menu sayur buka puasa
Gaya Hidup Hidup Sehat

10 Manfaat Mengonsumsi Menu Sayur Buka Puasa, Yuk Intip Menunya!

Putri Aprillia | April 1, 2022
Share

Saat berpuasa, tubuh kehilangan cairan lebih banyak dari biasanya ya, ladies. Salah satu cara untuk mengembalikan cairan dan kebugaran tubuh adalah mengonsumsi menu sayur buka puasa.

Kira-kira, jenis sayur apa yang bermanfaat untuk menu buka puasa? Yuk simak detailnya supaya kamu bisa mulai merencanakan jenis menu buka puasa apa saja yang akan dihidangkan untuk keluarga. Let’s check it out~

Menu sayur buka puasa

Bagi kamu yang sedang bingung jenis menu sayur buka puasa apa saja yang cocok untuk menu berbuka, kamu bisa contek beberapa menu di bawah ini yang sarat akan manfaat dan bisa menjaga kebugaran tubuh selama puasa, apa saja menunya?

Sup sayuran

Sup sayuran merupakan jenis menu untuk buka puasa yang paling mudah dibuat dan digemari. Dalam satu menu terdapat berbagai jenis sayur seperti kentang, wortel, kembang kol, tomat, daun bawang, kubis dan bisa ditambah dengan bahan pelengkap lainnya.

Menu ini sangat baik untuk buka puasa serta dapat dimakan siapa saja. Kandungan air dalam sup sayuran sangat tinggi dan mengganti cairan yang hilang dalam sehari. Potongan daging atau ayam bisa ditambahkan sebagai sumber protein hewani yang bermanfaat untuk menambah energi.

Sayur bayam bening

Sayur bayam bening cocok dijadikan menu buka puasa karena ringan, namun memiliki serat dan tinggi air. Zat ini sangat baik untuk mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan. Kuah beningnya baik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Sayur bayam bening bisa ditambahkan dengan jagung manis agar lebih segar dan bernutrisi sebagai menu sayur buka puasa.

Capcay kuah

Capcay kuah mudah dibuat dengan isian sayuran tinggi nutrisi. Menu buka puasa ini bisa kamu jadikan menu utama yang terdiri dari kubis, brokoli, sawi hijau, wortel, kembang kol dan sawi putih. Semua jenis sayuran ini baik dan mengandung mineral, serat dan vitamin yang membantu sistem imun tetap terjaga selama bulan puasa.

Sayur bening oyong

Menu sayur buka puasa selanjutnya ini sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Oyong memiliki manfaat seperti antioksidan, berbagai vitamin, kalium, magnesium, serta, mangan dan serat. Sayuran bening ini sangat menyegarkan dan sangat cocok dijadikan menu buka puasa.
Bagi kamu yang suka, tambahkan udang dna soun agar menu makanan ini lebih kaya akan nutrisi baik.

Macam macam sayur untuk buka puasa

Sayuran jenis apa yang cocok untuk buka puasa dan kandungan dalam sayuran bisa kamu ketahui dari ulasan berikut ini:

  • Bayam. Jenis sayuran ini bisa diolah untuk sayur bening. Mengandung vitamin C, A, dan K serta dapat mengganti cairan tubuh yang hilang saat berpuasa.
  • Brokoli. Bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, brokoli kaya akan vitamin C dan E serta membantu produksi kolagen sehingga membantu kulit tetap sehat dan cantik.
  • Oyong. Sayur oyong sangat mudah dibuat dengan kandungan mineral, Vitamin A, B5, B6, C serta magnesium, serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.
  • Wortel. Kandungan dalam wortel antara lain beta karoten, vitamin K1 dan B6, biotin, dan kalium yang membantu metabolisme lemak dan protein, memperbaiki kesehatan tulang dan baik untuk penglihatan.
  • Kentang. Kentang mengandung protein, kalori, serat, vitamin C, B6 dan kalium yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh selama puasa.

Berbagai jenis sayur lain seperti kol, kubis, sawi putih, sawi hijau bisa kamu kombinasikan dengan sayuran lain agar menjadi menu sayur buka puasa yang lezat dan nikmat untuk seluruh keluarga.

Kandungan gizi sayur untuk buka puasa

Menu sayur buka puasa mengandung banyak manfaat untuk dapat diserap oleh tubuh. Sayuran penuh dengan sumber penting dan nutrisi untuk dimanfaatkan selama berpuasa. Berikut ini adalah kandungan gizi dari sayuran:

  • Potassium
  • Asam folat
  • Serat makanan
  • Vitamin A
  • Vitamin E
  • Vitamin C
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Mineral

Jenis sayuran satu dengan yang lain bisa berbeda kandungan dan nutrisinya, namun semuanya tetap bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu sayuran juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga baik untuk kamu yang berpuasa selama sehari penuh.

Sayuran dapat diolah dengan direbus, kukus atau dibuat sup agar memaksimalkan kandungan gizi dan menambah cita rasa pada sayuran tersebut. Apa manfaat menu sayur buka puasa?

Manfaat makan sayur saat buka puasa

Selain mengganti cairan yang hilang selama berpuasa seharian, apa saja manfaat dari sayuran untuk tubuh selama berpuasa? Yuk simak manfaat seperti di bawah ini:

1. Membantu kenyang lebih lama

Kandungan serat tinggi dalam sayuran dapat berpengaruh pada stabilitas kondisi perut sehingga bisa membuat kenyang lebih lama.

2. Menjaga stamina tubuh

Memilih sayur dengan kandungan air yang tinggi dapat menjaga kadar gula dalam tubuh stabil dan membuat stamina tubuh yang berpuasa terjaga.

3. Membantu tubuh tetap terhidrasi

Makan banyak sayuran dengan kandungan serat dan air yang tinggi membantu tubuh tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan.

4. Menjaga kebugaran tubuh

Zat bermanfaat seperti mineral, vitamin dan serat membuat badan kamu tetap bugar sepanjang hari meski sedang berpuasa.

5. Baik untuk pencernaan

Serat dalam menu sayur buka puasa membantu pencernaan tetap stabil, apalagi pola makan di saat puasa berubah. Penting untuk menjaga pencernaan tetap baik agar tidak terjadi sembelit di kala puasa.

6. Berat badan stabil

Sayuran adalah makanan rendah lemak dan kalori yang sangat bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal. Bagi kamu yang hendak diet selama puasa, perbanyak makan sayur untuk menuju berat badan impian.

7. Meredakan stres

Secara alami, sayur dapat membantu meredakan stres dan memperbaiki suasana hati. Mengonsumsi sayur akan membuat kamu lebih sehat dan meredakan gejala depresi.

8. Membuat kulit sehat

Sayuran membantu kulit terlihat sehat, cerah, dan awet muda. Kandungan sayur seperti vitamin C, likopen dan antioksidan baik untuk kamu yang menginginkan kulit sehat dan cerah.

9. Menurunkan risiko kanker

Sayuran seperti kol, brokoli dan kembang kol mengandung indoles dan isothiocyanates yang dapat melindungi tubuh dari berbagai kanker seperti kanker kulit, payudara dan jenis kanker lainnya.

10. Cegah hipertensi

Sayuran hijau kaya akan nitrat dan nitrit yang baik untuk mencegah tekanan darah tinggi. Lemak tak jenuh dari sayuran bisa memberikan manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kamu.

Menu sayur buka puasa di atas sangat mudah diolah namun memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan keluarga selama berpuasa. Pilih jenis sayuran yang paling disukai dan kreasikan dengan bahan lain agar dapat membuat menu untuk buka puasa yang lezat dan nikmat. Selamat mencoba!

Reference
Share