kalori kimchi

Siapa yang tidak tahu kimchi? Makanan asal Korea Selatan ini sudah sangat populer di dunia kuliner. Kalori kimchi sangat rendah sehingga cocok dijadikan sebagai teman diet kamu. Memiliki rasa pedas, asam, manis membuat kimchi sangat pas sebagai makanan pendamping apapun. 

Tidak hanya rasanya yang menyegarkan, kimchi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bahkan bagus untuk ibu hamil. Jika sudah terbiasa makan kimchi, kamu sangat beruntung karena tidak akan ada lagi masalah pencernaan di tubuhmu.

Kimchi adalah

Kimchi adalah hidangan sayuran acar pedas asa Korea Selatan, yang memiliki sejarah sejak lebih dari dua ribu tahun. Makanan ini terbuat dengan menggabungkan kubis, daun bawang, atau lobak dalam air garam dengan bawang putih, jahe, cabai, dan saus ikan, dan membiarkan bahan-bahannya berfermentasi. 

Secara tradisional, kimchi difermentasi dalam lubang dingin di tanah untuk membantu mengontrol kecepatan pertumbuhan bakteri. Jika dibuat dengan benar, kimchi dapat membantu mengawetkan sayuran sepanjang tahun. Kimchi memiliki tekstur renyah dan beraroma yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Kalori kimchi

Berapa kalori kimchi?

Satu porsi kimchi seberat 150 gram hanya mengandung 23 kalori saja. Meski kalorinya kecil, kimchi memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, beta karoten, kolin, kalium dan kalsium.

Kandungan beta-karoten dan senyawa antioksidan lainnya pada kimchi, dapat membantu mengurangi risiko kondisi kesehatan yang serius seperti stroke, kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Manfaat kimchi untuk pencernaan

Kimchi adalah makanan fermentasi yang membuatnya menjadi probiotik yang sangat baik. Bakteri lactobacillus yang sama ditemukan dalam yogurt dan produk susu fermentasi lainnya juga ditemukan di kimchi. 

Mengkonsumsi “bakteri baik” dalam kimchi dapat membantu kamu menjaga pencernaan yang sehat. Flora usus atau bakteri baik yang sehat penting untuk kesehatan secara keseluruhan juga dapat kamu pertahankan dengan mengkonsumsi kimchi.

Probiotik dalam makanan fermentasi dapat membantu mengurangi gejala negatif dari banyak gangguan pencernaan, seperti kram perut, kembung, sembelit, radang usus besar, dan masalah pencernaan lainnya.

Manfaat kimchi untuk ibu hamil

Ibu hamil mungkin merasa ragu untuk mengkonsumsi kimchi karena rasanya yang pedas dan asam. Tapi sebenarnya tidak perlu khawatir, sebagai makanan fermentasi yang kaya akan probiotik, kimchi tetap aman untuk ibu hamil makan selama tidak berlebihan. 

Ahli gizi dari Departemen Ilmu Biomedis Universitas Negeri Missouri mengatakan, makanan fermentasi seperti kimchi aman dikonsumsi selama kehamilan. 

Berikut adalah manfaat kimchi untuk ibu hamil:

1. Melancarkan sistem pencernaan

Sembelit menjadi salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi pada ibu hamil. Perubahan pola makan yang buruk dan perubahan hormonal dapat mengganggu aktivitas sehari-hari akibat sembelit.

Ibu hamil yang ingin melancarkan sistem pencernaannya, bisa mengandalkan kimchi yang kaya akan probiotik. 

2. Menjaga berat badan ideal

Asupan probiotik yang terkandung dalam kimchi selama kehamilan, dapat menjaga berat badan tetap ideal. Ibu hamil yang mengonsumsi berbagai asupan probiotik mampu mengurangi risiko kenaikan berat badan berlebih. Probiotik sebagai bakteri baik yang juga terdapat dalam kimchi mampu membantu tubuh lebih cepat menyerap nutrisi.

3. Meminimalisir efek buruk gula

Ibu hamil sering mengalami kesulitan mengatur pola makan, terutama ketika sudah mengalami fase ngidam sehingga mungkin asupan gula juga tidak terkendali. Mengkonsumsi terlalu banyak gula juga dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur.

Jika tidak tertahankan saat ngidam makanan dan minuman manis, kamu bisa menetralisirnya dengan mengkonsumsi kimchi. Bakteri baik dalam kimchi dapat membantu mengurangi efek buruk gula selama kehamilan. Ibu hamil tidak perlu khawatir karena bakteri dalam kimchi mampu mengontrol kadar gula dan lemak dengan baik.

4. Melindungi ibu dari penyakit

Kimchi memiliki sumber bakteri yang bermanfaat, sehingga mampu menjaga kesehatan selama kehamilan. Kimchi yang mengandung probiotik mampu menurunkan risiko diabetes gestasional untuk menekan preeklamsia pada ibu hamil. 

Gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada usia kandungan berapa pun bisa dicegah dengan adanya probiotik yang bisa kamu dapatkan dalam satu porsi kimchi.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Perlu kamu ketahui bahwa makanan fermentasi yang kamu konsumsi selama kehamilan dapat meningkatkan kadar nutrisi, sehingga janin dalam kandungan juga bisa mendapatkan nutrisi tambahan. 

Kimchi mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12 hingga zat besi. Sayuran dalam kimchi mampu meningkatkan daya tahan tubuh selama kehamilan.

Kamu tidak perlu ke Korea Selatan untuk bisa mendapatkan kimchi, karena kini sudah banyak penjual kimchi yang rasanya enak. Jika tidak kuat dengan rasanya yang unik, kamu bisa mengkonsumsi kimchi bersama nasi atau makanan lainnya.

Share artikel ini
Reference