manfaat saffron untuk wajah

Ada banyak manfaat saffron untuk wajah cerah berkilau, tumbuhan ini pernah viral karena khasiatnya yang luar biasa. Saffron dikenal sebagai salah satu rempah termahal di seluruh dunia dan berasal dari crocus sativus, bunga langka.

Seiring dengan aroma eksotis yang kuat, bunga ini menawarkan berbagai manfaat untuk kulit, rambut, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menurut statistik, minimal 300 ton saffron diproduksi setiap tahun, dan Iran sendiri menyumbang 76% dari keseluruhan produksi ini.

Manfaat saffron untuk wajah

teh safron

Sebelum mencoba perawatan dari bunga langka dan mahal ini, sebaiknya ketahui beberapa manfaat saffron untuk wajah yaitu:

1. Mengobati jerawat

Salah satu kegunaan saffron yang paling penting untuk kulit adalah kemampuannya melawan jerawat dan noda secara efektif. Saffron memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang tinggi.

2. Menyembuhkan bekas luka

Kemampuan untuk mengobati bekas luka atau goresan menjadi salah satu keuntungan yang kurang diketahui. Penggunaan saffron secara rutin dapat memudarkan luka di kulit wajah dan tubuh.

3. Membuat wajah berkilau

Zat berbahaya di atmosfer seperti polusi, cuaca yang cepat berubah, debu, dll. Dapat mempengaruhi kulit secara negatif, membuatnya tampak kusam dan gelap di luar. Saffron mampu menghidupkan kembali kulit hanya dengan mengoleskannya ke wajah.

4. Alternatif toner

Kamu bisa menggunakan cairan saffron sebagai toner alami untuk peremajaan kulit instan hanya dalam beberapa langkah cepat.

5. Mengurangi hiperpigmentasi

Salah satu manfaat saffron yang populer untuk kulit adalah kemampuan alaminya untuk mengurangi hiperpigmentasi secara nyata dan meratakan warna kulit.

6. Menyembuhkan peradangan

Saffron memiliki sifat anti-peradangan saffron sehingga mampu melawan peradangan kulit secara efektif. 

Manfaat Tak Terduga Teh Saffron Untuk Kesehatan Wanita

7. Perlindungan dari sinar UV

Terlalu banyak paparan sinar UV dapat menyebabkan kulit menjadi gelap, saffron menjadi rahasia yang mampu mencerahkan kulit secara efektif dan membuat kulit bercahaya dari dalam.

8. Anti penuaan

Terakhir, saffron menjadi bahan aktif melawan kulit kering dengan memberikan hidrasi ke sel-sel kulit dari dalam. Meremajakan kulit, membuatnya terlihat lebih segar dan lebih muda.

Cara pakai saffron untuk wajah

Manfaat Saffron untuk Kesehatan

Jika kamu ingin menggunakan saffron murni untuk perawatan wajah, kamu bisa mengikuti beberapa ramuan dan cara pakainya berikut ini:

  1. Saffron dalam susu mentah

Beberapa helai saffron dapat dimasukkan dalam susu mentah dan digunakan sebagai pembersih alami untuk kulit. Celupkan bola kapas ke dalam susu saffron dan bersihkan wajah dengan itu untuk efek cerah instan pada kulit.

  1. Saffron dan air mawar

Beberapa helai saffron dapat direndam dalam air mawar untuk membuat toner aromatik untuk menghidrasi dan menyegarkan kulit. Campur menjadi satu dan tuangkan isinya ke dalam botol semprot dan semprotkan wajah untuk efek maksimal.

  1. Saffron dan almond

Saffron ketika dicelupkan ke dalam minyak almond murni dapat bertindak sebagai produk perawatan kulit, yang digunakan sebagai langkah terakhir dari rangkaian skincare malam hari.

  1. Saffron dan kayu cendana

Ramuan ini dibuat dengan kayu cendana dan air mawar untuk membuat masker wajah peningkat cahaya alami. Hancurkan dan campurkan 4-5 helai saffron ke dalam sesendok bubuk cendana. Buat pasta kental menggunakan air mawar. Oleskan pada wajah, biarkan selama 15 menit dan cuci dengan air hangat.

  1. Saffron dan brown sugar

Saffron dapat dicampur dengan brown sugar atau gula bubuk berwarna coklat dan minyak kelapa untuk digunakan sebagai eksfoliasi wajah. Gosok campuran ini dengan gerakan melingkar yang lembut untuk mengikis kulit mati dari kulit wajah.

5+ Manfaat Masker Madu Setiap Hari, Bisa Atasi Jerawat!

Efek samping penggunaan saffron

Tidak semua orang bisa cocok dengan saffron sebagai perawatan kulit. Perhatikan beberapa kemungkinan efek samping yang mungkin terjadi:

  • Peringatan bagi ibu hamil dan menyusui

Menurut para profesional, konsumsi saffron bisa cukup berisiko bagi ibu hamil. Hal ini juga berlaku bagi ibu yang sedang menyusui dan menyusui anak.

  • Alergi

Banyak orang telah menunjukkan alergi saffron, ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Kamu mungkin bisa mengalami gatal, iritasi, ruam, kemerahan dan gatal-gatal.

Jika kamu ingin menggunakan perawatan wajah dengan bahan alami yang berkualitas tinggi, saffron mungkin bisa menjadi jawaban yang tepat. Kamu bisa menemukan saffron di toko herbal, namun harganya mungkin akan cukup mahal karena merupakan barang impor.

Share artikel ini
Reference