kalori pastel renyah

Kamu sudah tidak asing lagi dengan camilan bernama pastel, bukan? Faktanya, camilan ringan ini bukan berasal dari Indonesia, lho. Kira-kira berapa ya kalori pastel yang berisi sayuran dan telur? Apakah ada manfaat pastel untuk kesehatan? Cek selengkapnya, yuk!

FYI, pastel adalah makanan khas yang berasal dari Portugal dan Spanyol. Makanan ini pertama kali dikenal sejak abad ke-15 dan menyebar ke seluruh dunia melalui perdagangan. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau pastel terbuat dari adonan kulit tipis yang digoreng dan berisi daging, sayuran, telur, atau isian lainnya.

Banyak orang menyukai pastel karena rasanya yang lezat. Kulitnya yang renyah dengan beragam isian membuat pastel menjadi pilihan populer untuk camilan kapan pun di segala suasana. Selain itu, pastel juga mudah dibawa dan dikonsumsi saat bepergian sehingga menjadi pilihan camilan yang praktis.

Apakah camilan yang satu ini cocok untuk kamu yang sedang diet atau menjalani gaya hidup sehat? Nah, agar tidak bingung lagi, Yoona akan membahas semuanya di artikel ini.

Berapa kalori pastel?

Jumlah kalori pastel adalah 150 kalori per satu potong. Dari kalorinya tersebut, berikut kandungan nutrisi lengkap yang terkandung dalam pastel favoritmu:

  1. Lemak: 6,13 gram
  2. Kolesterol: 59 miligram
  3. Protein: 3,8 gram
  4. Karbohidrat: 19,63 gram
  5. Serat: 0,8 gram
  6. Gula: 0,21 gram
  7. Sodium: 96 miligram
  8. Kalium: 47 miligram

Daftar Kalori Gorengan yang Selalu Bikin Nagih!

Apa manfaat pastel dan apakah cocok untuk diet?

kalori dan manfaat pastel lezat

Setelah mengetahui kalori pastel, kamu mungkin penasaran, apakah pastel cocok dikonsumsi saat diet? Meski berisi sayuran, telur, dan daging ayam, namun kulit pastel yang digoreng membuat camilan yang satu ini mengandung kolesterol dan lemak.

Sebenarnya, jika kamu sedang menjalani diet, sebaiknya tidak mengonsumsi pastel secara sering dan dalam porsi yang berlebihan. Kamu tetap boleh mengonsumsi pastel sesekali dan dalam porsi sedikit.

Pastel umumnya berisi bihun, kentang, wortel, telur, hingga daging ayam. Dengan nutrisi tersebut, tak heran ada beberapa manfaat pastel jika kamu mengonsumsinya. Apa saja manfaat pastel?

1. Meningkatkan kesehatan mata

Tahukah kamu kalau telur yang terkandung dalam pastel memiliki beberapa nutrisi yang dapat menangkal proses degeneratif pada mata? Yup, contohnya lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang menumpuk pada retina mata. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi nutrisi tersebut dalam jumlah yang cukup dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula secara signifikan.

2. Bagus untuk kesehatan tulang

Bihun sebagai isian pastel mengandung fosfor yang baik untuk tubuh. Kandungan mineral pada bihun dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi agar tetap kuat serta sehat. Manfaat lainnya, yaitu membantu tubuh untuk menyimpan, memproses, dan menggunakan energi.

3. Mengontrol diabetes

Kandungan wortel dalam pastel mampu mengendalikan kadar gula darah sehingga dapat mengontrol diabetes. Serat dalam wortel dapat membuat kadar gula darah tetap terkendali. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan vitamin A dan beta-karoten yang dapat menurunkan risiko diabetes.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kentang yang terkandung dalam pastel mengandung pati resisten yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. 

Ketahui Kalori Tempe Mendoan Dan Cara Mengolah Tempe Jadi Menu Diet

Resep pastel renyah yang bisa kamu coba

Jika dilihat dari jumlah kalori pastel, memang camilan ini sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari. Akan lebih baik lagi jika kamu membuat pastel sendiri di rumah. Berikut resep membuat pastel yang bisa Yoonies coba!

Bahan-bahan:

  1. 4 butir telur ayam
  2. 250 gram tepung terigu
  3. 50 gram margarin
  4. 75 ml air matang
  5. Minyak goreng
  6. 150 gram daging ayam
  7. 1 buah wortel yang dipotong dadu kecil
  8. 2 siung bawang putih yang dicincang
  9. 5 siung bawang merah yang dicincang
  10. 2 helai daung bawang yang diiris
  11. 1 sdt gula pasir

Cara membuat pastel:

  1. Untuk membuat kulitnya, campur tepung terigu, telur ayam, margarin, garam, dan air hingga adonannya tidak lengket di tangan. 
  2. Tambahkan satu sampai dua sendok makan air dan tutup adonan menggunakan dengan plastik selama 10 menit.
  3. Taburkan sedikit tepung di atas meja untuk menggilas adonan.
  4. Cetak bulat adonan dengan bergaris tengah tujuh sampai delapan cm. 
  5. Panaskan minyak goreng dan tumis bawang putih cincang hingga berubah warna menjadi kuning. Lalu, masukkan bawang merah iris dan tumis sampai layu. Tambahkan juga sedikit air hingga habis sebagai isian.
  6. Tambahkan dua sendok makan tepung terigu yang sudah dicairkan dengan air dan aduk hingga rata. Setelah itu, angkat kemudian dinginkan.
  7. Ambil kulitnya dan isi dengan sayuran. Lipat adonannya menjadi setengah lingkaran dan bentuk menyerupai cubitan pada setiap ujungnya.
  8. Panaskan minyak goreng kembali dan goreng pastel hingga berwarna cokelat keemasan.

Berapa Jumlah Kalori Tempe Bacem, Cocok Untuk Diet?

Itulah informasi seputar kalori pastel, kandungan nutrisi, manfaat, hingga resepnya. Perlu Yoonies ingat bahwa mengonsumsi pastel yang berlebihan dapat memengaruhi kesehatan dan meningkatkan berat badan. Oleh karena itu, penting untuk membatasi asupan porsi pastel dan mengimbanginya dengan menerapkan pola makan sehat dan berolahraga secara teratur. 


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference