Apakah kamu suka minum air kelapa? Air kelapa merupakan salah satu minuman yang populer di daerah tropis. Minuman ini dapat diminum kapan saja, baik siang, sore, ataupun malam.

Tidak seperti daging kelapa yang kaya akan lemak, sebagian besar air kelapa mengandung karbohidrat. Selain karbohidrat, apa saja kandungan nutrisi dan berapa kalori air kelapa? Simak ulasannya dalam artikel berikut ini, ya.

Kandungan nutrisi air kelapa

Air kelapa mengandung bahan-bahan yang menjadikannya sebagai minuman yang bergizi. Air kelapa mengandung:

  • Serat
  • Vitamin C
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Kalium
  • Natrium
  • Karbohidrat
  • Potasium
  • Mangan

Kandungan nutrisi ini bisa membantu menjaga tubuh secara keseluruhan. Minuman ini juga menyediakan sejumlah kecil magnesium, kalsium, zat besi, fosfor, seng, dan tembaga.

Apakah Boleh Minum Air Kelapa saat Haid? Begini Faktanya!

Berapa kalori air kelapa?

kalori air kelapa

Air kelapa rendah akan kalori, lemak, dan gula. Menurut Vinmec International Hospital, dalam satu gelas air kelapa terdapat 48 kalori, jauh lebih sedikit apabila dibandingkan dengan minuman lainnya. 

Sementara, es kelapa muda yang sudah dicampur gula dan es batu memiliki jumlah kalori yang lebih besar, yaitu 113 kalori. Karena kandungan gula yang cukup besar, ada baiknya untuk mengonsumsi air kelapa murni tanpa tambahan gula. Sehingga, kalorinya lebih rendah dan menyehatkan.

5 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Manfaat air kelapa untuk kesehatan

Beberapa manfaat dari mengonsumsi air kelapa bagi kesehatan, antara lain:

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

manfaat air kelapa untuk kesehatan

Kalori air kelapa kaya akan antioksidan yang dapat melawan enzim penyebab penyakit, serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sehingga, sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Menjaga kesehatan pencernaan

Apabila proses metabolisme berlangsung lambat, maka makanan butuh waktu lebih lama untuk dicerna. Hal ini dapat menyebabkan metabolisme.

Sementara itu, air kelapa justru memiliki enzim yang bisa menjaga kesehatan pencernaan dengan memberikan nutrisi dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Menjaga kesehatan kulit

Air kelapa juga bisa dipakai untuk mengobati jerawat serta membantu wajah mempertahankan penampilan yang awet muda. Selain airnya, minyaknya juga bisa digunakan pada kulit, tangan, dan kuku yang pecah-pecah.

Membantu tubuh tetap segar

Manfaat minum air kelapa dapat membantu tubuh tetap segar dan membantu menurunkan berat badan.  Minum air kelapa dapat membakar banyak kalori. Minuman ini sangat cocok untuk kamu yang sedang ingin diet. 

Membantu mengurangi tekanan darah

Sebuah penelitian menunjukkan adanya penurunan tekanan darah setelah mengonsumsi air kelapa. Hal ini kemungkinan berkaitan dengan kandungan kalium yang ada di dalam air kelapa.

Membantu menyeimbangkan elektrolit

Minum air kelapa berguna untuk menyeimbangkan elektrolit yang dapat membantu meningkatkan fungsi otot. Kalori air kelapa tentu sangat cocok diminum setelah berolah raga untuk mengembalikan elektrolit yang terbuang. 

Mencegah batu ginjal

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa bisa membantu mengurangi risiko batu ginjal. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikannya.

Air kelapa merupakan minuman yang menghidrasi dan padat nutrisi. Minuman ini kaya akan vitamin dan mineral. Jadi, dapat disimpulkan bahwa minuman ini bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Share artikel ini
Reference