Minum es saat haid penyebab kanker rahim merupakan sebuah mitos. Jika kamu merasa kram karena minum es, bukan berarti es yang menjadi penyebab kram.

Beberapa faktor yang memicu kram pada saat haid antara lain:

  • Nyeri menstruasi
  • Gangguan pencernaan
  • Perut kembung

Jauh dari Fakta, Ketahui Deretan Mitos Menstruasi Ini

Manfaat minum air es saat haid

Minum air es sendiri ternyata memiliki beberapa manfaat alih-alih menyebabkan darah membeku, kista hingga kanker rahim. Beberapa manfaat dari minum air es saat haid antara lain:

  • Meningkatkan detak jantung. Air es membantu organ menjadi lebih aktif dengan meningkatkan detak jantung dan mengaktifkan sensor kulit sehingga kamu lebih segar dan terjaga.
  • Membantu aliran darah lancar. Aliran darah akan lebih lancar dengan konsumsi air es saat haid. Air dingin membuat wajah lebih elastis dan kulit menjadi lebih kencang.
  • Membantu rambut lebih berkilau. Ternyata rambut yang dicuci dengan air es atau air dingin akan lebih berkilau dan sehat.
  • Menghentikan pendarahan. Air es dapat membantu perdarahan dengan cara merendam atau mengoleskan es batu pada area pendarahan agar cepat berhenti.
  • Meningkatkan hormon. Air es dapat meningkatkan hormon seksualitas yaitu testosterone dan estrogen. 

Jika air es masih diperbolehkan dikonsumsi saat haid, adakah minuman yang dilarang dikonsumsi?

Mitos dan Fakta Larangan Saat Haid yang Wajib Diketahui

Minuman yang dilarang saat haid

minuman kafein

Dengan alasan kesehatan dan kandungan yang terdapat dalam minumannya, ada beberapa minuman yang dilarang dikonsumsi saat haid, antara lain:

1. Minuman mengandung alkohol

Minuman yang mengandung alkohol tidak hanya memperburuk gejala pada saat haid namun juga mendatangkan masalah pencernaan seperti mual, perut kembung, diare hingga pusing.

Hindari alkohol agar tubuh tetap sehat dan bugar meskipun sedang dalam masa haid.

2. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti soda tidak jarang menyebabkan perut kembung. Kram pada perut bisa semakin berat dan haid semakin sulit.

Untuk menjaga stamina, minumlah air putih atau air hangat agar tubuh tetap fit dan prima. Air putih dapat membantu meningkatkan aliran darah menjadi lebih lancar dan mengurangi kram serta gejala haid lainnya.

3. Minuman berkafein

Ladies, kamu perlu menghindari minuman berkafein selama haid. Jenis minuman ini dapat memicu sakit kepala, perut terasa begah dan penuh serta asupan kafein membuat tidur kamu kurang teratur.

Perbanyak minum air putih atau jus buah yang dapat memberikan kesegaran dna menghindari mual saat haid.

Minum es saat haid penyebab kanker rahim merupakan mitos yang tak perlu kamu percayai. Ada jenis minuman lain yang tidak disarankan seperti daftar diatas dan lebih banyak mengonsumsi jenis minuman sehat seperti jus buah, yogurt, teh herbal, kunyit dan teh jahe.

Share artikel ini
Reference