cara waxing miss v sendiri

Bagi yang tak suka dengan keberadaan bulu di kemaluan, ada berbagai cara untuk menghilangkannya atau dikenal dengan sebutan waxing. Yuk, coba cara waxing miss v sendiri di rumah melalui artikel ini!

Baik wanita maupun pria yang telah dewasa pasti akan mengalami proses munculnya bulu pada area kemaluan. Terlepas dari jenis kelaminnya, merawat area kemaluan dengan memastikannya rapi dan bersih merupakan hal terpenting yang tak boleh terabaikan.

Memang pada dasarnya menghilangkan rambut kemaluan merupakan pilihan setiap orang. Namun, membiarkan bulu kemaluan tumbuh akan membuatnya lebat sehingga banyak orang yang merasa tidak nyaman dengan kehadirannya.

Berbagai cara menghilangkan bulu miss v sendiri

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menghilangkan bulu miss v sendiri.  Namun, perlu diingat bahwa tidak ada metode cukur bulu kemaluan dengan cara sendiri yang sifatnya permanen.

Kecuali kerontokan rambut disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya. Oleh karena itu, bersiaplah untuk rutin melakukan pencabutan jika kamu ingin area kewanitaanmu rapi dan bersih.

Berikut beberapa cara menghilangkan bulu miss v sendiri di rumah yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah!

1. Mencukur

Mencukur adalah salah satu cara termudah dan paling banyak digunakan untuk menghilangkan rambut kemaluan karena umumnya tidak menimbulkan rasa sakit dan hanya memerlukan pisau cukur bersih dan gel.

Namun, karena pisau cukur harus bersentuhan langsung dengan kulit untuk menghilangkan bulu di pangkalnya, maka apabila tidak hati-hati, mencukur dapat menjadi penyebab iritasi, kemerahan, atau gatal.

Demi mengurangi risiko ini, cobalah untuk:

  1. Disinfeksi pisau cukur terlebih dahulu
  2. Berendam di air hangat atau mandi sebelum bercukur
  3. Basahi rambut kemaluan agar lebih mudah dipotong
  4. Pilih krim, pelembap, atau gel alami untuk melumasi kulit dan mengurangi kemungkinan iritasi atau berjerawat.
  5. Gunakan pisau cukur yang tajam juga dengan banyak mata pisau
  6. Pegang kulit dengan kencang dan cukur perlahan dan lembut ke arah tumbuhnya

2. Waxing

Meski metode dengan waxing terbilang menyakitkan, namun tak sedikit wanita yang menyukai waxing karena sangat efektif menghilangkan bulu untuk jangka waktu yang lama.

Biasanya waxing mampu mencabut sebagian besar rambut hingga ke akarnya. Bahkan, metode ini juga bisa mengurangi rasa gatal saat rambut tumbuh kembali.

Walau cara menghilangkan bulu yang satu ini banyak digunakan oleh profesional, waxing terbilang aman dilakukan di rumah. Kendati demikian, cara yang satu ini juga bisa sangat menyakitkan bahkan bisa sebabkan iritasi dan infeksi jika kamu memiliki kulit sensitif.

Nah, untuk menghindari luka atau iritasi, kamu bisa melakukan waxing dengan cara berikut:

  • Gunakan wax dan waxing strip yang dijual bebas
  • Cuci dan desinfeksi area yang akan kamu wax
  • Oleskan lilin hangat dan strip waxing ke area tersebut
  • Robek strip dengan kuat dari kulit, namun tetap dengan cara yang lembut

3. Menggunakan krim khusus penghilang bulu kemaluan

Bagi kamu yang ingin menghilangkan bulu miss v di rumah dengan cara yang mudah, krim khusus penghilang bulu ini bisa jadi solusinya.

Pasalnya, kamu bisa mendapatkan krim penghilang bulu yang dijual bebas di pasaran. Seperti halnya waxing, hasil pencabutan bulu dengan krim ini sering kali bertahan lebih lama daripada mencukur atau memangkas dengan gunting.

Berbeda dengan waxing, krim penghilang bulu umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, beberapa orang bisa saja mengalami alergi karena adanya bahan kimia di dalam krim.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menguji krim pada area kecil kulit di lengan atau kaki sebelum mengaplikasikan produk secara luas, terutama di area sekitar kemaluan. Jika kamu mengalami reaksi, sebaiknya jangan gunakan produk.

4. Memangkas dengan gunting

Menggunakan gunting bisa menjadi cara yang aman untuk mendapatkan tampilan yang rapi karena gunting tidak bersentuhan dengan kulit sehingga risiko cedera relatif rendah.

Namun, pastikan gunting bersih dan tajam. Untuk menurunkan risiko iritasi, pastikan kamu mendapatkan  pencahayaan yang baik dan gunakan cermin genggam untuk membantu memangkas area yang sulit dilihat.

5. Metode pencabutan

Tweezing adalah cara sederhana untuk menghilangkan sedikit rambut. Seperti waxing, tweezing menarik rambut keluar dari folikel. Namun, metode pencabutan bulu kemaluan ini bisa memakan waktu dan cukup menyakitkan.

Dengan menggunakan metode mencabut rambut hingga ke akarnya ini dapat memperlambat pertumbuhan rambut selama 2-12 minggu. Namun, pencabutan bisa berbahaya bagi kulit jika kamu dan berisiko terkena infeksi, rambut tumbuh ke dalam, dan perubahan warna kulit karena metode ini merusak kulit.

7 Tips Aman Waxing Bulu Ketiak di Rumah, Nyaman Tanpa Iritasi!

Cara waxing miss v sendiri di rumah tanpa iritasi

cara waxing miss v sendiri di rumah yang aman dan tanpa iritasi-min

Waxing dapat menghilangkan rambut dari folikel yang artinya mencabut rambut hingga ke akarnya sehingga memicu kuman datang ke folikel rambut yang terbuka.

Dalam banyak kasus, waxing juga menghilangkan lapisan atas sel kulit mati yang kering sehingga membuat kulitmu lebih halus, tetapi lebih rentan terhadap iritasi. Berikut beberapa cara waxing miss v sendiri di rumah yang bisa kamu lakukan!

1. Potong rambut terlebih dahulu

Perlu diketahui bahwa rambut yang terlalu panjang bisa membuat waxing menjadi lebih rumit dan menyakitkan. American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan pemangkasan rambut hingga 3/4 inci sebelum kamu memutuskan untuk waxing.

2. Eksfoliasi

Sebelum melakukan waxing, pastikan 1-2 hari sebelumnya kamu telah melakukan eksfoliasi secara lembut dengan scrub ringan, sikat, sarung tangan, atau loofah untuk mengangkat sel kulit mati yang mengelilingi folikel rambut. Eksfoliasi ini membantu melonggarkan rambut yang tumbuh ke dalam dan meningkatkan hasil waxing.

3. Bersihkan dan keringkan

Sebelum melakukan waxing pastikan kamu telah mencuci area di sekitar untuk menghilangkan kuman, keringat, kotoran, atau residu lainnya. Pasalnya, kotoran dapat meningkatkan kemungkinan timbulnya benjolan yang terinfeksi dan kulit serta rambut yang berminyak dapat mencegah lilin menempel.

Setelah dibersihkan, pastikan kamu telah mengeringkan area sekitar yang akan di-wax karena wax tidak akan menempel pada rambut yang basah. Jadi, keringkan area tersebut secara menyeluruh dengan handuk bersih, ya!

Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Aman: Ikuti Langkah Ini!

Cara mengatasi iritasi kulit setelah waxing

Menemukan cara yang tepat untuk waxing miss v sendiri di rumah saja tidak cukup. Kamu juga perlu memahami cara mengatasi iritasi kulit setelah waxing. Pasalnya, iritasi dan kemerahan merupakan efek samping yang paling umum setelah waxing

Lakukan langkah ini apabila kamu mengalami iritasi atau luka setelah waxing:

  1. Gunakan kompres dingin selama 15 menit pada area yang baru saja kamu wax
  2. Kenakan pakaian longgar untuk membantu mengatasi iritasi pada kulit yang disebabkan oleh waxing
  3. Oleskan pelembap yang hipoalergenik dan tanpa pewangi setelah waxing untuk menenangkan kulit dan mengurangi ruam

Cara Memutihkan Selangkangan dengan Pasta Gigi Apakah Aman?

Melakukan berbagai cara waxing miss v sendiri di rumah memang cukup mudah. Namun, pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati, ya!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference