kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara
Gaya Hidup Hidup Sehat

6 Kebiasaan yang Dapat Mengecilkan Payudara yang Wajib Diketahui

Putri Aprillia | Februari 18, 2022
Share

Setiap orang memiliki berbagai bentuk dan ukuran payudara. Namun, bagi sebagian orang, memiliki payudara yang besar dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Hal ini biasanya berkaitan dengan nyeri bahu dan leher. Sehingga, mereka mungkin ingin mengurangi ukurannya.

Ukuran payudara dapat dipengaruhi oleh faktor genetika, berat badan, umur, dan perubahan hormon. Lantas, bagaimana cara mengecilkan payudara? Simak kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara pada artikel berikut!

Mengenal kondisi payudara kecil

Wanita dengan payudara besar biasanya mengeluhkan masalah punggung karena harus menopang beban. Sehingga, selain mengalami nyeri punggung, postur tubuh mudah berubah menjadi bungkuk. Sebaliknya, wanita dengan payudara yang kecil membuat tubuhnya tidak perlu menopang beban yang berat. Akibatnya, mereka lebih mudah dalam menjaga postur tubuh yang baik dan tegap.

Memiliki payudara kecil memudahkan seseorang untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Sehingga, kamu bisa mengecek apakan terdapat benjolan yang tidak normal pada payudara. Hal ini lebih mudah dilakukan karena sel-sel lemaknya sedikit. Alhasil, ketika ada benjolan, kamu akan lebih mudah mengenalinya.

Tindakan pemeriksaan untuk mendeteksi kanker seperti mammografi juga lebih efektif dilakukan pada payudara yang kecil. Pada payudara yang kecil, dokter lebih mudah mendeteksi apabila terdapat jaringan yang berbahaya. Hal ini disebabkan karena gambarnya bisa dilihat dengan jelas tanpa harus tertutupi oleh lemak.

Mitos dan fakta ukuran payudara mengecil

Banyak orang menganggap bahwa besar kecilnya ukuran payudara mempengaruhi jumlah ASI yang bisa diproduksi. Anggapan ini hanyalah mitos. Faktanya, dilansir dari Hello Sehat, besar kecilnya payudara tidak mempengaruhi banyaknya produksi ASI. Hal ini disebabkan karena ASI diproduksi dari kelenjar susu, bukan lemak.

Salah satu mitos lainnya adalah bahwa hanya payudara besar saja yang bisa menjadi kendur. Faktanya, payudara kendur tidak ada kaitannya dengan ukuran payudara. Payudara yang kecil sekalipun juga tidak luput dari masalah ini. Kekenduran pada payudara bukan terjadi berdasarkan ukurannya, tetapi berdasarkan kepadatannya.

Kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara

Ada beberapa cara alami untuk mengurangi ukuran payudara tanpa melakukan operasi. Beberapa kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara adalah:

1. Melakukan diet

Sebagian besar payudara terdiri atas jaringan lemak. Kehilangan lemak tubuh bisa mengurangi ukuran payudara seseorang. Untuk menghilangkan lemak tubuh, seseorang bisa melakukan diet rendah kalori. Pertimbangkan untuk makan makanan yang kaya nutrisi namun rendah kalori, seperti makan salmon, ayam panggang, buah-buahan, dan sayuran.

2. Melakukan olahraga

Seperti diet, olahraga juga bisa membantu kamu menghilangkan lemak tubuh yang bisa mengurangi ukuran payudara. Salah satu olahraga yang efektif membakar lemak adalah olahraga kardiovaskular. Olahraga lainnya yaitu berlari, berenang, dan jalan cepat.

3. Mengurangi kadar estrogen

Salah satu hormon yang mempengaruhi perkembangan payudara adalah estrogen. Jadi, mengurangi kadar estrogen dapat mengurangi ukuran payudara. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang bisa mengurangi kadar estrogen melalui perubahan pola makan. Seseorang juga dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai cara mengurangi kadar estrogen.

4. Membatasi konsumsi alkohol

Kebiasaan lainnya yang dapat mengecilkan payudara adalah mengurangi konsumsi alkohol. Alkohol diyakini dapat meningkatkan kadar estrogen. Alkohol juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Membatasi konsumsi alkohol dapat mencegah naiknya kadar estrogen dan menurunkan risiko terjadinya kanker payudara.

5. Mengonsumsi teh hijau dan teh jahe

Teh hijau bermanfaat untuk mengurangi berat badan. Sehingga, mengonsumsi teh hijau dapat membantu dalam mengecilkan payudara. Teh jahe berfungsi untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh. Jika sistem metabolisme lancar, hal ini akan meningkatkan proses pembakaran lemak yang bisa menurunkan berat badan dan mengecilkan payudara.

6. Menggunakan putih telur

Cara ini dapat dilakukan untuk mengecilkan payudara, namun hasilnya hanya sementara saja. Kocok putih telur yang telah disiapkan hingga menjadi busa. Oleskan putih telur ini ke payudara. Sehingga, payudara menjadi kencang, padat, dan lebih kecil ukurannya. tetapi, efek ini hanya bisa dirasakan dalam beberapa jam saja.

Tips menjaga kesehatan payudara

Selain memperhatikan kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara, kamu juga perlu memperhatikan kesehatannya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menjaga payudara agar tetap sehat.

  • Gunakan bra yang pas agar payudara tidak kendur dan turun lebih cepat. Ukuran bra kamu setidaknya satu tahun sekali karena ukuran bra bisa berubah jika kamu mengalami penurunan atau kenaikan berat badan.
  • Lakukan olahraga berguna untuk menurunkan risiko kanker payudara. Contohnya, dengan melakukan latihan aerobik tingkat sedang.
  • Kelola berat badan kamu karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker payudara.
  • Sama seperti kulit wajah, kulit payudara juga bisa menjadi kering, gatal, dan sensitif. Oleh karena itu, gunakan pelembab pada kulit payudara.
  • Kurangi konsumsi alkohol karena alkohol juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara.
  • Konsumsi vitamin D. Para peneliti menyatakan bahwa kadar vitamin D yang rendah meningkatkan risiko kanker payudara. Vitamin D bisa diperoleh melalui paparan sinar matahari, makanan, dan suplemen.

Memiliki payudara yang besar bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan rasa sakit. Beberapa cara atau kebiasaan di atas bisa membantu seseorang untuk mengecilkan payudaranya. Namun, jika cara-cara tersebut tidak membantu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter, ya.

Reference
Share