manfaat masturbasi pada wanita

Masturbasi umum dilakukan baik oleh pria dan wanita lho ladies. Kegiatan eksplorasi tubuh ini merupakan cara aman dan alami dalam menyalurkan hasrat seks yang dapat dilakukan oleh diri sendiri. Banyak manfaat masturbasi bagi wanita dan pria dalam hal kesehatan.

Apakah kamu sering melakukan masturbasi dan merasa bahwa ini adalah cara aman untuk melepaskan hasrat seksual? Yuk ketahui manfaat masturbasi bagi wanita dari ulasan berikut ini. Check it out~

Apa itu masturbasi?

Masturbasi adalah sebuah aktivitas seksual yang dapat dilakukan sendiri dengan menstimulasi alat kelamin.

Masturbasi bisa dilakukan oleh pria dan wanita dengan tujuan mencari kenikmatan, kesenangan dan melepaskan ketegangan yang efeknya dilakukan seperti kegiatan seksual dengan pasangan.

Masturbasi menyebabkan orgasme yang akan membuat otak bekerja melepaskan hormon dopamine dan serotonin. Hormon yang terlepas ini akan membantu tubuh merasakan kepuasan dan kesenangan.

Sensasi tubuh yang mencapai kepuasaan dan puncak kenikmatan ini akan mendorong tubuh untuk rileks setelah melakukan masturbasi.

Belum ada penelitian khusus tentang efek samping masturbasi yang menyebabkan hal serius bagi tubuh kamu.

Namun di samping itu, terdapat anggapan bahwa masturbasi dapat mengubah hubungan seksual dengan pasangan sehingga berdampak tidak sehat.

Meskipun begitu, ada banyak manfaat masturbasi bagi wanita untuk kesehatan yang dapat dirasakan saat kamu melakukan kegiatan seksual ini selain berhubungan seksual penetrasi dengan pasangan. Penasaran apa saja manfaatnya? 

Masturbasi Saat Haid, Aman atau Bahaya?

8 Manfaat masturbasi bagi wanita

Manfaat masturbasi bagi wanita merupakan pengalaman yang normal, menyenangkan dan banyak fakta bahwa kegiatan seksual ini memiliki beragam manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh.

Berikut manfaat masturbasi bagi wanita:

1. Meringankan stres

jenis jenis stress

Stress akan membuat kamu cemas dan stres merupakan hal yang sering dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak hal yang bisa membuat kamu stres dan cara meredakan stress adalah dengan orgasme. Tidak hanya dengan hubungan seksual, masturbasi juga dapat memicu orgasme dan hormon oksitosin dalam aliran darah akan dilepaskan.

Hormon yang terlepas ini akan meringankan dan membuat kamu lebih bahagia. Stres dan depresi pun jadi mereda setelahnya.

2. Kualitas tidur lebih baik

Kualitas tidur yang baik akan berdampak pada pekerjaan atau kegiatan sehari-hari yang juga baik.

Saat tidur, tubuh akan memperbaiki, meregenerasi dan mengisi kembali energi yang hilang setelah seharian penuh terkuras. Kualitas tidur yang baik juga dapat melawan penyakit sehingga produktivitas akan meningkat.

Hormon vasopresin akan dilepaskan setelah kamu melakukan masturbasi yang dapat menenangkan tidur dan kualitas tidur menjadi lebih baik.

3. Menjaga kesehatan jantung

risiko serangan jantung

Manfaat masturbasi bagi wanita selanjutnya adalah baik untuk kesehatan jantung. Aktivitas seksual dapat berpengaruh pada kesehatan jantung, termasuk dalam kegiatan masturbasi.

Masturbais membuat perasaan lebih senang dan jantung akan berolahraga dalam meningkatkan pernapasan dan detak jantung.

Terdapat kontribusi besar masturbasi untuk meningkatkan fungsi kardiovaskular menjadi lebih baik.

4. Meningkatkan libido dan hasrat seksual

Efek ajaib pada orgasme akan berdampak pada kehidupan seksual dan sehari-hari kamu, lho. Orgasme akan melepas dopamine, endorfin dan oksitosin sehingga tubuh akan lebih meningkat lagi hasrat seksual dan libidonya.

Hal ini akan sangat berguna jika kamu dan pasangan lebih bergairah satu sama lain, bukan?

Ini Rahasia Dan Cara Meningkatkan Libido Wanita

5. Melindungi dari penyakit infeksi menular seksual

Banyak aktivitas seksual yang berisiko menularkan infeksi dan penyakit kelamin sehingga masturbasi dianggap sebagai cara mencegah infeksi menular seksual atau IMS.

Dengan masturbasi, maka tidak ada risiko terkena infeksi menular seksual dan kenikmatan hubungan seksual masih dapat dirasakan ya, ladies.

6. Meredakan kram

kram haid

Melepaskan hormon endorphin pada saat menstruasi dan mengalami nyeri perut merupakan hal yang menyenangkan.

Aliran darah yang cepat akan membantu meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman akibat kram menstruasi.

7. Efek masturbasi yang menyenangkan

Aktivitas seksual merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan pria dan wanita, namun bagaimana jika kamu ingin melakukan aktivitas ini namun tidak ada pasangan?

Salah satu caranya adalah dengan masturbasi. Kegiatan ini akan melepaskan rasa tegang dan hasrat seksual dengan mudah.

8. Meningkatkan rasa percaya diri

Siapa saja jika manfaat masturbasi bagi wanita adalah membuat fantasi baik tentang dirinya sendiri sehingga harga diri seseorang juga akan lebih meningkat.

Hal ini karena wanita lebih mudah untuk mengeksplorasi bagian tubuhnya dan hal ini akan menjadi rangsangan seksual yang membuat wanita nyaman dengan dirinya sendiri.

Manfaat masturbasi untuk wanita dalam peningkatan kesehatan ternyata cukup banyak ya, ladies.

Namun sebelum kamu memutuskan untuk melakukan ini lebih sering, kamu harus tahu apa saja hal yang terjadi pada tubuhmu saat masturbasi dan adakah efek samping dari masturbasi?

Apakah Perempuan Bisa Mimpi Basah? Apa Sebabnya? Yuk Simak Di sini!

Hal yang terjadi pada tubuh saat masturabasi

manfaat masturbasi pada wanita saat haid

Manfaat masturbasi bagi wanita selain untuk kesehatan juga dapat melegakan pikiran karena orgasme yang dirasakan.

Dikutip dari healthline, berikut ini adalah hal-hal yang terjadi pada tubuh kamu saat melakukan masturbasi:

  • Masturbasi memicu perasaan santai dan rileks serta dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik setelah melakukan masturbasi.
  • Masturbasi dianggap sebagai obat tidur yang baik sehingga kualitas tidur juga akan lebih maksimal. Sistem saraf yang tegang akan santai begitu masturbasi dilakukan.
  • Otot pelvis pada wanita akan lebih kuat sehingga berdampak pada sistem reproduksi dan kesuburan.
  • Perasaan senang dan bahagia akan keluar karena hormon oksitosin akan dikeluarkan dengan maksimal.
  • Masturbasi membantu meringankan stress dengan mengeluarkan hormon kortisol dan stres, hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ladies, meskipun tidak ada efek samping dalam kesehatan, namun ada beberapa kondisi yang mungkin bisa kamu alami setelah melakukan masturbasi.

Hal ini memang dapat mengganggu jika dilakukan secara berlebihan, antara lain:

  • Candu. Kecanduan masturbasi ditandai dengan produktivitas yang menurun seperti tidak bekerja atau belajar, menolak bertemu dengan rekan atau keluarga dan lebih memilih untuk melakukan aktivitas seksual ini.
  • Perasaan bersalah. Perasaan bersalah terkadang muncul dan menjadi efek psikologis karena faktor budaya, agama, kepercayaan, spiritual dan sebagainya. Jika efek ini mulai terasa, cobalah untuk berkonsultasi dengan terapis atau tenaga kesehatan yang dapat dipercaya.
  • Sensitivitas seksual menurun. Pada pria ditemukan bahwa masturbasi dapat menurunkan sensitivitas seksual sehingga ada teknik tertentu yang direkomendasikan untuk dapat meningkatkan kembali sensitivitas seksual pria.

Masturbasi yang berlebihan juga tidak baik ya, ladies. Konsultasikan pada dokter apabila kebiasaan masturbasi mulai mengganggu.

Jika dilakukan sewajarnya, masturbasi pada wanita bisa bermanfaat baik untuk kesehatan dan aktivitas seksual.

Share artikel ini
Reference