sport bra sehari-hari
Gaya Hidup Hidup Sehat

Apakah Pemakaian Sport Bra Aman Untuk Sehari-hari?

Imelda Rahmawati | Maret 4, 2022
Share

Bagi sebagian orang, sport bra adalah pilihan terbaik untuk menunjang aktivitas. Bentuknya yang terkesan rapi dan kokoh menjadi alasan banyak wanita menggunakannya. Bahkan banyak wanita yang memakai sport bra untuk sehari-hari.

Bra jenis ini memberikan perlindungan yang menyeluruh dan sangat menopang payudara, sehingga aman dan nyaman dipakai. Nah, yang menjadi pertanyaan di kalangan wanita, apakah penggunaan sport bra sehari-hari aman?

Apa itu sport bra

Sport bra adalah bra yang umum digunakan saat berolahraga. Bra ini memiliki kekuatan khusus yang mampu menopang seluruh payudara yang dapat memberikan kenyamanan maksimal selama melakukan olahraga, bahkan olahraga ekstrem sekalipun. Jika miniset untuk anak yang baru pubertas, bisa dibilang sport bra lebih untuk wanita dewasa dengan ukuran payudara yang penuh.

Saat olahraga dan melakukan latihan, gravitasi bisa menarik batang tubuh dan payudara, yang membuat tubuh cepat lelah dan kemungkinan payudara kendur. Pemakaian sport bra akan mengurangi hal-hal tidak nyaman tersebut.

Fungsi dan manfaat sport bra

Sebelum mengetahui dampak penggunaan sport bra sehari-hari, ada baiknya kita mengetahui fungsi dan manfaatnya. Berikut rangkumannya.

1. Meningkatkan postur dan kinerja

Karena payudara bisa menjadi berat, gaya saat olahraga dapat menarik tubuh ke depan, membuat kamu membungkuk. Ini dapat berdampak negatif pada kinerja atletik atau olahraga, dan menyebabkan sakit kepala dan nyeri leher, punggung, dan lengan.

2. Meminimalkan gerakan payudara

Penelitian menunjukkan bahwa selama aktivitas seperti berlari dan melompat, payudara bergerak naik turun hingga 12 cm. Ini karena dukungan anatomi yang tidak memadai di dalam payudara. Dengan menggunakan sport bra, payudara akan lebih tertahan. Akibatnya, goncangan akan semakin minim dan beban dada akan berkurang.

3. Meminimalkan ketidaknyamanan

Gerakan payudara yang berlebihan selama olahraga sering memunculkan ketidaknyamanan dan bisa memalukan bagi beberapa wanita. Karena kedua faktor ini menjadi penghalang aktivitas fisik, penyangga payudara menjadi prioritas dan bra menjadi perlengkapan olahraga yang penting, bukan hanya sekadar pakaian dalam.

Amankah sport bra digunakan sehari-hari?

Di samping keunggulan dan kenyaman sport bra, faktanya bra jenis ini tak terlalu baik jika digunakan terlalu sering. Hal ini karena bra tersebut mempunyai desain ketat sehingga dapat melemahkan otot punggung, nyeri bahu, dan merusak postur tubuh kamu, jika dipakai dalam waktu lama.

Menggunakannya dalam jangka waktu lama juga bisa menyebabkan masalah kulit seperti ruam dan infeksi jamur. Untuk menghindarinya, segera mandi atau minimal ganti pakaian setelah berolahraga atau berkeringat banyak, ya.

Tips memilih sport bra yang sesuai

Demi kesehatan dan mencegah payudara kendur, memilih sport bra harus diperhatikan. Idealnya payudara kamu harus bergerak serempak dengan tubuh dan tidak memantul secara berlebihan dengan sendirinya.

Semakin sedikit payudara bergerak, semakin baik. Namun, beberapa sport bra bisa terasa tidak nyaman. Karena itu kamu perlu mencoba dan memastikan bahwa itu nyaman dipakai dengan memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Tali bra

Tali harus terbuat dari bahan elastis yang kuat dan lebar sehingga dapat menopang payudara dengan baik. Ukuran yang lebih besar membutuhkan pita yang lebih lebar. Tali juga harus empuk untuk kenyamanan sehingga tidak membebani bahu kamu.

2. Cup

Payudara harus benar-benar tertutup atau terbungkus dalam cup untuk membatasi gerakan payudara secara efektif. Bila ada bagian yang keluar dari sport bra, artinya bra terlalu kecil. Untuk benar-benar memastikan apakah sport bra sudah sesuai, cobalah kenakan bra tersebut. Walaupun sebentar, itu lebih baik dari pada membeli bra yang salah dan akhirnya tidak terpakai, kan.

3. Kawat

Saat memilih bra dengan kawat, kamu harus menyesuaikan bentuk kawat dengan ukuran payudaramu. Jika tidak mungkin menemukan bra berkawat yang pas, pilih bra non-underwire (soft-cup) sebagai gantinya.

4. Bahan

Bahan yang bagus harus menyerap keringat agar kulit tetap sejuk dan tidak teriritasi. Terutama pada karet di bagian bawah bra, harus kuat dan elastis, tidak sempit dan tidak longgar.

Cari model dengan pinggiran lebar bebas jahitan yang memiliki bantalan yang memadai di bawah gesper belakang. Gespernya pun harus pas dan nyaman untuk mencegahnya bergerak. Gesper berguna untuk menyesuaikan karet bawah yang bisa melar dari waktu ke waktu.

Setiap bra yang bagus harus pas dengan benar. Jika tidak cocok, sport bra tidak akan memberikan dukungan yang memadai. Bra yang tidak pas dapat menyebabkan iritasi kulit, nyeri leher, punggung, dan lengan, terutama bagi kamu dengan payudara lebih besar. Jadi pastikan bra tersebut pas untuk kamu.

Reference
Share