perbedaan toner dan micellar water

Masih bingung membedakan toner dan micellar water? Banyak yang mengira keduanya sama. Namun, ternyata berbeda. Fungsi toner wajah sendiri tidak hanya untuk membersihkan wajah, tetapi juga untuk menyeimbangkan pH kulit, mengencangkan pori-pori, dan mencegah munculnya jerawat.

Manfaat toner wajah ini bisa didapatkan jika kamu tahu cara memilih toner yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit kamu, serta cara menggunakannya. Fungsi dari toner wajah yang paling banyak dikenal adalah untuk membantu menghilangkan sisa-sisa kotoran atau make up yang masih menempel di kulit.

Oleh karena itu, manfaat toner tidak bisa dilewatkan begitu saja. Sayangnya, masih banyak orang yang melewatkan tahapan penggunaan toner wajah dalam rutinitas perawatan kulitnya. Sedangkan micellar water menjadi salah satu idola baru saat ini di kalangan pengguna skincare sebagai produk perawatan kulit yang multifungsi.

Jadi, apa perbedaan toner dan micellar water? Yuk ketahui faktanya, biar tahu fungsi keduanya!

Perbedaan toner dan micellar water

Meski memiliki kandungan dan fungsi yang hampir sama, namun tidak disarankan menggunakan salah satu micellar water dan toner secara bersamaan. Itu karena mereka memiliki fungsi utama yang berbeda.

Micellar water diformulasikan khusus untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran yang berat. Berbeda dengan toner yang didesain khusus dengan fungsi utama merawat kulit.

Selain itu, urutan penggunaan keduanya juga berbeda. Micellar water digunakan sebelum mencuci muka sedangkan toner harus digunakan setelahnya. Karena kandungan dalam toner akan terserap lebih maksimal saat kulit wajah bersih atau tanpa sekat seperti makeup.

Manfaat toner untuk wajah

Manfaat Toner

Berikut manfaat toner untuk wajah lebih sehat, antara lain:

1. Mampu membersihkan permukaan kulit wajah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi dari toner wajah adalah membersihkan kulit dengan menghilangkan minyak, kotoran, dan sisa make up.

Meski sudah membersihkan wajah dengan micellar water dan dilanjutkan dengan facial wash, sisa polusi, kotoran, minyak, dan make-up mungkin masih menempel di wajah.

Untuk memaksimalkan proses pembersihan wajah, kamu bisa menggunakan toner wajah. Dengan begitu, kulit kamu bisa terlihat lebih bersih dan cerah.

2. Menyeimbangkan pH kulit kamu

Salah satu fungsi toner wajah adalah untuk menyeimbangkan pH kulit. Nilai pH atau keasaman kulit manusia normal berada pada kisaran 4,7-5,75. Artinya pH kulit cenderung asam. Sebab, dalam kondisi normal, kulit akan menghasilkan asam yang berfungsi melindungi kulit dari iritasi dan mencegahnya menjadi kering.

Penggunaan toner secara teratur juga bisa menjaga keseimbangan PH kulit kamu sehingga kulit tetap aman, dan bisa menjaga produksi asam.

3. Mencegah jerawat

Selain dapat mencegah kotoran menumpuk di kulit, fungsi lain dari toner wajah adalah mengurangi produksi minyak dan sebum berlebih pada kulit. Jika kulit wajah kamu bersih, maka risiko timbulnya jerawat akan berkurang.

4. Mengatasi bekas jerawat

Mengatasi bekas jerawat juga merupakan fungsi dari toner wajah lainnya. Beberapa jenis toner wajah yang baik, tergantung kandungan bahan aktif di dalamnya, dapat membantu menyamarkan bekas jerawat yang gelap.

5. Pori-pori lebih kencang

Fungsi toner wajah selanjutnya adalah untuk mengencangkan pori-pori wajah. Pori-pori yang besar memudahkan bakteri dan kotoran masuk ke dalamnya dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Jika ini terjadi, kulit menjadi rentan berjerawat.

Selain itu, jika kamu menggunakannya secara teratur bisa membuat pori-pori kamu kecil. Sehingga kotoran yang ada di wajah seperti debu, kotoran dan sisa polusi akan sulit menempel.

Manfaat micellar water untuk wajah

Banyak sekali manfaat dari micellar water jika digunakan secara rutin sebagai make-up sehari-hari. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan:

1. Menghilangkan kotoran dan minyak

Produk pembersih untuk menghilangkan sisa kosmetik, kotoran, dan minyak pada kulit wajah. Tidak ada salahnya, micellar water dengan kandungan micellar ini memang ampuh untuk menghilangkan minyak dan kotoran di wajah sehingga kulit lebih bersih.

2. Membantu kulit terlihat lebih bersih

Secara umum, manfaat micellar water adalah menjaga nutrisi kulit, terutama jika kamu memiliki jerawat dan pori-pori tersumbat. Memang hasil penelitian tentang manfaat micellar water untuk wajah masih sangat terbatas.

Namun, beberapa temuan yang ada mengungkapkan bahwa membersihkan wajah dengan produk ‘ringan’ dapat mengobati jerawat dan mengurangi komedo.

3. Cocok untuk semua jenis kulit

Micellar water bisa dikatakan serbaguna karena bisa digunakan untuk kamu yang memiliki kulit kering, berminyak, sensitif dan normal. Hal ini karena micellar water tidak mengandung bahan iritan, seperti alkohol, yang dapat mengiritasi kulit. Adanya kandungan gliserin pada micellar water juga bisa membantu kamu untuk meredakan iritasi serta peradangan pada kulit wajah.

Cara menggunakan micellar water untuk wajah dengan tepat yang harus kamu tahu

Memang, ada banyak cara untuk menggunakan micellar water yang sesuai dengan kebutuhan kamu, sebagai berikut:

  • Sebagai perawatan kulit rutin di pagi hari, tuangkan pembersih micellar secukupnya pada kapas lalu usapkan pada wajah hingga bersih. Lanjutkan dengan menggunakan pelembap.
  • Hapus riasan, gunakan kapas lalu tuangkan micellar water dan bersihkan semua riasan, terutama riasan mata.
  • Memperbaiki riasan, kamu mungkin menggunakan eyeliner yang salah dan ingin menghapusnya sedikit, tuangkan micellar water pada cotton bud dan bersihkan tanpa merusak seluruh riasan.

Perbedaan toner dan micellar water adalah memiliki fungsi utama yang berbeda, sehingga tidak disarankan untuk digunakan secara bersamaan.

Share artikel ini
Reference