kapas pembalut

Women’s sanitary napkin is airy and soft

Perempuan yang sudah mengalami pubertas pasti sudah tidak asing lagi dengan menstruasi yang datang tiap bulan.

Oleh karena itu, kamu sebagai perempuan mungkin juga sudah tidak asing dengan berbagai pilihan pembalut yang membantumu bisa tetap menjalani aktivitas dengan tenang saat menstruasi tiba.

Yup, memang ada banyak pilihan pembalut di luar sana berdasarkan ukuran dan tipenya, salah satunya adalah pembalut tipis.

Coba perhatikan iklan-iklan di TV, banyak brand pembalut yang berlomba-lomba mengiklankan pembalut tipis. Apa sih spesialnya jenis pembalut yang satu ini? Cari tahu, yuk!

Apa itu pembalut tipis?

Pembalut tipis adalah jenis pembalut yang dapat menyerap darah menstruasi seperti pembalut biasa, namun dengan bantalan yang lebih tipis, sehingga saat dipakai, seseorang bisa merasa seperti sedang tidak memakai pembalut.

Pada dasarnya, pembalut memang dibagi berdasarkan dua kategori berdasarkan ketebalannya, yaitu pembalut tebal dan pembalut ultra thin.

Keduanya memiliki daya serap yang baik untuk membantumu saat menstruasi. Biasanya, orang-orang menggunakan pembalut slim atau tebal tergantung preferensi masing-masing.

Pembalut tebal biasanya disebut juga pembalut super atau maxi. Pembalut ini dibuat dengan bantalan penyerap yang tebal dan memberikan kenyaman maksimal.

Di sisi lain, pembalut tipis sering disebut sebagai pembalut ultra. Pembalut ini biasanya dibuat dengan bantalan yang terkompresi sehingga ketebalannya hanya sekitar 3 mm.

Mengenal Jenis Pembalut Panjang, Si Anti Bocor!

Kegunaan pembalut tipis

pembalut organik Yoona

Tahukah kamu, ada banyak pilihan produk yang bisa menyerap darah menstruasi? Selain pembalut, ada juga menstrual cup dan tampon.

Namun, pembalut adalah salah satu produk yang paling aman digunakan. Alasannya karena kamu tidak perlu memasukkan pembalut ke dalam tubuhmu. Produk ini hanya untuk penggunaan luar tubuh.

Artinya, kemungkinan bakteri langsung masuk ke tubuhmu juga lebih kecil asalnya kamu menjaga kebersihan tangan saat memakainya.

Nah, sebenarnya kegunaan pembalut tipis sama saja dengan pembalut jenis lainnya, yaitu menyerap cairan vagina berupa darah saat menstruasi.

Ini memungkinkan karena pembalut tipis terbuat dari bantalan kapas dan kain yang lembut dan memiliki daya serap yang baik.

Dengan adanya fungsi pembalut yang menyerap dan menahan cairan menstruasi, serta mengisolasi cairan menstruasi dari tubuh, kamu pun bisa menjalani aktivitas dengan nyaman.

Tips Memilih Pembalut yang Tidak Mengandung Klorin dan Aman Digunakan

Waktu terbaik pakai pembalut tipis

Di awal disebutkan bahwa pemilihan jenis ketebalan pembalut biasanya tergantung preferensi masing-masing perempuan. Tapi untuk membuatmu lebih nyaman saat beraktivitas, ada waktu-waktu tertentu pembalut ultra thin menjadi pilihan terbaik buat kamu, lho!

Saat light flow

Ketika kamu mengalami light flow atau darah menstruasi keluar sedikit, pembalut ultra thin bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu. Ini dikarenakan pembalut tipis didesain sangat tipis dan mengikuti lekuk tubuh sehingga sangat nyaman dipakai. 

Namun, meskipun ketebalannya rata-rata hanya 3 mm, pembalut tipis tetap memiliki daya serap yang sama seperti pembalut tebal atau super, lho! Jadi, bukan berarti kamu tidak bisa memakainya saat heavy flow

Banyak aktivitas fisik 

Kamu sedang banyak aktivitas fisik di luar? Lagi banyak ikut kegiatan olahraga padahal kamu sedang datang bulan? Pembalut ultra thin bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu. 

Pembalut ultra thin bisa menyerap darah menstruasi 10 kali dari beratnya. Lapisan intinya dilengkapi dengan busa fleksibel yang menahan kebocoran saat kamu aktif bergerak sepanjang hari. Tapi ingat untuk mengganti pembalut tiap 3-4 jam yaa!

Yoona Organic Pads, Bebas Gerak dan Nyaman Seharian! 

pembalut malam

Nah, itulah beberapa fakta yang perlu kamu ketahui tentang pembalut ini. Kamu sendiri lebih suka pakai pembalut ultra thin ini atau tebal?

Menstruasi jangan sampai jadi penghalang untuk melakukan berbagai kegiatan kamu, ya. Kamu bisa menggunakan pembalut Yoona yang didesain tipis mengikuti lekuk tubuh, namun memiliki daya serap yang super.

Pembalut Yoona juga terbuat dari 100% organic cotton yang bisa mencegah iritasi dan gatal. Selain itu, lapisan anion strip-nya dapat memunuh kuman dan bakteri penyebab bau tak sedap. Nah, dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut, pembalut Yoona jauh lebih aman untuk kesehatan wanita.

 

Share artikel ini
Reference