minum air dingin saat haid

Ladies, apakah kamu pernah mendengar banyak mitos seputar larangan berkeramas, olahraga hingga minum air dingin saat haid?

Banyaknya informasi yang kurang tepat membuat wanita seakan takut untuk melakukan banyak hal saat sedang haid, namun apakah hal itu hanya mitos atau fakta?

Berkaitan dengan minum air dingin, banyak orang yang percaya bahwa air dingin dapat membuat darah beku hingga membentuk kista. Yuk simak fakta lengkapnya di sini!

Mitos minum air dingin saat haid

Ada banyak larangan yang timbul saat seorang wanita sedang haid, salah satunya adalah larangan minum air dingin saat haid.

Wanita terkadang takut untuk minum air dingin karena adanya mitos bahwa darah bisa membeku hingga menyebabkan kista dalam rahim. 

Larangan minum air dingin saat haid juga dipercaya dapat mengubah siklus haid, menghentikan haid hingga menggumpalkan darah, padahal hal ini belum jelas kebenarannya.

Belum ada riset yang membuktikan bahwa air dingin pada saat haid dapat memburuk gejalanya

Minum air saat haid justru hal yang baik karena dapat mencegah dehidrasi dan membuat nyeri haid lebih ringan.

Kista sendiri dapat terbentuk melalui berbagai kondisi seperti infeksi penyumbatan kelenjar, masalah genetik, tumor, sel cacat, cedera hingga pembuluh rusak hingga radang kronis. Hal ini tentu tidak ada hubungannya dengan konsumsi air dingin.

Apakah Aman Minum Yogurt saat Haid?

Bolehkah minum air dingin saat haid

Apakah Air Dingin Membuat Gemuk? Ini Faktanya!

Minum air dingin saat haid tentu saja boleh dan tidak menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Namun karena pada saat haid wanita sering mengalami kram atau sakit perut, konsumsi air dingin perlu dibatasi setiap harinya. Air terbaik adalah air dengan suhu yang normal dan tidak terlalu dingin atau panas.

Beberapa kondisi kesehatan juga dapat berpengaruh saat tubuh mengonsumsi air dingin secara berlebihan baik dalam kondisi haid atau tidak.

Beberapa efek saat kamu minum air dingin secara berlebihan, yaitu:

1. Sakit kepala

Konsumsi air es terlalu banyak dapat menyebabkan saraf sensitif pada tulang belakang menjadi dingin. Otak terkadang menyampaikan pesan yang dapat menyebabkan kepala kamu terasa sakit.

2. Sembelit

Masalah pencernaan bisa datang karena kamu terlalu banyak mengonsumsi air dingin. Makanan akan lebih padat sehingga sulit keluar dari tubuh sehingga mengganggu proses pencernaan.

3. Lemak menumpuk

Suhu dingin pada tubuh dapat memicu pengerasan lemak sehingga sulit akan dicerna oleh tubuh.

Dibalik semua itu, minimum air dingin saat haid masih tetap dibolehkan dalam batas yang wajar. Adakah minuman yang perlu dihindari saat haid?

Jauh dari Fakta, Ketahui Deretan Mitos Menstruasi Ini

Minuman yang dihindari saat haid

minuman kafein

Minum air dingin saat haid dibolehkan asal masih wajar ya ladies, hal ini agar kesehatan tubuh kamu tetap terjaga dan juga tidak memperparah gejala haid yang kamu rasakan.

Namun ada beberapa jenis minuman yang perlu kamu hindari agar tidak mengganggu pencernaan saat sedang haid, yaitu:

1. Alkohol

Alkohol dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti perut kembung, mual hingga diare. Minuman jenis ini juga akan memerah gejala menstruasi yang kamu alami.

Wanita terkadang merasakan pusing hebat akibat konsumsi alkohol pada saat haid. Cobalah untuk menghindari jenis minuman ini agar tubuh tetap sehat dan prima.

2. Kafein

Kafein pada beberapa minuman seperti kopi dapat menyebabkan perut kembung hingga sakit kepala.

Beberapa wanita yang sedang haid bahkan dapat mengalami diare saat haid jika mengonsumsi kafein secara berlebihan. Minumlah banyak air putih untuk meringankan gejala haid yang kamu alami.

3. Minuman berkarbonasi

Minuman yang berkarbonasi perlu kamu waspadai, terutama saat haid karena dapat memicu perut kembung. Kram pada perut akan terasa lebih nyeri dan intens sehingga minuman jenis ini lebih baik dihindari. 

4. Teh

Teh diketahui mengandung zat tanin yang dapat menyulitkan tubuh untuk memproses zat besi. Konsumsi teh pada saat haid dapat mengganggu sel darah merah diproduksi sehingga hanya memberikan dampak negatif. Jika sel darah merah terganggu, maka anemia dapat mudah menyerang wanita yang sedang haid.

Untuk tetap menjaga kesehatan, kamu perlu minum banyak air meskipun itu minum air dingin saat haid. Air minum, khususnya air putih dapat mencegah dehidrasi saat haid, membantu meringankan gejala pada menstruasi seperti sakit punggung, perut kembung, kram hingga sakit kepala pada wanita haid.

Bagaimana Proses Terjadinya Menstruasi? Begini Penjelasannya!

Share artikel ini
Reference