makanan untuk penderita sirosis hati

Setiap penyakit yang menyerang organ dalam, seperti hati memiliki efek buruk untuk tubuh. Oleh karena itu, memilih makanan untuk penderita sirosis hati sangatlah penting. Hal ini karena kondisi organ hati memiliki kapasitas terbatas dalam memproses makanan dan mengeluarkan sisa-sisa zat. Nah, kamu yang mengidap kondisi ini perlu mengurangi makanan tertentu. Apa sajakah itu?

Sebelum mengetahui daftar makanan untuk penderita sirosis hati, kamu perlu mengenali dulu apa itu sirosis hati. Sirosis hati merupakan kondisi di mana jaringan hati tergantikan dengan jaringan parut yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi virus hepatitis, alkoholisme, dan obesitas. 

Makanan yang aman untuk penderita sirosis hati

Bukan berarti penderita sirosis hati tidak bisa mengonsumsi makanan lezat. Hanya saja, ada beberapa batasan yang harus kamu ikuti untuk mengurangi gejala sirosis menjadi tambah parah. 

Sebab, jika kamu menderita sirosis hati, penting untuk memenuhi kalori dan protein berkualitas tinggi untuk mencegah malnutrisi dan mempertahankan massa tubuh tanpa lemak. Umumnya, rekomendasi kalori yang perlu kamu dapatkan setiap hari adalah 16–18 kalori dan 0,45–0,68 gram protein atau 0,45 kg berat badan per hari.

Untuk mencapai tujuan tersebut, berikut ini daftar makanan untuk penderita sirosis hati yang aman untuk dikonsumsi!

1. Buah dan sayuran yang kaya akan serat

Tentu, buah dan sayuran merupakan makanan yang wajib kamu konsumsi setiap harinya. Dengan catatan, pilihlah sayuran yang segar bukan yang tersimpan dalam kaleng. Sebab, sayur dan buah yang dijual dalam bentuk kalengan biasanya mengandung natrium dan gula. 

Selain itu, kamu juga dapat menambahkan buah segar ke dalam semangkuk sereal untuk mendapatkan nutrisi ekstra, serat, dan rasa manis alami. Pilih jenis buah-buahan yang kaya serat, seperti apel untuk membuat camilan sehat dan mengenyangkan.

2. Produk susu olahan

Ingin mengonsumsi produk susu olahan? Tenang saja, kamu dapat menyantap yoghurt rendah lemak, keju rendah sodium, dan juga susu kedelai. Pilihan makanan tersebut sangat cocok untuk kamu yang gemar produk susu olahan.

3. Biji-bijian

Biji-bijian mengandung serat utuh yang baik untuk tubuh. Jika ingin mengonsumsinya, kamu dapat memilih roti gandum, nasi merah, dan sereal yang terbuat dari biji utuh. Kamu juga bisa mengonsumsi sereal granola atau granola batangan dengan kandungan gula dan natrium yang rendah. 

4. Protein hewani yang segar, seperti ikan

Memang, penderita sirosis hati tidak disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis daging merah, termasuk olahannya, seperti sosis. Bila kamu ingin menyantap hidangan yang mengandung protein, sebaiknya pilih ikan segar, seperti salmon.

5. Makanan penutup buatan sendiri yang rendah gula, garam, dan lemak

Makanan penutup yang aman untuk penderita sirosis hati adalah makanan manis homemade atau buatan sendiri. Bila ingin membuatnya, pastikan makanannya rendah lemak, gula, dan garam.

Tetap Sehat Dengan Konsumsi 11 Makanan Rendah Kalori Ini

Makanan untuk dihindari penderita sirosis hati

makanan untuk penderita sirosis hati

Penderita sirosis hati harus menghindari makanan yang belum atau kurang matang. Hal ini karena kandungan bakteri atau virus dari makanan yang belum matang sepenuhnya dapat menyebabkan infeksi parah pada penderita sirosis.

Selain itu, ada beberapa jenis makanan lainnya untuk dihindari penderita sirosis hati hindari atau batasi, seperti:

  1. Makanan olahan tinggi, seperti makanan cepat saji, sup kalengan, hingga makanan ringan dalam kemasan.
  2. Makanan yang mengandung lemak tidak sehat, seperti margarin dan gorengan.
  3. Camilan asin, seperti keripik, kerupuk, dan popcorn.
  4. Daging olahan, seperti sosis, bacon, dendeng.
  5. Bumbu yang mengandung natrium tinggi, mulai dari kecap, saus teriyaki, saus steak, dan saus spageti.
  6. Makanan yang kurang matang.
  7. Minuman beralkohol.

9+ Daftar Makanan Untuk Penderita Liver yang Wajib Dikonsumsi

Tips memasak makanan untuk penderita sirosis hati

Pada dasarnya, penderita sirosis hati tidak boleh mengonsumsi makanan yang belum matang sepenuhnya. Jadi, kamu yang mengidap kondisi medis ini harus memastikan bahwa makanan yang kamu masak setiap harinya sudah matang.

Kamu juga tak perlu khawatir karena Yoona juga memiliki beberapa tips memasak makanan untuk penderita sirosis hati yang dapat kamu terapkan. Cek satu per satu di bawah ini.

  1. Rebus sayuran tanpa minyak atau mentega.
  2. Jika ingin mengurangi asupan natrium, cobalah ganti dengan bumbu dan rempah segar.
  3. Saat memasak daging, mulailah dengan memilih potongan tanpa lemak. 
  4. Jika ingin mengonsumsi daging sapi, sebaiknya makan dalam porsi kecil. Kemudian, pastikan dagingnya tidak dimasak dengan minyak atau mentega.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebagai penderita sirosis hati. Bukan tanpa alasan, makanan yang tepat berperan penting untuk membuat gejala sirosis jadi membaik. 

Dengan mengikuti rekomendasi di atas, penyakit sirosis hati milikmu pun tidak akan parah. Tak lupa, selain melakukan pemilahan jenis makanan, kamu juga harus berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.



Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference