makanan untuk penderita amandel

Mungkin tidak banyak pilihan makanan untuk penderita amandel, karena kebanyakan makanan akan sulit untuk ditelan dan menyakitkan. Tapi tenang saja karena masih ada beberapa makanan dan minuman yang aman dan bisa kamu telan dengan mudah.

Amandel yang membengkak biasanya akan sembuh beberapa hari dengan bantuan obat dan antibiotik. Meksi begitu, hari hari melawan radang amandel pasti akan sangat menyakitkan karena menelan sesuatu menjadi sangat yang menyakitkan.

Rekomendasi makanan untuk penderita amandel

makanan untuk penderita asam urat

Agar radang amandel tidak menjadi semakin parah, kamu bisa mencoba beberapa menu makanan lezat dan bernutrisi berikut:

1. Sup ayam

Cairan seperti kaldu dalam sup ayam dapat menggantikan air yang hilang dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab peradangan. Kandungan garam dalam sup juga membantu tubuh mempertahankan cairan di dalam jaringan.

2. Madu

Madu telah menjadi andalan dalam pengobatan sejak zaman kuno. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa madu Manuka efektif melawan berbagai infeksi, baik bakteri maupun virus, termasuk yang menyebabkan peradangan amandel.

3. Yoghurt

Yogurt adalah sumber protein, karbohidrat, dan lemak sehat yang baik, serta bakteri probiotik yang mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mencegah kuman berbahaya masuk ke dalam tubuh kita. Tekstur yogurt juga mudah ditelan sehingga tidak akan terasa memperparah amandel.

Biar Lancar, Santap 10 Makanan untuk Penderita Ambeien Ini

4. Kentang tumbuk

Gunakan kentang dan kulitnya sambil dihaluskan untuk mendapatkan sumber magnesium, vitamin C, dan antioksidan yang kaya, yang semuanya mendukung sistem kekebalan yang kuat. Makanan halus ini akan membuatmu kenyang tanpa rasa sakit saat ditelan.

5. Telur

Telur memiliki tekstur yang cukup tidak berbahaya, kamu bisa memasaknya dengan menu orak-arik agar lebih enak. Telur kaya akan mineral seperti seng, besi, dan selenium, serta vitamin D dan B12, yang dapat membantu menangkal infeksi jahat yang menyebabkan amandel.

6. Bubur oatmeal

Oatmeal kaya akan magnesium, seng, dan antioksidan, yang memulai proses detoksifikasi tubuh, kemudian membersihkan tubuh dari limbah dan infeksi.

7. Jahe

Jahe telah ditunjukkan dalam percobaan laboratorium memiliki sifat analgesik (pengurang rasa sakit), antioksidan, dan anti-inflamasi. Tampaknya juga menghambat pertumbuhan strain bakteri berbahaya tertentu. Kamu bisa membuat makanan lembut atau minuman dari jahe untuk mempercepat penyembuhan.

Hindari makanan ini agar amandel tidak makin parah

People emotions, drinks and summer leisure concept. Indecisive clueless cute asian girl in red cap, holding bottle with soda and mobile phone, shrugging unsure, yellow background.

Menurut spesialis THT terkemuka di Pakistan, menghindari atau membatasi makanan tertentu, bagaimanapun, dapat membantu mencegahnya sama sekali. Berikut adalah daftar makanan teratas yang harus dihindari untuk tonsilitis dan pencegahan batu amandel:

1. Produk susu

Akumulasi lendir akibat post nasal drip di tenggorokan adalah faktor penyebab batu amandel yang utama. Produk susu, khususnya protein ‘kasein’ yang ada di dalamnya merupakan kontributor utama.

Kelebihan kasein juga akan mengeraskan bakteri pembentuk batu, lendir, partikel makanan dan sel mati di tenggorokan sehingga memperlambat penyembuhan.

2. Makanan pemicu serak tenggorokan

Makanan seperti popcorn, biji wijen, dan bayam yang meninggalkan potongan-potongan kecil tersangkut di tenggorokan menetap di amandel atau di crypts (ruang kosong) di sekitar amandel, dan dapat menumpuk dari waktu ke waktu untuk membentuk batu, serta mengiritasi tenggorokan.

3. Gula, kafein, dan alkohol

Tidak hanya kafein, alkohol, dan makanan olahan, makanan manis berkontribusi terhadap produksi lendir dan meningkatkan peradangan amandel. Apalagi jika dikombinasikan dengan konsumsi alkohol berlebih, dapat menyebabkan berkurangnya produksi air liur dan mengeringkan mulut dan tenggorokan.

7 Makanan untuk Penderita Prostat, Cek Di Sini!

Makan ini sehabis operasi amandel

Pilihan makanan berikut ini bergizi dan sesuai untuk pemulihan setelah operasi tonsilektomi, apalagi untuk anak-anak.

  1. Sayuran

Beberapa anak tidak menikmati sayuran pada saat-saat terbaiknya, tetapi mereka tetap merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat penting. Kamu bisa mengolahnya selembut mungkin.

  1. Protein

Kandungan makanan berprotein sangat penting untuk pemulihan pasca operasi, cobalah beberapa menu seperti telur, ikan, tahu, dan kacang-kacangan yang diolah menjadi lembut.

  1. Biji-bijian

Kelompok makanan ini penting untuk dimasukkan ke dalam makana pemulihan, karena menyediakan banyak serat, energi, dan nutrisi lainnya. Kamu bisa mengolahnya menjadi bubur yang lembut.

Selamat mencoba!

_______

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference