cara menghilangkan kerutan di wajah

Kerutan di wajah memang bisa mengganggu penampilan, bahkan tidak sedikit orang merasa kurang percaya diri dengan hadirnya kerutan tersebut. Namun, kerutan sendiri dapat diminimalisir atau dikurangi dengan beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah dari mulai alami sampai medis.  

Penyebab kerutan di wajah

Kerutan di wajah dapat disebabkan karena penggunaan otot-otot tertentu secara berulang. Munculnya garis-garis halus ini juga disebabkan karena proses penuaan alami yang berjalan seiring dengan bertambahnya usia. Namun,  faktor lingkungan dan beberapa kebiasaan tertentu juga dapat menyebabkan munculnya kerutan pada wajah, seperti:

1. Aplikasi riasan mata

Tidak sedikit orang tidak menyadari melakukan kesalahan ketika mengaplikasikan riasan mata, baik eyeshadow, eyeliner maupun maskara. Umumnya, wanita akan mengangkat alis dengan lebih tinggi. Seiring waktu, kebiasaan ini akan memunculkan garis halus atau kerutan pada wajah. 

2. Mengerucutkan bibir

Garis-garis kecil di sekitar mulut juga dapat muncul karena kebiasaan mengerucutkan bibir. Semakin kencang mengerucutkan bibir, ini akan menyebabkan kontraksi otot yang semakin kuat yang menimbulkan garis halus. 

3. Menyipitkan mata

Kebiasaan yang satu ini juga bisa menyebabkan kerutan di wajah. Pasalnya otot-otot di sekitar mata menjadi renggang dan menyebabkan garis halus di sekitarnya menjadi terbentuk. 

4. Faktor lingkungan

Selain karena kebiasaan. Kerutan di wajah juga dapat muncul karena faktor lingkungan seperti paparan sinar UV. Paparan yang terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan memunculkan garis-garis halus. 

Selain itu, kerutan juga dapat muncul lebih cepat karena kebiasaan merokok. Kebiasaan ini akan berdampak pada produksi kolagen yang menyebabkan kulit keriput. 

Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami

Kerutan di wajah yang mengganggu dapat diminimalisir dengan beberapa cara alami, seperti:

1. Gunakan tabir surya

Gunakan tabir surya dengan SPF lebih dari 30 untuk mencegah kanker kulit. Sebuah studi 2013 di Annals of Internal Medicine menemukan bahwa tabir surya juga membantu menunda tanda-tanda penuaan. 

2. Berhenti merokok

Seperti yang sudah dijelaskan, merokok berkontribusi pada penuaan dan kerutan. Penting untuk menghentikan kebiasaan tersebut untuk memiliki kulit yang lebih sehat. Merokok dapat berpengaruh pada kondisi kulit wajah dan berdampak negatif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

3. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu membuat kulit menjadi lebih halus dan mempertahankan kelembaban kulit. Selain itu, minyak kelapa juga disebut dapat menjadi cara alami untuk mengatasi kulit kering.

4. Cobalah teh daun lemon balm

Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami selanjutnya adalah dengan teh daun lemon balm. Peneliti meyakini bahwa ekstrak daun lemon balm dapat membantu kulit menjadi lebih elastis sekaligus memperbaiki kerusakan jaringan. 

5. Ubah posisi tidur 

Beberapa kerutan yang muncul di wajah bisa disebabkan oleh posisi tidur yang selalu sama.  Seiring waktu, kompresi ini dapat membuat kulit lebih lemah. yang lain, dan menyebabkan terbentuknya kerutan terbentuk. Cobalah membiasakan diri untuk tidur terlentang.

pola tidur bifasik

6. Cuci muka secara teratur

Cuci muka secara teratur akan membersihkan wajah dari sisa makeup, debu dan sisa kotoran yang menempel pada wajah. Sisa makeup yang tidak dibersihkan dengan benar akan meninggalkan sisa bahan kimia yang berkontribusi pada stres oksidatif. Hindari menggosok wajah terlalu keras.

7. Hindari sinar ultraviolet

Sinar ultraviolet adalah penyebab utama munculnya kerutan di wajah dan bagian tubuh lainnya. Cara untuk menghilangkan kerutan di wajah adalah dengan menghindari paparan sinar ultraviolet. Kamu bisa menggunakan topi atau penghalang sinar UV lainnya dan yang terpenting adalah jangan lupakan tabir surya.

Cara menghilangkan kerutan wajah secara medis 

Selain menggunakan cara alami, kamu juga bisa menggunakan cara menghilangkan kerutan di wajah secara medis untuk hasil yang lebih cepat. Berikut beberapa caranya:

1. Chemical Peeling

pengelupasan kulit dapat membantu mengurangi munculnya kerutan. Metode chemical peeling ini akan dilakukan oleh dokter kulit dengan cara mengoleskan larutan kimia pada kulit. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lapisan paling atas kulit. Nantinya, kulit yang baru akan lebih kencang dan halus sekaligus mengurangi munculnya kerutan. 

2. Botox

Cara menghilangkan kerutan di wajah selanjutnya adalah dengan botox. Perawatan yang satu ini cocok untuk mengatasi kerutan pada area mata. Botox akan mencegah kontraksi otot-otot kecil pada wajah. Dengan begitu, kulit akan lebih halus. Namun, perlu diingat, botox tidak memberi hasil yang permanen, sehingga kamu perlu melakukan perawatan ini secara berkala. 

3.  Dermal filler

Dermal filler atau pengisi kulit menjadi salah satu metode populer untuk mengurangi kerutan. Selain itu, hasil dari dermal filler bertahan cukup lama dan cukup efektif untuk mengurangi kerutan. 

4. Krim Retinoid

Krim retinoid topikal juga dapat digunakan untuk mengatasi kerutan. Ada banyak produk perawatan kulit yang menggunakan krim retinoid dengan tujuan mengatasi garis halus atau kerutan pada wajah. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Share artikel ini
Reference