manfaat tertawa

Girls in stylish street clothes sincerely laugh at each other’s jokes. Girlfriends happily pose for common photo in studio

Kamu pasti sering tertawa saat menonton film lucu, hal menghibur atau ketika sedang bahagia. Ternyata, tertawa juga memiliki banyak manfaat tidak terduga. Manfaat tertawa sendiri baik untuk kesehatan tubuh, kesehatan mental sampai kulit. Berikut beberapa manfaatnya:

Manfaat tertawa untuk tubuh

Ternyata, tertawa juga memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, yakni:

1. Mencegah penyakit jantung

Tertawa dinilai dapat membantu mencegah penyakit jantung. Bahkan, pada beberapa penelitian juga membuktikan bahwa tertawa dapat memberikan efek positif untuk jantung dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung sampai 40 persen.

Bukan hanya itu, tertawa juga mampu meningkatkan aliran darah ke jantung serta membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah yang mana akan memberikan perlindungan pada risiko masalah kardiovaskular seperti serangan jantung.

2. Membantu menurunkan berat badan

Tidak sedikit orang menjadi lebih banyak makan ketika sedang stres, termasuk mengkonsumsi junk food sehingga berat badan menjadi bertambah. Namun, dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa tertawa dapat membantu mengendalikan keinginan makan berlebih dan membantu dalam manajemen berat badan.

Pasalnya, ketika tertawa, tubuh akan melepaskan serotonin yang merupakan zat kimia otak yang dapat menekan nafsu makan alami dan membuat tubuh menjadi kenyang.

3. Dapat menjadi pereda nyeri alami

Manfaat tertawa selanjutnya adalah dapat menjadi pereda nyeri alami. Tertawa sendiri dapat memicu pelepasan hormon endorfin yang dapat memunculkan perasaan senang. Selain itu, endorfin juga berguna sebagai penghilang rasa sakit alami sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada tubuh. Bahkan, tertawa juga dapat meringankan gangguan otot tertentu.

4. Membantu tidur lebih nyenyak

Tidak sedikit orang memiliki masalah tidur, termasuk sulit tidur. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami sulit tidur yang dapat menyebabkan insomnia dan memicu tekanan darah tinggi hingga masalah konsentrasi. Ternyata, tertawa dapat membantu tidur lebih nyenyak sekaligus mencegah insomnia dengan cara memicu pelepasan hormon yang dapat memicu tidur.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Orang yang lebih sering tertawa juga cenderung lebih sehat dan bahagia dibandingkan dengan mereka yang muram. Pasalnya, tertawa dapat membawa keceriaan dalam tubuh. Suasana hati juga lebih baik ketika kamu lebih banyak tertawa.

Selain itu, tertawa puas juga dapat membantu kerja organ tubuh menjadi lebih baik termasuk untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, tertawa juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan antibodi.

Manfaat tertawa untuk wajah

Selain bermanfaat untuk tubuh, ternyata tertawa juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit, yakni untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit.

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa tertawa memiliki manfaat kesehatan yang luas pada otak dan tubuh. Tertawa dapat bertindak sebagai agen anti-penuaan alami yang membantu kamu tampak lebih muda, dan juga membuat kamu tampak lebih bugar. Apalagi, tertawa juga baik untuk mental maupun fisik.

Tertawa dapat membantu meningkatkan aliran darah ke wajah dan juga mengurangi stres yang dapat mempengaruhi warna serta elastisitas kulit, dan menyebabkan kerutan. Bukan hanya itu, ini juga akan membantu kulit tampak lebih bercahaya secara alami.

Manfaat tertawa untuk mental

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tertawa dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat membuat bahagia. Tertawa juga baik untuk melemaskan otot, mengurangi ketegangan fisik sampai dengan stres. Bahkan, tertawa dapat membantu menjaga aliran darah tubuh yang normal sehingga dapat membuat kamu bukan hanya lebih energik namun juga merasa bahagia.

Tertawa juga dapat meningkatkan suplai oksigen ke otak dan berbagai organ tubuh lainnya sehingga dapat meningkatkan kinerja dan kemanjuran neurologis serta juga membantu tubuh untuk mengatasi stres dan depresi.

Cara mudah lebih banyak tertawa

Ternyata ada banyak manfaat tertawa yang baik untuk tubuh, kulit hingga mental. Lantas, bagaimana cara mudah untuk lebih banyak tertawa? Salah satu caranya adalah dengan melihat sesuatu yang lucu. Namun, bukan hanya itu, ada beberapa cara lain yang dapat membuat kamu lebih mudah tertawa, yakni:

  • Mulai dengan tersenyum
  • Bersikap lebih tenang ketika melihat banyak hal
  • Berkumpul atau bergaul dengan orang-orang yang menyenangkan
  • Luangkan waktu untuk diri sendiri
  • Menonton film, video, atau membaca konten lain yang berunsur komedi
Share artikel ini
Reference