Urutan skincare yang benar (1)

Siapa yang masih belum tahu urutan skincare yang benar? Ada perbedaan urutan skincare pagi dan malam. Jika kamu ingin kulit sehat dan rangkaian perawatan kulitmu bekerja maksimal, sebaiknya ikuti urutan dan cara pakai yang benar!

Menerapkan produk dalam urutan tertentu membantu kulit menyerapnya dengan lebih baik dan mendapatkan manfaat penuh. Setelah membersihkan kulit, aturan dasarnya adalah mengaplikasikan produk mulai dari tekstur yang paling tipis hingga yang paling berat. Masih bingung? Yuk simak selengkapnya!

Urutan skincare pagi

Puasa skincare

Sebelum membahas urutannya, kamu perlu tahu bahwa skincare yang wajib itu hanya cleanser, pelembab, dan sunscreen, selebihnya menjadi pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut adalah urutan skincare pagi yang bisa kamu ikuti:

1. Cleanser

Langkah pertama dari setiap rutinitas perawatan kulit adalah selalu membersihkan. Saat bangun tidur di pagi hari, kamu cukup membersihkan wajah langsung dengan sabun muka.

2. Toner

Toner tidak hanya membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit, tetapi juga mengencangkan pori-pori dan mengurangi efek kerusakan lingkungan pada kulit.

3. Serum

Selanjutnya, serum. Dari jerawat dan pigmentasi hingga mencerahkan dan anti-penuaan, ada serum yang ditujukan khusus untuk masalah kulit kamu. Serum tersebut dikemas dengan bahan aktif yang meresap jauh ke dalam kulit dan menargetkan lapisan yang lebih dalam untuk menghasilkan perubahan.

4. Krim mata

Lingkaran hitam atau tidak, krim mata sangat penting untuk rutinitas dan membantu menjaga kulit halus serta melindunginya dari faktor lingkungan.

5. Obat totol jerawat

Ini adalah langkah yang sangat penting bagi orang-orang dengan kulit berjerawat. Oleskan obat atau krim hanya pada area yang bermasalah, dan biarkan mengering sebelum melanjutkan skincare selanjutnya.

6. Pelembap

Alih-alih memilih pelembap generik, sebaiknya kamu menggunakan pelembap yang ditujukan untuk jenis kulitmu dan mengatasi masalah kulit secara spesifik.

7. Sunscreen

Terakhir, tabir surya atau sunscreen. Jika kamu ingin mencegah penuaan dini, penyamakan kulit, bintik hitam dan masalah kulit lainnya, kamu tidak boleh melewatkan langkah ini. Gunakan tabir surya yang menawarkan perlindungan UV spektrum luas SPF 30 atau lebih.

Urutan skincare malam

kandungan skincare untuk kulit berjerawat

Skincare malam memiliki urutan yang lebih panjang daripada skincare pagi, karena wajahmu telah melalui hari yang panjang sehingga perlu perawatan ekstra. Berikut urutannya:

1. Makeup removal

Kamu bisa menggunakan micellar water, milk cleanser, atau cleansing balm. Meskipun kamu tidak menggunakan make up yang tebal, sebaiknya tahap pertama ini tidak dilewatkan.

2. Cleanser

Cleanser atau sabun pencuci muka, pilih sabun yang bersifat lembut dan tidak membuat kulitmu mudah memerah.

3. Toner

Sama seperti skincare pagi, toner akan menyeimbangkan pH kulit setelah penggunaan sabun. Kulit juga akan lebih lembab dan siap untuk menerima produk selanjutnya.

4. Serum

Pilihlah serum sesuai kebutuhan dan masalah kulit misalnya serum untuk jerawat, meratakan warna kulit, atau hanya sekedar menghidrasi.

5. Krim mata

Area mata memiliki kulit yang sangat lembut dan mudah berkerut, sehingga kamu tidak boleh melewatkan perawatannya pagi dan malam.

6. Pelembap atau krim malam

Kamu bisa mengganti pelembab dengan krim malam jika perlu, asalkan memiliki tekstur yang mampu melembabkan kulit.

7. Retinol

Bahan aktif vitamin A ini dapat menjadi solusi dari berbagai masalah kulit seperti kerutan, jerawat, komedo, dan kulit kusam. Kamu bisa mengaplikasikan retinol 2x seminggu jika masih pemula.

8. Face oil

Tahap ini menjadi pilihan tambahan, kamu boleh melewatkannya jika dirasa tidak perlu. Face oil akan melindungimu dari bakteri pada bantal saat tidur, juga memaksimalkan penyerapan produk skincare lainnya.

9. Masker

Penggunaan masker hanya dibutuhkan 2x seminggu, kamu bisa memilih berbagai jenis masker sesuai kebutuhan seperti sheet mask, mud mask, clay mask, organik mask, dan lainnya.

Rekomendasi skincare yang ada di tiap urutan skincare

Jika kamu masih belum menentukan produk skincare yang akan kamu beli, berikut beberapa rekomendasi kandungan skincare yang bisa kamu pertimbangkan:

  • Make Up removal berbasis minyak, karena dapat melunturkan kotoran di wajah secara maksimal dengan mudah.
  • Cleanser berbasis air. Pembersih jenis ini mengandung surfaktan, yang memungkinkan air membilas kotoran, keringat, dan menghilangkan minyak yang dikumpulkan oleh pembersih berbasis minyak.
  • Toner yang mampu melembabkan, kamu bisa memilih produk yang mengandung hyaluronic acid.
  • Serum, pilih serum antioksidan yang mengandung Vitamin C dan E.
  • Obat totol jerawat, produk ini tidak wajib dan digunakan bila perlu saja. Kamu bisa memilih produk dengan kandungan green tea, dan pereda inflamasi lainnya.
  • Krim mata, pilih produk yang mengandung kafein dan dapat mengatasi kerutan, lingkar hitam, dan bengkak area mata.
  • Pelembab, pilih produk yang mengandung gliserin, ceramida, antioksidan, dan peptida. Pastikan juga tekstur produknya cocok dengan kulit seperti gel, krim, atau balm.
  • Sunscreen, kamu bisa memilih sunscreen apapun dan pastikan memiliki spf minimal 30.

Jika kamu merasa urutan skincare tersebut terlalu banyak, kamu bisa memilih beberapa produk saja sesuai kebutuhan, asalkan produk wajibnya tetap kamu gunakan.

Share artikel ini
Reference