douching adalah

Sebagai seorang wanita, menjaga area kewanitaan tetap bersih dan sehat adalah hal yang sangat penting. Selain untuk kenyamanan, menjaga area kewanitaan tentunya juga bermanfaat untuk kesehatan reproduksi. Namun, jika perawatan daerah kewanitaan dilakukan dengan cara yang salah, hal ini bisa membahayakanmu.

Salah satu cara membersihkan area kewanitaan yang cukup populer adalah douching. douching adalah teknik membersihkan area vagina dengan air semprotan. Bagi kamu yang ingin melakukan teknik douching ada baiknya simak artikelnya berikut ini terlebih dahulu!

Apa itu douching untuk vagina?

douching
 

Douching adalah cara membersihkan vagina dengan cara menyemprotkan vaginal douche ke dalam vagina. Vaginal douche adalah cairan dengan bahan-bahan tertentu yang dikemas dalam kantong, biasanya berupa semprotan. 

Tujuannya membersihkan bagian dalam vagina dan membantu menjaga keseimbangan pH vagina. Kegiatan membersihkan vagina dengan alat ini disebut juga dengan douching. Praktik tersebut pertama kali dimulai di Prancis. Istilah ini sendiri berasal dari bahasa Perancis yang artinya mencuci dengan air.

Berbahayakah douching untuk vagina?

Vagina yang sehat memiliki keseimbangan bakteri baik dan jahat. Keseimbangan bakteri ini mempertahankan keasaman normal vagina dan area kewanitaan harus cukup asam untuk menghindari iritasi dan infeksi.

Kondisi vagina yang ideal dapat terganggu karena aktivitas douching. Berikut beberapa risiko penyakit akibat melakukan aktivitas ini:

1. Infeksi bakteri vagina

douching adalah apakah untuk infeksi jamur vagina

Douching mengganggu keseimbangan bakteri dalam vagina. Aktvitas ini sebenarnya mendorong pertumbuhan bakteri jahat. Jika jumlah bakteri jahat di vagina jauh lebih tinggi dibanding bakteri baik, ada risiko infeksi bakteri vagina.

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Academy of Obstetrics and Gynecology, menemukan bahwa wanita yang sering melakukan douching vagina memiliki risiko lima kali lebih besar mendapat infeksi bakteri vagina daripada yang tidak melakukannya.

2. Penyakit radang panggul

radang panggul dilarang douching adalah

Jika ada cukup banyak bakteri jahat di area kewanitaan, pembersih vagina justru  mendorong bakteri tersebut masuk ke organ dalam. Bakteri dapat menyerang rahim, tuba falopi, dan ovarium melalui vagina.

Hal ini menyebabkan penyakit radang panggul. Itulah sebabnya cara membersihkan dengan cara ini adalah aktivitas yang berbahaya.

3. Masalah kehamilan

douching adalah dilarang saat hamil

Douching vagina mendorong risiko kehamilan ektopik (janin tumbuh di luar rahim). Jika kamu melakukan secara teratur, peluang kehamilan ektopik bisa mencapai 76%. Ini karena kondisi ideal  sistem reproduksi rusak.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang kerap melakukan douching berisiko melahirkan bayi dengan berat badan tidak normal.

4. Kanker serviks

deteksi dini kanker serviks douching adalah tidak disarankan

Wanita yang melakukan douching setidaknya sekali seminggu  memiliki peluang 4 kali lebih besar terkena kanker serviks. Hal ini karena aktivitas ini dapat meningkatkan risiko infeksi HPV genital di vagina. HPV diketahui menjadi salah satu penyebab kanker serviks.

Urutan Organ Reproduksi dari Luar ke Dalam pada Wanita, Ini Fungsinya!

Cara membersihkan vagina yang aman

Setiap kali kamu buang air kecil atau besar, kamu perlu membersihkan vagina. Cara membersihkan vagina yang benar adalah dengan membasuhnya dengan air bersih. Lalu, gunakan tisu untuk mengeringkannya dari depan ke belakang atau dari vagina ke anus. Hal ini penting untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus ke  vagina.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa membersihkan vagina dengan air hangat. Ingatlah untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina.

Share artikel ini
Reference