cara mengeluarkan kapas dari telinga

Pernahkah secara tidak sengaja memasukkan cotton bud terlalu dalam hingga menyebabkan kapas dari cotton bud terlepas dan tertinggal di telinga? Jangan khawatir dulu, yuk simak cara mengeluarkan kapas dari telinga di artikel ini!

Namun, penting diketahui untuk melakukan teknik yang tepat agar kapas yang masuk ke dalam telinga bisa keluar sehingga potensi infeksi telinga pun bisa terhindar. Bagaimana cara mengeluarkannya dengan aman? Perhatikan langkah-langkah yang bisa kamu lakukan di rumah.

Alasan pentingnya mengeluarkan kapas dari telinga

Selain menimbulkan ketidaknyamanan, masuknya kapas ke dalam telinga bisa menimbulkan berbagai risiko, lho! Berikut beberapa alasan kapas yang tertinggal di dalam telinga harus segera dikeluarkan:

1. Risiko infeksi telinga

Tahukah kamu bahwa membiarkan kapas berlama-lama di telinga dapat meningkatkan risiko infeksi telinga, lho! Meninggalkan kapas di dalam telinga untuk waktu yang lama dapat memerangkap kelembapan, di mana kondisi ini bisa memicu pertumbuhan bakteri karena lingkungan yang lembap merupakan tempat yang ideal bagi bakteri untuk tumbuh.

Apabila bakteri berkembang biak dalam telingamu, nantinya hal ini bisa menyebabkan infeksi telinga. Saat kamu mengalami infeksi telinga, biasanya gejala yang akan muncul berupa rasa sakit pada telinga, pembengkakan, keluar cairan dari telinga, dan kesulitan mendengar. 

Jika kamu menduga bahwa kamu mengalami infeksi telinga, penting untuk segera mencari pertolongan medis untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

2. Dikhawatirkan ada kerusakan saluran telinga

Meski memiliki tekstur yang lembut, namun faktanya kapas justru dapat merusak saluran telinga dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling umum dilakukan adalah dengan menggunakan cotton bud.

Pasalnya saat kamu menggunakan cotton bud untuk membersihkan bagian dalam telinga, hal itu bisa berisiko menggores atau melukai kulit halus di dalam telinga yang nantinya dapat menyebabkan ketidaknyamanan, pendarahan, dan meningkatkan risiko infeksi.

Selain itu, jika kapas tidak dikeluarkan dengan benar, kapas dapat tersangkut di liang telinga hingga menyebabkan penyumbatan.

3. Ada penumpukan kotoran telinga

Beberapa orang memutuskan menggunakan cotton bud untuk membersihkan bagian dalam telinga namun pada kenyataannya membersihkan kotoran telinga dengan cotton bud justru dapat mendorong kotoran lebih dalam ke liang telinga hingga dapat mengakibatkan benturan pada gendang telinga.

Saat kotoran terdorong ke dalam, hal ini bisa  menyebabkan masalah pendengaran, tinitus (telinga berdenging), dan sakit telinga.

4. Ada gangguan pendengaran

Tak hanya memicu penumpukan kotoran telinga, menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Ini karena saluran telinga adalah struktur yang halus dan memasukkan cotton bud atau benda lain terlalu jauh ke dalam saluran telinga dapat merusak gendang telinga atau struktur halus lainnya di telinga.

Kenali Penyebab Telinga Berdengung

Cara mengeluarkan kapas dari telinga

cara mengeluarkan kapas dari telinga dengan mudah dan aman

Jika kamu menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga hingga kapasnya tersangkut ke dalam, penting untuk segera mengeluarkannya dengan benar untuk menghindari cedera atau komplikasi. Berikut adalah beberapa cara mengeluarkan kapas dari telinga:

1. Mengeluarkan kapas dengan pinset

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu tetap tenang dan jangan panik. Sebab panik dapat memperburuk situasi
  • Sebelum mengambil kapas dari dalam telinga, pastikan kamu telah mencuci tangan secara menyeluruh untuk mencegah penyebaran bakteri akibat tangan yang kotor
  • Tarik kapas dengan lembut menggunakan pinset. Jika kapas sudah berada di pinggir bagian dalam telinga,, keluarkan dengan lembut dan buang.

2. Mengeluarkan kapas dengan memiringkan kepala

  • Miringkan kepala  dengan lembut ke sisi yang terpengaruh 
  • Jika kapas terlihat dan mudah dijangkau, tarik perlahan dengan jari atau pinset.
  • Hindari menggunakan kekuatan berlebihan atau mendorong kapas lebih jauh ke dalam telinga
  • Selain itu, kamu juga bisa menggunakan metode miring dan goyang
  • Miringkan kepala ke sisi yang terkena dan goyangkan secara perlahan untuk mengeluarkan kapas
  • Bersabarlah dan ulangi langkah ini beberapa kali jika perlu

Jika kamu telah melakukan berbagai cara mengeluarkan kapas dari telinga namun kapas tetap tersangkut atau terbentur di telinga, jangan mencoba mengeluarkannya sendiri. Segera cari bantuan medis untuk mencegah cedera dan infeksi.

Sempat Jadi Topik Hangat, Apa Itu Stroke Telinga dari Sisi Medis?

Cara menjaga kesehatan telinga

Tahukah kamu bahwa begitu kamu memiliki masalah kehilangan pendengaran, sering kali masalah tersebut tidak dapat dipulihkan? Oleh karena itu, melindungi pendengaran dan kesehatan telinga sangat penting dilakukan untuk membantu mencegah gangguan pendengaran dan penyakit telinga seiring bertambahnya usia.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan telinga:

1. Jangan mendengarkan musik terlalu keras

Mendengarkan musik keras dapat merusak pendengaran, terutama saat menggunakan earbud yang berada tepat di sebelah gendang telinga. Jika kamu ingin kesehatan pendengaranmu tetap terjaga, kecilkan volume saat menonton televisi atau saat mendengarkan musik.

2. Kelola stres dengan baik

Sudah menjadi rahasia umum kalau stres dapat memengaruhi berbagai fungsi tubuh, termasuk telinga. Pasalnya, ketika stres produksi  hormon kortisol dan adrenalin di dalam tubuh akan meningkat. 

Hormon-hormon secara tidak langsung dapat mempengaruhi pendengaran. Bahkan, stres jangka panjang dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon yang berisiko pada gangguan pendengaran permanen.

Untuk itu, pastikan kamu dapat mengelola stres dengan baik. Sebab, stres kronis tidak hanya dapat menyebabkan gangguan pendengaran namun juga bisa memengaruhi sejumlah fungsi tubuh lainnya.

3. Kenakan penyumbat saat berada di lingkungan dengan kebisingan tinggi

Suara keras seperti yang dipancarkan oleh alat-alat listrik, konser, mesin pemotong rumput, senjata api, dan pesawat terbang semuanya dapat secara bertahap menyebabkan gangguan pendengaran, terutama jika kamu sering mendengar suara-suara ini. 

Untuk menjaga telinga tetap sehat, pastikan kenakan penyumbat telinga di lingkungan dengan kebisingan tinggi.

4. Berikan waktu istirahat untuk telinga

Mendengarkan musik dengan headphone memang tak ada salahnya. Namun, jangan lupa untuk istirahatkan telinga secara berkala dari headphone dan suara keras lainnya untuk mengurangi ancaman gangguan telinga. 

Jika sering berada di lingkungan dengan kebisingan tinggi, cobalah untuk menghabiskan waktu di lingkungan yang tenang setidaknya selama 1 hari agar telinga dapat beristirahat dan memulihkan diri.

5. Hindari penggunaan cotton bud

Banyak orang yang memilih menggunakan cotton bud untuk menghilangkan penumpukan kotoran pada bagian dalam telinga. Namun nyatanya, para peneliti telah menemukan bahwa cotton bud sebenarnya lebih berbahaya karena dapat mendorong kotoran telinga lebih dalam ke saluran telinga yang bisa merusak gendang telinga dan saluran telinga.

Telinga Berdenging Sebelah Kiri: Penyebab dan Cara Mengobatinya

Itulah beberapa cara mengeluarkan kapas dari telinga yang bisa dicoba di rumah. Agar membersihkan telinga lebih optimal, mintalah rekomendasi dokter THT mengenai cara menghilangkan kotoran telinga dengan aman tanpa menyebabkan gangguan pendengaran. 


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference