apakah sulam alis haram

Apakah sulam alis haram? Pertanyaan ini banyak dilontarkan oleh perempuan muslim ditengah gempuran berbagai inovasi dalam kecantikan, salah satunya sulam alis yang menjadi tren saat ini. 

Banyak yang menilai bahwa sulam alis mempertegas mata, bentuk wajah hingga membuat wanita lebih cantik dan lebih sempurna tampilan matanya.

Sulam alis dilakukan dengan metode yang hampir sama seperti tato agar lebih tebal, namun bedanya sulam alis dengan tato adalah menggunakan bahan herbal atau alami. Bagaimana status kehalalan sulam alis?

Apa itu sulam alis?

sulam alis

Seperti yang telah diketahui bahwa sulam alis bekerja dengan metode yang hampir sama dengan tato. Tato umumnya menggunakan tinta kimia sedangkan sulam alis biasanya menggunakan bahan herbal dan alami.

Perdebatan sulam alis apakah halal atau haram mungkin dapat ditelaah melalui proses pembuatan sulam alis terlebih dahulu.

Sulam alis memiliki banyak tipe dan jenis seperti 1D, 3D, 4D hingga 6D. Teknik yang beragam juga dapat membentuk alis sesuai dengan keinginan pasien.

Misalnya, teknis microblading dimana alis akan disulam dengan membentuk alis per helai. Tekniknya yaitu memasukkan tinta ke dalam tubuh hingga mencapai permukaan kulit.

Lalu bagaimana hukum sulam alis menurut syariat islam?

Mau Hapus Tato? Ini Cara Menghilangkan Tato permanen yang man

Apakah sulam alis haram?

Apakah sulam alis haram tentu menjadi banyak perbincangan karena banyak yang mengetahui bahwa upaya dalam mengubah bagian dari tubuh hanya dapat dibenarkan jika dilakukan sesuai dengan syariah islam. 

Oleh Halal Mui disampaikan bahwa kepentingan tersebut dibolehkan dalam rangka pengobatan, misalnya untuk langkah medis diperlukan dengan mencukur alis dan lain sebagainya. Hal ini berarti dilakukan untuk sebuah kebutuhan akan pengobatan dna ini dibolehkan.

Jika hal tersebut dilakukan hanya untuk menambah kepuasan atau kecantikan semata, maka hal tersebut dianggap sebagai sebuah cara dalam melawan takdir allah dengan tidak bersyukur atas apa yang sudah dimilikinya.

Dalam Qs At-Tiin Ayat 4 disebutkan bahwa manusia telah diciptakan dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Alis yang diganti dengan tato permanen jelas haram, dianggap melukai diri sendiri, menusukkan jarum hingga tinta ke dalam tubuh.

Praktik ini juga dianggap sebagai salah satu hal yang berisiko untuk kesehatan sehingga sebaiknya tidak dilakukan.

Untuk mengetahui jenis sulam alis yang tidak disarankan, yuk coba simak penjelasan berikut ini!

5 Cara Menebalkan Alis Secara Alami yang Perlu Kamu Coba!

Jenis sulam alis yang haram

Sulam alis terdiri dari berbagai tipe dan teknik. Tipe sulam alis sendiri ada 1D, 3D, 4D, hingga 6D. Untuk jenis sulam alis yang benar-benar mengubah bentuk alis menggunakan beberapa teknik berikut ini:

  • Teknik microblading. Teknik ini merupakan salah satu cara membuat alis terlihat semakin tebal dengan membentuk alis perhelai. Rambut alis akan tampak lebih lebat dan rapi sesuai dengan keinginan pasien.
  • Teknik misty powder. Teknik ini menjadikan alis terlihat penuh dengan pensil alis.
  • Teknis phibrows. Teknik ini menggunakan alat gambar yang dapat menggambar alis dengan arsiran yang rapi.

Teknik sulam alis ini pada dasarnya sama yaitu memasukkan tinta ke permukaan kulit dan bersifat semi permanen sehingga dibutuhkan perawatan kembali setelah 3-5 tahun.

Apakah sulam alis haram?  Tentunya jika menilik tujuan dan prosedurnya akan memiliki hukum haram dalam mata syariah islam.

7 Manfaat Baking Soda untuk Wajah, Bikin Wajahmu Lebih Glowing

Efek samping sulam alis 

Melansir dari Mayo Clinic, ada risiko yang dapat dialami pasien saat melakukan sulam alis yang dikaitkan dengan risiko tato kosmetik dapat memiliki risiko yang sama dengan prosedur pembuat tato pada kulit. Risiko yang dapat ditimbulkan yaitu:

  • Iritasi
  • Reaksi alergi seperti gatal
  • Infeksi kulit
  • Masalah kulit seperti keloid dan granuloma
  • Risiko terhadap alat yang digunakan dapat memicu hepatitis b dan c

Biasanya bagi para pasien sulam alis akan diberikan gambaran mengenai risiko yang mungkin dialami dan mendapat perawatan atau konsumsi obat yang diperlukan jika mengalami efek samping dari sulam alis yang dilakukan.

Alternatif tanpa sulam alis

efek samping sulam alis

Sebenarnya dalam membentuk alis yang indah dan rapi serta lebih tebal terdapat beberapa metode yang dapat dipakai dan car aini dipandang lebih aman dan alami. Berikut metode yang bisa kamu lakukan agar alis terlihat lebih rapi:

  • Pijat alis. Melakukan pijat alis dengan lembut dan rutin di sekitar bulu mata akan membuat pertumbuhan alis lebih rapi. Sirkulasi darah akan mengalir lancar dan rambut alis tumbuh lebih lebat.
  • Gunakan castor oil. Minyak jarak sering digunakan sebagai penumbuh alis dan bulu mata. Gunakan minyak jarak secara rutin untuk membantu rambut lebih lebat dan tumbuh dengan rapi.
  • Aplikasi serum alis. Saat ini terdapat banyak serum untuk alis dan mata sehingga membuat rambut lebih rapi dan lebat. Gunakan serum dengan rutin agar dapat menumbuhkan rambut dengan lebih baik.
  • Pakai pensil alis. Alis yang tipis memang terkadang mengurangi ketegasan wajah. Cobalah pakai pensil alis yang tepat dan sesuai meskipun tidak dapat bertahan lama.
  • Menghidrasi alis. Kulit yang sehat dan terhidrasi dengan baik akan tetap cantik meskipun tidak memiliki bulu mata atau alis yang lebat. Konsumsi air lebih banyak agar nutrisi rambut alis lebih terjaga.

 

Share artikel ini
Reference