minum yoghurt saat haid

Ada yang berkata bahwa minum yogurt saat haid dapat menimbulkan penyakit. Nyatanya, yogurt tidak memiliki efek samping terhadap haid bila dikonsumsi dengan cara yang tepat.

Minum yogurt saat haid dengan cara tepat justru membantu tubuhmu lebih sehat. Rasa kram yang biasa dialami tubuh akan berkurang berkat kandungan di dalam yogurt. Bagaimana hal itu bisa terjadi, yuk simak bahasan berikut ini.

Pengaruh minum yogurt saat haid

yogurt rendah lemak

Menurut para ahli, yogurt berbahaya dikonsumsi saat haid hanyalah takhayul. Faktanya, yogurt mengandung probiotik yang membantu mengurangi peradangan di tubuh kita. Makan saat haid juga mengurangi rasa sakit dan bengkak pada sel-sel daging. 

Yogurt adalah sumber protein kualitas biologis tinggi yang sangat baik. Aktivitas proteolitik dari kultur bakteri memungkinkan pencernaan protein susu, memungkinkan kecernaan protein yang lebih baik.

Yogurt mengandung banyak kalsium. Jadi, jika kamu memiliki penyakit tulang, nyeri pada tulang, dan lainnya, maka semua masalah ini dapat dikurangi dengan konsumsi yogurt secara teratur.

Yogurt memiliki beberapa khasiat obat yang membantu sistem pencernaan berfungsi dengan baik, sehingga orang yang menderita sembelit juga harus memasukkan yogurt ke dalam makanannya.

Yang mesti kamu perhatikan adalah waktu untuk mengonsumsi yogurt. Yogurt harus selalu dimakan di siang hari. Aturan ini harus diikuti tidak hanya pada hari-hari menstruasi, tetapi juga di hari-hari lainnya. Yogurt memiliki sifat anti-dingin. Itu sebabnya jika kamu makan yogurt di malam hari, kamu bisa masuk angin dan batuk.

Minum Susu Saat Haid Bikin Makin Deras? Yuk Cek Faktanya!

Manfaat yogurt untuk kesehatan wanita

yogurt untuk keputihan

Yogurt padat nutrisi, mengandung protein, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, seng, dan vitamin B-12 dalam jumlah tinggi. Wanita yang rutin mengonsumsi yogurt umumnya memiliki kualitas diet keseluruhan yang lebih baik daripada mereka yang tidak mengonsumsi yogurt, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 di “Nutrition Research”. 

Berikut ini beberapa manfaat khusus bagi wanita yang rutin mengonsumsi yogurt.

1. Mengurangi risiko penyakit

Wanita yang mengonsumsi yogurt seringkali memiliki lebih sedikit faktor risiko penyakit kronis, yang dapat meningkatkan kualitas hidup dan harapan hidup mereka. Studi tahun 2013 di “Nutrition Research” melaporkan bahwa makan yogurt secara teratur dikaitkan dengan tekanan darah rendah, kadar glukosa darah dan trigliserida.

Selain itu mengonsumsi yogurt secara teratur juga dikaitkan dengan lebih sedikit resistensi insulin dibandingkan dengan tidak makan yogurt. Ini berarti konsumen yogurt wanita mungkin memiliki peluang lebih rendah terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

18 Makanan dan Minuman Sebagai Menu Diet Diabetes Terbaik

2. Kontrol nafsu makan

Protein berlimpah dalam yogurt, membantu meningkatkan rasa kenyang – dan karena itu membantu wanita mengontrol asupan kalori secara keseluruhan untuk manajemen berat badan yang sehat. 

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam “Appetite” menemukan bahwa, wanita yang mengonsumsi camilan sore greek yogurt berprotein tinggi, mengalami peningkatan rasa kenyang, kontrol nafsu makan yang lebih baik dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi camilan sore rendah protein.

3. Mengurangi sembelit

Yoghurt mengandung probiotik, bakteri sehat alami yang ada di saluran pencernaan wanita, yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2008 dalam “Acta Gastroenterologica Latinoamericana” melaporkan bahwa konsumsi yogurt yang mengandung probiotik secara teratur membantu mengurangi sembelit pada wanita berusia antara 18 dan 55 tahun. 

4. Lebih sedikit kekurangan nutrisi

Karena yogurt padat nutrisi, wanita yang mengonsumsi yogurt secara teratur dapat menurunkan risiko kekurangan nutrisi.

Studi yang diterbitkan pada tahun 2013 di “Nutrition Research” melaporkan bahwa, wanita yang mengonsumsi yogurt memiliki asupan potasium yang lebih tinggi – dan cenderung kekurangan vitamin B-12 dan B-2, magnesium, kalsium dan seng. 

Wanita yang rutin mengonsumsi yogurt — terutama yogurt Yunani, yang kaya protein — kemungkinan akan memenuhi kebutuhan protein hariannya juga. Institute of Medicine menyarankan, kebanyakan wanita mendapatkan setidaknya 46 gram protein setiap hari, dan jumlah yang lebih besar bila mereka hamil dan menyusui.

Apa Manfaat Yogurt untuk Keputihan? Yuk Ketahui Faktanya Segera!

Berapa banyak makan yogurt yang baik?

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) merekomendasikan tiga cangkir setara susu per hari (termasuk yogurt, krim keju, susu rendah lemak) untuk mereka yang berusia lebih dari sembilan tahun. 

Yoghurt rendah lemak harus mengandung 0,5 hingga 2 persen lemak dan mengandung tidak kurang dari 8,25 persen padatan susu. Yoghurt tanpa lemak harus mengandung kurang dari 0,5 persen lemak dan mengandung padatan susu tidak kurang dari 8,25 persen. Jadi, perhatikan labelnya sebelum membeli yogurt. 

Nutrisi dalam porsi 3 ¼ ons yogurt tawar rendah lemak

  • Karbohidrat 6 gram (6 persen dari tunjangan diet yang direkomendasikan)
  • Protein 8 gram (11 persen dari kecukupan gizi yang direkomendasikan)
  • Kalsium 183 mg
  • Magnesium 17 mg
  • Kalium 234 mg
  • Fosfor 144 mg
  • Seng 0,9 mg
  • Riboflavin 0,21 mg
  • Niasin 0,11 mg
  • Vitamin B6 0,05 mg
  • Vitamin B12 0,56 mg

Mengonsumsi dua hingga tiga wadah yogurt setiap hari dapat menambah sekitar 500 kalori dan hampir 100 gram gula ke dalam makanan sehari-hari. Ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan dan meningkatkan risiko diabetes. 

Ada wabah gastroenteritis di masa lalu karena penggunaan susu yang tidak dipasteurisasi dalam yogurt. Mereka yang alergi susu mungkin tidak dapat mencerna gula susu dan mengalami kembung, kram, dan bahkan ruam kulit.

Selalu konsultasikan dengan ahli gizi yang berkualifikasi untuk mengetahui porsi ideal yogurt yang harus dimiliki dan jenis yang direkomendasikan untuk diet, ya!

Share artikel ini
Reference