siklus haid pendek tanda kehamilan

Siklus haid pendek tidak selalu menjadi tanda kehamilan. Panjang pendeknya masa haid setiap wanita akan berbeda-beda. Ada banyak alasan di balik perubahan durasi haid, mulai dari pertambahan usia, penggunaan obat-obatan, penyakit tertentu, dan lainnya.

Siklus yang pendek dapat menjadi indikasi bahwa tubuhmu akan memasuki masa menopause. Hal ini terjadi saat ovarium mengandung lebih sedikit telur yang dilepas ke rahim. Jadi, pendeknya durasi haid bisa menjadi pertanda normal kerja tubuh.

Berapa lama siklus haid normal?

Siklus haid yang dihitung dari hari pertama haid ke hari pertama berikutnya tidak sama untuk setiap wanita. Aliran haid dapat terjadi setiap 21 hingga 35 hari dan berlangsung selama dua hingga tujuh hari. 

Selama beberapa tahun pertama setelah haid dimulai, siklus panjang sering terjadi. Namun, siklus haid cenderung memendek dan menjadi lebih teratur seiring bertambahnya usia.

Siklus haid mungkin teratur — dengan panjang yang sama setiap bulan — atau agak tidak teratur, dan haidmu mungkin ringan atau berat, nyeri atau tidak nyeri, panjang atau pendek, dan masih dianggap normal. Dengan kata lain, “normal” bagi tubuhmu tidak sama dengan normal bagi orang lain.

Ketika kamu mendekati menopause, siklus haid mungkin menjadi tidak teratur lagi. Namun, karena risiko kanker rahim meningkat seiring bertambahnya usia, diskusikan perdarahan tidak teratur seputar menopause dengan penyedia layanan kesehatan.

Siklus Haid Berantakan, Minum Apa Agar Haid Lancar?

Perlu diingat bahwa penggunaan jenis kontrasepsi tertentu, seperti pil KB siklus panjang dan alat kontrasepsi (IUD), akan mengubah siklus haid. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatanmu tentang apa yang perlu diketahui.

Apa arti siklus haid pendek?

siklus menstruasi

Siklus yang pendek dapat menjadi indikasi bahwa ovarium mengandung telur lebih sedikit. Ini biasanya merupakan pola yang terlihat pada wanita di tahun-tahun menjelang perimenopause. 

Karena jumlah telur yang tersedia di ovarium berkurang, kualitasnya juga menurun. Ovarium yang disfungsional ini kehilangan kemampuannya untuk ‘berkomunikasi’ secara efektif dengan otak. 

Selain itu, otak perlu melepaskan lebih banyak hormon perangsang folikel (FSH) untuk merangsang sel telur abnormal ini menjadi matang. Akibatnya, folikel dominan siap untuk ovulasi sangat awal pada fase folikuler dan akibatnya menghasilkan panjang siklus yang pendek. 

Terkadang perdarahan dapat terjadi bahkan saat ovulasi tidak terjadi, dan ini mungkin tampak sebagai siklus yang pendek dan tidak teratur.

7 Penyebab Haid Hanya 1 Hari, Faktor Stres Ternyata Berpengaruh!

Pengaruh siklus haid pendek dan kesuburan

Panjang siklus haid ditentukan oleh jumlah hari dari hari pertama keluarnya darah hingga dimulainya haid berikutnya. Lamanya siklus haid, meski tidak menggunakan alat kontrasepsi apa pun, dapat menjadi indikator utama ketidakseimbangan hormon dan apakah ovulasi terjadi. 

Ketidakseimbangan hormon dapat memengaruhi periode haid dan kesuburan. Tanpa ovulasi, kehamilan tidak dapat terjadi.

Jika kamu memiliki siklus haid pendek, akan jauh lebih sulit untuk hamil, tetap hamil, dan memiliki bayi yang sehat. Ini karena kamu berovulasi terlalu cepat. 

Apa Arti Ovulasi? Yuk Ketahui Tanda-tandanya Segera!

Tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk sel telur matang sehingga dapat dibuahi dan endometrium (lapisan rahim) tidak memiliki cukup waktu untuk menebal sehingga sel telur dapat ditanamkan.

Penyimpangan siklus menstruasi dapat memiliki banyak penyebab berbeda, termasuk:

  • Kehamilan atau menyusui. Menstruasi yang terlewat bisa menjadi tanda awal kehamilan. Menyusui biasanya menunda kembalinya menstruasi setelah kehamilan.
  • Gangguan makan, penurunan berat badan yang ekstrim atau olahraga berlebihan. Gangguan makan — seperti anoreksia nervosa — penurunan berat badan yang ekstrem dan peningkatan aktivitas fisik dapat mengganggu menstruasi.
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS). Wanita dengan gangguan sistem endokrin yang umum ini mungkin mengalami menstruasi yang tidak teratur serta ovarium yang membesar yang berisi kumpulan kecil cairan – disebut folikel – yang terletak di setiap ovarium seperti yang terlihat selama pemeriksaan USG.
  • Kegagalan ovarium prematur. Kegagalan ovarium prematur mengacu pada hilangnya fungsi ovarium normal sebelum usia 40 tahun. Wanita yang mengalami kegagalan ovarium prematur – juga dikenal sebagai insufisiensi ovarium primer – mungkin mengalami menstruasi tidak teratur atau sesekali selama bertahun-tahun.
  • Penyakit radang panggul (PID). Infeksi pada organ reproduksi ini dapat menyebabkan perdarahan haid yang tidak teratur.
  • Fibroid rahim. Fibroid rahim adalah pertumbuhan rahim yang tidak bersifat kanker. Mereka dapat menyebabkan periode menstruasi yang berat dan periode menstruasi yang berkepanjangan.

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference