Siapa yang tak tahu kelapa muda? Minuman ini segar dan banyak ditemukan di Indonesia, terutama saat cuaca panas. Selain menyegarkan, kelapa muda juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Namun, berapakah kalori kelapa muda? Apakah kelapa muda bagus dikonsumsi saat diet? Yuk, baca selengkapnya di artikel berikut ini! 

Berapa kalori kelapa muda?

Kalori kelapa muda hanya sekitar 46 kalori per 100 ml. Kandungan ini memang tidak terlalu tinggi, tetapi mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan tentu dapat menambah asupan kalori harianmu.

Nah, bagi kamu yang sedang menjalankan program diet atau ingin memperhatikan asupan kalori, kelapa muda bisa menjadi pilihan minuman sehat yang tepat. 

Selain memiliki kandungan kalori yang rendah, kelapa muda juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, kalsium, dan magnesium. Oleh karena itu, kelapa muda memiliki sejuta manfaat. Yuk, simak detailnya di sini!

Berapa Kalori Air Kelapa? Segar dan Kaya Manfaat!

Manfaat kelapa muda untuk kesehatan

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus minum kelapa muda, yaitu:

1. Memperlambat penuaan

Cara mengatasi penuaan dini

Ternyata air kelapa bagus untuk kecantikan, lho! Ya, khasiat air kelapa untuk kecantikan adalah membuat kulit tampak lebih halus dan awet muda.

Kadar sitokinin, salah satu hormon pertumbuhan yang terkandung  di dalam kalori kelapa muda dapat membantu mengatur pertumbuhan dan perkembangan sel.

Hal tersebut karena sitokinin dalam air kelapa memiliki efek anti-penuaan, anti-karsinogenik dan anti-trombotik (antikoagulan).

Oleh karena itu, kelapa disebut sebagai makanan anti penuaan. Sitokinin membantu menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, menghidrasi kulit, serta mengurangi risiko penyakit terkait usia.

Jika ingin awet muda, minum air kelapa mungkin bisa menjadi pilihan.

2. Mengatur tekanan darah dan kolesterol

Ternyata air kelapa memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung, karena meningkatkan sirkulasi, menurunkan tekanan darah tinggi, dan membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke karena kandungan sodium di dalamnya.

Sodium dapat menurunkan kadar gula darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Alhasil, khasiat air kelapa ini dapat mencegah pembentukan gumpalan darah. Selain itu, air kelapa juga membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik).

3. Baik untuk kesehatan pencernaan

Air kelapa dikatakan dapat berguna sebagai obat untuk semua gangguan pencernaan.

Air kelapa biasa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, sembelit, parasit usus, infeksi kandung kemih, dan penyakit ginjal.

Air kelapa dapat membantu menggantikan air yang hilang dari saluran pencernaan, yaitu membantu saat diare.

Hal ini karena air kelapa mengandung asam amino, enzim, mineral dan asam lemak serta memiliki tekanan osmotik yang tinggi. Air kelapa juga rendah natrium dan klorida serta tinggi gula dan asam amino.

4. Mencegah penyakit batu ginjal

gejala batu ginjal pada wanita

Sebuah penelitian  menunjukkan bahwa air kelapa dapat mencegah kristal menempel pada ginjal dan saluran kemih.

Air kelapa juga mengurangi pembentukan kristal di ginjal. Hal ini karena kalori kelapa muda dapat meminimalisir radikal bebas yang terbentuk akibat tingginya kadar oksalat dalam urin.

Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk kasus ini.

5. Mendukung fungsi organ tubuh

Nutrisi dalam air kelapa juga membantu menjaga kerja organ dalam tubuh. Hal ini dikarenakan air kelapa merupakan sumber utama arginin, asam amino yang membantu tubuh mengatasi stres saat banyak melakukan aktivitas fisik.

Pada dasarnya, asam amino juga membantu dalam pembentukan protein, sehingga membantu dalam regenerasi sel-sel organ tubuh.

Di saat yang sama, enzim yang terdapat pada air kelapa juga membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

6. Menangkal radikal bebas

Selama proses metabolisme, tubuh juga menghasilkan sel berbahaya seperti radikal bebas. Produksi sel-sel ini bisa meningkat saat tubuh stres atau sakit.

Nah, peneliti telah menemukan bahwa antioksidan dalam air kelapa mengurangi efek stres oksidatif dan menangkal radikal bebas berbahaya.

7. Menggantikan cairan tubuh yang hilang

Air kelapa adalah minuman isotonik alami yang menawarkan banyak manfaat dari minuman olahraga yang diformulasikan.

Elektrolit dalam air kelapa dapat menggantikan cairan yang hilang, terutama setelah berolahraga. Air kelapa terbentuk melalui proses alami pada buah kelapa.

Sehingga lebih sehat untuk diminum daripada minuman olahraga kemasan yang beredar di pasaran. Air kelapa bisa menjadi alternatif yang sehat.

8. Menjaga kesehatan jantung 

25 tips menjaga kesehatan jantung

Kalori pada kelapa muda ternyata tidak mengandung lemak atau kolesterol, sehingga membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik, menurunkan jumlah kolesterol jahat, dan melindungi jantung.

Mengonsumsi air kelapa membantu menjaga kesehatan jantung dan bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Air kelapa juga memiliki sifat antikoagulan dan anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi penumpukan plak dan meningkatkan sirkulasi.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang kalori kelapa muda dan manfaatnya bagi kesehatan. Bagikan artikel ini biar lebih banyak orang tahu, yuk!

Share artikel ini
Reference