penobatan raja charles iii

penobatan raja charles iii

Pada tanggal 6 Mei 2023 lalu, media sosial dihebohkan dengan proses penobatan Raja Charles III. 

Raja Charles III adalah anggota keluarga kerajaan Inggris yang saat ini menjadi penguasa monarki Inggris. Ia naik tahta setelah ibundanya, Ratu Elizabeth II meninggal pada tahun 2022.

Berdasarkan prosesi yang dilakukan, penobatan Raja Charles III melibatkan berbagai upacara dan tradisi kerajaan. 

Setelah diangkat, ia akan mengenakan mahkota kerajaan dan melakukan perluasan tugas-tugas resmi, termasuk menyampaikan pidato pembukaan parlemen dan menerima kunjungan resmi dari pemimpin negara lain.

Mungkin, kamu juga sudah menyaksikan prosesi penobatan Raja Charles III karena disiarkan pada seluruh dunia. 

Menariknya, ada berbagai fakta mengejutkan dari acara penobatan Raja Charles III kemarin. Apa saja itu? Ketahui semuanya di sini, yuk!

Kapan penobatan Raja Charles III?

Penobatan Raja Charles III dilakukan dalam bentuk upacara simbolis di mana ia akan dimahkotai sebagai tanda resmi menganut peran sebagai raja Inggris. Upacaranya diselenggarakan pada tanggal 6 Mei 2023 pukul 11:00 yang diawali dengan proses kedatangan raja di Westminster Abbey.

Selain keluarga kerajaan, proses penobatan ini turut mengundang perdana menteri, perwakilan dari gedung parlemen, kepala negara, dan bangsawan lainnya dari seluruh dunia.

Bahkan, Duke of Sussex, Pangeran Harry, telah mengonfirmasi bahwa dia rela melakukan perjalanan dari AS untuk penobatan, tetapi istrinya, Duchess of Sussex atau Meghan Markle sayangnya tidak hadir.

Apakah Harry dan Meghan Markle sadar tak diundang Raja Charles III dari media?

Pangeran Harry dan Meghan
Pangeran Harry dan Meghan|@_duchess_of_sussex/instagram

Acara ini menjadi pertama kalinya Pangeran Harry terlihat di depan umum bersama keluarga kerajaan setelah kontroversinya yang sempat heboh di bulan Januari lalu. 

Meskipun cukup mengejutkan, nyatanya Raja Charles III tetap mengundang ia dan istrinya, Meghan Markle ke acara penobatan.

Sayangnya, kedua buah hati Harry dan Meghan, yaitu Pangeran Archie dan Putri Lilibet tidak bisa menghadiri acara penobatan sang raja. Apalagi, secara kebetulan, hari penobatannya bertepatan dengan ulang tahun ke-4 Pangeran Archie.

Anak Raja Charles dan Camilla

Lantas, apakah anak Raja Charles III dan Camilla ikut hadir? Secara teknis, raja dan ratu Inggris terbaru ini tidak memiliki anak kandung yang berasal dari Camilla. 

Hanya saja, Ratu Camilla menjadi seorang ibu tiri untuk Pangeran William dan Harry, yang sama-sama sudah berkeluarga.

Baik Pangeran William dan Harry sama-sama datang ke acara penobatan Raja Charles III. Bahkan, istri Pangeran William, Kate Middleton serta ketiga anaknya turut menghadiri acara satu ini.

Putri Charlotte dan Pangeran Louis

Putri Charlotte dan Pangeran Louis
Putri Charlotte dan Pangeran Louis|@katemiddletonprincessofwales/instagram

Pada acara penobatan Raja Charles III, Putri Charlotte dan Pangeran Louis, kedua anak dari Pangeran William juga datang menghadirinya. 

Fakta menariknya, satu jam setelah proses pemasangan mahkota pada Raja, Louis dibawa pergi oleh seorang ajudan. 

Hal ini dikarenakan Pangeran dan Putri Wales memutuskan untuk memberikan ia waktu istirahat. Sebab, putra bungsu mereka baru menginjak usia lima tahun dua minggu lalu, sehingga akan terlalu melelahkan jika harus duduk sepanjang upacara dengan jangka waktu dua jam.

Selain itu, media sosial juga diramaikan dengan penampilan cantik Putri Charlotte yang berusia 8 tahun dan tampak elegan dalam balutan gaun putih Alexander McQueen. 

Sementara itu, Pangeran Louis mengenakan busana buatan Dege and Skinner dengan hiasan yang didesain khusus pada bagian kerah, lengan, dan depan. 

Nah, itulah beberapa fakta menarik yang sempat ramai diperbincangkan mengenai proses penobatan Raja Charles III. Kalau kamu sendiri, apakah sempat menonton acara prosesinya?


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference