Fungsi miniset untuk anak

Pubertas pada anak perempuan biasanya terjadi di antara usia 8-13 tahun. Pada tahap ini, anak mulai mengalami perubahan fisik. Salah satunya adalah payudara yang mulai membesar. Saat payudara anak mulai tumbuh, sebaiknya anak mulai diajarkan cara memakai miniset. Kenapa sih hal ini penting? Apa fungsi miniset untuk anak?

Apa itu miniset?

Miniset adalah bra yang dirancang untuk anak perempuan yang baru mengalami perubahan bentuk payudara. Miniset menjadi populer pada 1950-an. Sebelumnya, anak perempuan hanya mengenakan tanktop hingga payudaranya membesar. Miniset biasanya berupa tanpa tali, bebas busa, dan bersifat lebih elastis untuk menopang payudara.

Model miniset tergantung pada kebutuhan payudara anak. Saat puting sudah muncul pertama kali, anak membutuhkan miniset dengan lapisan yang lebih tebal. Dengan mengajari anak cara memakai miniset, itu berarti membiasakan mereka memakai bra saat payudara mereka tumbuh lebih besar.

Kapan penggunaan miniset untuk anak

Sebelum memahami fungsi miniset untuk anak, sebaiknya kamu ketahui dulu bagaimana penggunaan miniset untuk anak.

Antara usia 8-12 tahun, anak sudah mengalami perubahan bentuk tubuh. Apalagi anak yang sudah mengalami pubertas dini. Di tahap ini, ajari anak menggunakan miniset biasa. Jika ukuran putingnya lebih besar dan cukup terlihat saat anak mengenakan baju, berikanlah miniset dengan lapisan yang lebih tebal. Ini akan membuatnya merasa lebih nyaman.

Jika anak sudah berusia 13-16 tahun, mulai ajarkan anak untuk menggunakan bra tanpa kawat. Setelah usia itu, anak akan lebih terbiasa menggunakan bra dan akan lebih siap menggunakan bra dengan kawat.

Fungsi miniset untuk anak

Membiasakan diri memakai miniset tidak hanya sebatas “latihan menggunakan bra”. Fungsi miniset untuk anak perempuan sangat penting, terutama jika anak aktif berolahraga atau melakukan berbagai aktivitas fisik. Berikut ini beberapa fungsi miniset untuk anak:

  • Melindungi payudara dan puting yang sensitif
  • Mendukung dan mengurangi adanya benturan di payudara
  • Mencegah payudara kendur
  • Mempertahankan kontur payudara
  • Membuat anak lebih nyaman saat beraktivitas

Cara memilih miniset untuk anak

Jika kamu ingin memberikan miniset, kamu perlu memilih sesuai dengan kebutuhan anak. Berikut ini beberapa cara memilih miniset anak yang tepat:

Tentukan jenis miniset yang ingin dibeli

Putuskan miniset jenis apa yang akan dibeli. Ada beberapa jenis miniset yang tersedia, mulai dari miniset yang dengan busa atau tanpa busa. Dengan demikian, kamu sudah memiliki gambaran dan tidak perlu bingung saat membeli miniset.

Tentukan jumlah miniset anak yang dibutuhkan

Hal lain yang perlu diputuskan adalah jumlah miniset yang dibutuhkan. Selain mencegah kekurangan miniset nanti, tips ini juga mencegah keborosan. Idealnya, dalam sehari anak membutuhkan 2 buah miniset. Jadi, dalam seminggu, dia membutuhkan 14 buah miniset. Sesuaikan juga dengan frekuensi kamu mencuci pakaian.

Dapatkan ukuran yang tepat

Kamu mungkin pernah dibelikan miniset oleh ibumu untuk pertama kalinya. Namun setelah coba memakainya, miniset itu ternyata tidak sesuai dengan ukuranmu. Nah, jangan sampai hal yang sama terulang untuk anakmu ya. Pastikan ukuran bra yang kamu berikan kepada anak sesuai dengan ukuran yang ia butuhkan.

Cari miniset berbahan lembut

Selain ukurannya yang pas, berikan juga miniset yang lembut untuk anak agar ia nyaman saat memakainya. Pastikan juga miniset tersebut menyerap keringat dan tidak menimbulkan gatal.

Perhatikan transparansi

Sebagai ibu, penting juga untuk memperhatikan transparansi bahan miniset yang ingin dibeli. Kamu dapat mengetahuinya dengan meletakkan tanganmu di bawah miniset dan mengarahkannya ke cahaya. Jika terlalu transparan, kamu disarankan tidak membelinya.

Tips memberikan pengertian penggunaan miniset untuk anak

Setelah memahami fungsi miniset untuk anak, kamu juga perlu tahu tips memberikan pengertian penggunaan miniset tersebut.

Terkadang kamu mungkin merasa kesulitan untuk menjelaskan kepada anak remajanya tentang berbagai perubahan tubuh selama masa pubertas. Namun, kamu tetap perlu memperkenalkan perubahan tersebut kepada anak agar anak dapat lebih memahami dan memahami apa yang terjadi.

Umumnya, anak perempuan akan merasa tidak nyaman dan aneh saat memakai miniset untuk pertama kalinya, terutama di usia 8-13 tahun. Apalagi payudara yang membesar sering menyebabkan nyeri dan sedikit gatal. Kondisi tersebut akan membuat anak tidak nyaman.

Kamu dapat mengajarkan dan menjelaskan langkah- memakai miniset yang akan membantu payudara mereka lebih nyaman selama masa pubertas.

Share artikel ini
Reference