Pernah mengalami lutut sakit dan nyeri? Lutut merupakan salah satu bagian tubuh yang terdiri atas tulang dan sendi.

Komponen ini memudahkan pergerakan sehingga Ketika mengalami nyeri atau sakit, maka kondisi ini dapat menyebabkan kesulitan untuk berjalan dan bergerak.

Ada beberapa penyebab lutut sakit pada usia muda yang dapat mengganggu kenyamanan dalam bergerak. Yuk simak cara menyembuhkan lutut sakit di usia muda dengan cara aman di rumah!

Apa penyebab lutut sakit di usia muda? 

Lutut nyeri dan mengalami ketidaknyamanan untuk bergerak tidak hanya dialami oleh orang tua atau kaum manula saja,lho. Ada beberapa penyebab mengapa anak muda dapat mengalami lutut sakit. Berikut penyebabnya:

1. Cedera

Cedera pada lutut dapat menyebabkan lutut terasa nyeri dan sakit. Hal ini terjadi pada saat olahraga berlari atau melompat.

Jenis cedera yang biasanya terjadi pada usia muda yaitu patah tulang, pergeseran tulang atau dislokasi, keselop, ligamen lutut robek hingga jenis cedera lainnya. 

Cedera umumnya masih dapat disembuhkan dengan metode yang tepat sesuai dengan jenis cedera yang dialami.

2. Osteoarthritis

Peradangan sendi yang terjadi pada tulang rawan dapat menyebabkan lutut sakit. Tidak hanya orang tua, usia muda juga dapat mengalami ini karena beberapa sebab seperti berat badan berlebihan hingga kebiasaan mengangkat beban berat.

3. Asam urat

Asam urat tidak hanya terjadi pada orang tua saja, namun anak muda juga dapat mengalami asam urat.

Kondisi ini terjadi akibat penumpukan kristal pada asam urat sendi sehingga terjadi kaku sendi, bengkak, nyeri dan rasa tidak nyaman. Asam urat sering dipicu karena sering mengonsumsi jenis makanan tinggi purin.

10 Makanan yang Menyebabkan Asam Urat ini Perlu Dihindari, lho!

4. Infeksi sendi

Infeksi sendi dapat terjadi pada usia muda karena virus, bakteri sehingga jamur yang menyerang sendi melalui aliran darah. Sendi tubuh yang dapat terserang yaitu seperti pinggul, siku, dan area lutut.

Biasanya infeksi akan menyebabkan lutut merah, nyeri hingga bengkak. Pada kondisi ini, pasien juga dapat mengalami kelelahan, demam hingga penurunan nafsu makan.

5. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis merupakan peradangan kronis yang terjadi karena jaringan tubuh sehat terserang oleh sel kekebalan tubuh.

Gejala pada peradangan ini antara lain sendi terasa hangat, membengkak, hingga muncul kemerahan pada area yang meradang.

Dengan berbagai penyebabnya, bagaimana cara menyembuhkan lutut sakit di usia muda?

Hati-Hati Osteoporosis, Berikut Cara Mencegah Osteoporosis

Apa yang harus dilakukan ketika lutut sakit? 

Cara Mengobati Sakit Lutut dengan Jahe

Cara menyembuhkan lutut sakit di usia muda yaitu mengetahui pertolongan pertama sehingga nyeri atau sakit lutut tidak semakin memburuk. Hal yang dapat kamu lakukan antara lain:

1. Kompres dingin atau hangat

Mengatasi lutut nyeri dengan kompres hangat atau dingin dapat membantu meredakan sakit.

Efek suhu panas dapat melemaskan sendi dan otot lutut sementara kompres dingin dapat meredakan peradangan, rasa nyeri hingga bengkak.

Gunakan heating pad atau handuk berisi es batu dan compress perlahan lutut yang sakit.

2. Pakai bahan alami

Memakai bahan alami seperti kayu manis, minyak wijen, jahe, damar wangi dan jenis minyak esensial lain dipercaya dapat mengurangi lutut sakit.

Krim Pereda atau minyak ini dijual dengan bebas di pasaran dan umumnya dapat meredakan nyeri dengan cepat. Gunakan minyak sambil pijat ringan area lutut yang sakit untuk meringankan nyerinya.

3. Pijatan ringan

Pijatan ringan dapat dilakukan sendiri di rumah untuk dapat meredakan nyeri lutut. Pijat dengan perlahan area paha atas, tengah dan bawah secara perlahan dan rutin. Berikan sedikit tekanan dapat memberikan efek positif bagi area lutut yang sakit.

4. Istirat dan beri perlindungan pada area lutut

Jika kamu mengalami sakit lutut karena terlalu banyak beraktivitas, cobalah untuk istirahatkan lutut untuk mencegah cedera dan sakit yang semakin parah.

Kurangi aktivitas fisik dan beri perlindungan agar lutut tidak semakin banyak bergerak dan bertambah sakit atau nyerinya.

5. Minum obat Pereda nyeri

Ada beberapa obat Pereda nyeri lutut yang dapat dibeli tanpa resep dokter di apotek. Jenis obat yang dapat dipilih seperti paracetamol, aspirin hingga ibuprofen.

Namun jika nyeri tak kunjung membaik, segera konsultasi dan periksakan diri ke dokter.

Cara Mengobati Sakit Lutut dengan Jahe, Ternyata Mudah!

Bagaimana cara menyembuhkan lutut sakit

Cara menyembuhkan lutut sakit di usia muda dan membuatnya tak kembali lagi memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun ada beberapa hal yang dapat kamu terapkan jika lutut terserang nyeri dan sakit, seperti:

1. Olahraga rutin

Nyeri lutut pada usia muda bisa terjadi karena kurangnya aktivitas dalam menjaga otot dan sendi. Lakukan olahraga ringan dan rutin agar lutut tidak mudah sakit.

Olahraga yang dapat dilakukan seperti tai chi atau renang yang tidak terlalu berat bagi penderita lutut yang sakit.

2. Jalani program diet

Berat badan yang berlebih merupakan salah satu penyebab lutut sakit karena tekanan yang besar. Jalani program diet dan turunkan berat badan secara berkala agar tidak mengganggu kenyaman lutut dalam beraktivitas.

3. Konsumsi supleman

Suplemen bisa menjadi cara tambahan melawan sakit pada lutut. Konsumsi banyak vitamin e dapat mengurangi sakit sendi karena antiradang dan antioksidannya.

Selain itu konsumsi makanan bergizi dan hindari kandungan purin karena dapat memicu sakit sendi atau asam urat.

4. Pakai krim capsaicin

Krim capsaicin merupakan salah satu jenis krim yang dapat mengurangi nyeri dan sakit lutut. Senyawa aktifnya dapat menghilangkan rasa sakit secara berkala.

Namun jika ada reaksi alergi pada krim ini, hentikan penggunaan dan segera hubungi dokter.

5. Coba Teknik RICE

Teknik RICE atau rest, ice, compression dan elevation merupakan pertolongan pertama pada saat lutut terasa sakit.

Istirahat lutut dari semua aktivitas fisik, compress dengan air panas atau air dingin secara berkala, gunakan perban medis dan posisikan lutut lebih tinggi dari dada agar dapat menyembuhkan secara runut sakit pada lutut.

Kamu bisa menggunakan cara menyembuhkan lutut sakit di usia muda ini di rumah. Cara yang cukup mudah dan telaten dapat dilakukan agar menghindari lutut terasa nyeri dan sakit secara tiba-tiba.

Share artikel ini
Reference