Manfaat ikan patin untuk ibu hamil

Ikan merupakan sumber protein hewani yang tinggi gizi dan lezat. Salah satu ikan terbaik yang dapat dikonsumsi ibu hamil adalah ikan patin. Ikan patin untuk ibu hamil mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Hal itu karena ikan patin memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, seperti asam amino, omega-3, dan protein. Nah, lantas apa saja manfaat ikan patin untuk ibu hamil? Yuk kita kulik ulasan berikut ini.

Apa itu ikan patin?

Ikan patin merupakan salah satu ikan air tawar yang sangat mudah untuk dibudidaya di indonesia. Ikan ini paling banyak ditemukan di daerah Palembang, Riau, Kalimantan Selatan, Jambi dan Kalimantan Tengah.

Tekstur daging dari ikan pating sangat lembut dan biasanya dibuat untuk olahan sup patin. Sup patin cenderung memberikan rasa ikan yang lebih segar, tak heran banyak orang menyukai menu olahan ikan patin satu ini. Ikan ini dapat dikonsumsi oleh bayi, anak-anak, dewasa sampai orang tua. Manfaat khususnya untuk ibu hamil juga besar karena kandungan utama dalam ikan patin.

Bolehkah ibu hamil makan ikan patin

Pada saat hamil, seorang ibu akan membutuhkan nutrisi tambahan untuk janin yang dikandungnya. Mengonsumsi makanan tinggi nutrisi sangat disarankan selama hamil agar janin mempunyai tumbuh kembang yang bagus.

Nah, ikan patin termasuk salah satu makanan yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Alasannya sederhana, yaitu karena ikan patin mengandung banyak kelebihan mulai dari cita rasa yang lezat, kandungan, manfaat, hingga kemudahan dalam mengolahnya. Jadi, selama kehamilan, ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi masakan olahan ikan patin yang lezat dan bergizi ini.

Kandungan pada ikan patin

Ikan patin untuk ibu hamil sangat direkomendasikan karena mempunyai beberapa kandungan berikut ini:

Protein

Ikan patin memiliki kandungan protein yang tinggi. Tentunya sumber protein ini sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, Ikan ini mempunyai kadar lemak yang rendah dan lebih rendah daripada jenis daging sapi atau ayam. Kadar dan kandungan lemak tersebut juga sangat baik untuk ibu hamil.

Asam Amino Esensial

Dalam jurnal pascapanen dan bioteknologi kelautan dan perikanan, Ikan patin dapat dimanfaatkan untuk diambil lisinnya sebagai asam amino esensial. Zat tersebut dapat menjadi antibodi, sistem sirkulasi menjadi lancar, dan sel-sel tubuh akan tumbuh normal.

Selain itu, asam amino dalam ikan patin adalah arginine yang bermanfaat untuk penyembuhan luka, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan pencegahan penyakit kanker, dan dapat menjadi penghambat pertumbuhan tumor.

Omega-3

Ikan patin mengandung omega-3 yang baik meskipun relatif lebih rendah dari ikan laut. Dalam ikan patin terkandung omega-3 yang banyak didominasi oleh DHA. Zat tersebut sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan anak-anak yang masih dalam pertumbuhan.

Kandungan dalam ikan patin dapat menunjang tumbuh kembang dan kesehatan untuk ibu hamil. Apa saja manfaat yang dapat dirasakan oleh ibu hamil?

Manfaat ikan patin untuk ibu hamil

Berikut ini adalah manfaat ikan patin yang dapat dirasakan oleh ibu hamil, antara lain:

Mempengaruhi perkembangan otak janin

Protein yang cukup tinggi dapat dimanfaatkan sebagai nutrisi ibu hamil dan janin yang sedang dikandung. Dalam penelitian American Pregnancy Association atau APA, para ahli merekomendasikan 75 hingga 100 gram protein per hari untuk ibu hamil karena mempunyai pengaruh positif untuk pertumbuhan jaringan janin, termasuk didalamnya adalah otak.

Pada usia 37 minggu, otak bayi sangat membutuhkan protein yang dapat membantu perkembangan sehingga lebih sehat. Ikan patin panggang atau rebus menjadi menu yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Pertumbuhan jaringan tubuh

Ikan patin untuk ibu hamil mempunyai protein yang banyak sehingga dapat membantu jaringan rahim dan payudara tumbuh selama kehamilan. Peran protein juga dapat meningkatkan suplai darah, memproduksi zat besi dan nutrisi lain yang dibutuhkan selama kehamilan.

Mendukung bayi lahir dengan BB normal dan sehat

Kandungan protein dalam ikan patin dapat membantu bayi lahir sehat dan berat badan normal. Menurut British Nutrition Foundation, bayi yang memiliki berat badan normal mempunyai risiko yang lebih kecil terkena diabetes sehingga penting untuk menjaga berat badan bayi lahir sehat dan normal.

Keseimbangan cairan tubuh

Asam amino dalam ikan patin membantu keseimbangan cairan tubuh ibu hamil. Selain itu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cairan dalam tubuh sangat penting untuk dapat mencegah persalinan prematur, mempengaruhi produksi asi dan perkembangan janin.

Manfaat ikan patin dapat diperoleh dengan maksimal jika mengetahui bagaimana tips mengonsumsinya. Cek cara mengonsumsi ikan patin yang baik untuk ibu hamil seperti dibawah ini, ya.

Tips mengonsumsi ikan patin untuk ibu hamil

Ikan patin selain bermanfaat dan mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu kelancaran selama hamil. Beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengonsumsi ikan patin selama hamil, antara lain:

  • Ikan patin lebih sehat jika dipanggang daripada digoreng untuk mengurangi adanya tambahan lemak.
  • Ikan patin dapat dimasak dengan bumbu yang kuat sehingga cocok untuk selera ibu hamil.
  • Ikan patin dapat disandingkan dengan salad, sayuran dan kentang goreng.
  • Pastikan ikan patin sudah matang sepenuhnya sebelum dikonsumsi ibu hamil.

Ikan patin untuk ibu hamil sangat direkomendasikan karena dapat membantu pertumbuhan janin dan kesehatan ibu hamil. Konsumsi ikan patin dan lakukan cara masak yang benar agar kandungan serta nutrisi bisa didapatkan lengkap oleh ibu hamil.

Share artikel ini
Reference