manfaat tidur tidak menggunakan BH
Hidup Sehat

Ini 7 Manfaat Tidur Tidak Menggunakan BH

Imelda Rahmawati | Maret 16, 2022
Share

Beberapa wanita memilih tetap menggunakan BH saat tidur, tapi juga ada yang memilih tidak menggunakannya. Sebenarnya, pilihan ada di masing-masing wanita, tapi kali ini kita akan membahas manfaat tidur tidak menggunakan BH.

Selain lebih nyaman dan membiarkan payudara bernapas, tidur tanpa BH juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Apakah tidur lebih baik menggunakan bh atau tidak

Tidur tanpa BH bagi sebagian wanita jauh lebih baik daripada dengan bra. Hal ini karena beberapa alasan seperti merasa lebih leluasa saat bergerak dalam tidur. Namun, sebagian lainnya, tidur dengan bra adalah pilihannya.

“Beberapa wanita memiliki payudara yang nyeri dan gatal, dan mengenakan bra lembut ke tempat tidur dapat membantu membatasi gerakan payudara saat tidur,” kata Dr. Regina Hampton, ahli bedah payudara bersertifikat dewan dan pendiri Breast Care for Washington.

Hal ini juga berlaku bagi mereka yang melakukan implan payudara. “Tidur dengan bra bisa lebih mendukung, selama bra lembut yang tidak memotong sirkulasi apa pun,” kata Dr. Terri Ann Samuels, ahli uroginekologi bersertifikat dan pendiri Essentially You. “Ini memungkinkan implan tetap terangkat lebih lama.”

Jadi, pilihan tetap ada di diri kamu, ingin tidur menggunakan BH maupun tidak sama-sama memiliki pro dan kontranya.

Kondisi payudara yang baik saat tidur

Payudara yang baik saat tidur ialah tidak tertekan atau terhimpit. Memberi ruang yang cukup untuk payudara bergerak saat tidur adalah yang terbaik. Jika ingin memakai BH, usahakan memilih yang tidak ketat.

Kondisinya juga tidak boleh lembap untuk mencegah jamur tumbuh, lecet, atau iritasi, terutama di kondisi kamu sering berkeringat saat tidur. Dengan tidak menggunakan BH saat tidur, payudara kamu akan mendapatkan kondisi tidur yang baik.

Manfaat tidur tidak menggunakan BH

Mari kita ulas banyak manfaat tidur tanpa BH, di antaranya adalah:

1. Memberikan kenyamanan yang lebih besar

Melepas BH di penghujung hari yang panjang bisa terasa sangat membebaskan, dan kamu akan merasa lebih rileks. Rasa relaksasi ini berarti kamu lebih mungkin menikmati tidur yang lama dan berkualitas tinggi. Kamu akan merasa jauh lebih baik di pagi hari. Jika tubuh dan otot tegang, kamu mungkin mengalami gangguan tidur dan frustrasi serupa.

2. Mencegah memar dan cedera

Tidur juga memberi kulit kamu beberapa jam untuk pulih dari kompresi BH. Pemakaian pakaian dalam itu cenderung menekan daging di berbagai titik dalam sehari, yang berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan dan cedera. Melepaskannya di malam hari menyisakan lebih sedikit peluang untuk menyebabkan cedera seperti itu. Jika kawat putus dan menusuk kulit, tidur ataupun aktivitas kamu akan terganggu.

3. Mengurangi risiko kondisi kulit bermasalah

Tidur adalah waktu bagi kulit untuk pulih. Jika kamu tidur nyenyak di malam hari, kulit kemungkinan akan tampak lebih sehat di pagi hari dan ini berlaku untuk kulit di area payudara juga.

Ini akan mengurangi peluang kamu terkena infeksi jamur. Itu mungkin terdengar tidak enak, tetapi itu selalu mungkin terjadi ketika kulit lembap. Tidak menggunakan BH di waktu tidur akan mencegah infeksi semacam itu.

4. Menjaga ukuran payudara

Pemakaian pakaian dalam ketat secara terus-menerus akan mengurangi kekuatan otot dada. Padahal, untuk menjaganya agar tidak kendur, kamu perlu melatihnya. Memakai BH seharian penuh, membuat payudara bergantung padanya. Namun jika Anda melepasnya di waktu malam, maka bentuk natural payudara masih terjaga.

5. Mempermudah pelepasan kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening ditemukan di berbagai tempat di tubuh manusia, terutama ketiak. Kelenjar getah bening adalah rumah bagi berbagai pembuluh darah dan kelenjar, di mana tubuh melepaskan racun bakteri. Jika racun ini tidak dihilangkan, mereka akan terus menumpuk, menyebabkan pembengkakan di kulit, termasuk payudara.

6. Peningkatan pernafasan

Manfaat tidur tidak menggunakan BH sangat bagus untuk sistem pernapasan. Bernapas lebih sulit saat kita tidur. Posisi horizontal membatasi saluran udara, sehingga lebih sulit bagi udara untuk mencapai paru-paru. Berjuang untuk mendapatkan udara di malam hari menyebabkan masalah tidur seperti, mendengkur, sleep apnea, dan masalah jangka panjang lainnya yang lebih memprihatinkan. Pakaian ketat, termasuk BH dapat memperburuk masalah pernapasan waktu tidur.

7. Sirkulasi darah yang lebih baik

Ukuran BH biasanya pas atau ketat, yang bisa membahayakan sirkulasi darah kamu saat tidur. Dengan melepasnya saat kamu tidur, sirkulasi darah kembali meningkat. Ini akan mencegah masalah kesehatan yang terkait dengan aliran darah terbatas, seperti kram, suhu tubuh rendah, dan varises.

Bahaya tidur menggunakan BH

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang mungkin akan kamu dapatkan jika menggunakan BH saat tidur, terutama yang ketat.

1. Berpotensi mengganggu tidur

Mengenakan bra saat tidur juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan juga mengganggu tidur.

2. Dapat merusak kulit kamu

Ada kemungkinan besar bahwa jika kamu memakai bra saat tidur, pengait dan tali dapat menekan kulit. Hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit. Ada kemungkinan besar pemakaian bra untuk durasi yang lebih lama dapat menyebabkan lesi dan bahkan kista. Segera lepaskan bra jika merasa tidak nyaman.

3. Jamur dapat memengaruhi kesehatan payudara

Mengenakan BH saat tidur dapat meningkatkan pertumbuhan infeksi jamur karena dapat menciptakan kelembapan di sekitar area payudara. Hindari memakainya saat tidur dan beri waktu pada payudara untuk bernapas.

4. Memengaruhi aliran darah

BH berkawat bisa memengaruhi sirkulasi darah. Kawat juga menekan otot-otot di sekitar area payudara dan mempengaruhi sistem saraf. Jenis BH lain yang terlalu ketat dapat melukai jaringan payudara.

Mitos dan fakta seputar payudara saat tidur

Terlepas dari kepercayaan populer, adalah mitos bahwa memakai BH di malam hari dapat memengaruhi ukuran payudara. Ini mungkin juga tidak berhenti kendur, tetapi bisa menjadi sumber banyak ketidaknyamanan dan tekanan kulit.

Namun demikian, jika kamu bijaksana dalam memilih bra yang nyaman, non-underwire, dan ringan, seharusnya tidak menimbulkan masalah. Setelan malam bergaya kamisol dengan BH built-in juga pilihan yang baik untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Reference
Share