cara merawat rambut keriting

Sudah coba berbagai cara merawat rambut keriting, tapi masih gagal terus? Mungkin produk dan alat perawatan rambut yang kamu gunakan masih kurang tepat. Mengurus rambut keriting memang bukan perkara mudah, diperlukan tenaga ekstra dan kehati-hatian agar rambut tetap sehat dan indah.

Pada dasarnya, rambut keriting memang cenderung lebih kering dibanding rambut lurus sehingga akan lebih sulit untuk dirawat. Orang dengan rambut keriting cenderung memiliki lebih banyak folikel oval atau asimetris, hal ini tentu saja disebabkan oleh genetik. 

Cara merawat rambut keriting agar tidak mengembang

cara menghilangkan kutu rambut

Cara merawat rambut keriting yang tepat terkadang membingungkan, karena bisa jadi kamu menemukan cara yang berhasil pada satu waktu namun tidak lagi mempan saat kamu mencobanya lagi di lain waktu. 

Karena rambut keriting membutuhkan perhatian khusus, kami mengumpulkan daftar tips cara merawat rambut keriting, yaitu:

1. Cuci rambut minimal seminggu sekali

Keramas menjadi bagian terpenting dari setiap rutinitas perawatan rambut, karena dapat memberikan kelembapan terbaik dan paling efektif. Serta menyiapkan rambut untuk menyerap produk perawatan selanjutnya secara efisien.

Sering Creambath Bikin Rambut Bagus? Ketahui 5 Manfaatnya

2. Sisir rambut sebelum keramas

Kamu bisa menyisir rambut dengan tangan atau sisir untuk menghilangkan kusut sebelum terkena air. Jika ingin lebih mudah dan cepat, kamu bisa mengaplikasikan semprotan anti rambut kusut sebelum keramas.

3. Gunakan sampo yang tepat

Banyak produk sampo yang berat dan tidak larut dalam air sehingga dapat menyebabkan penumpukan produk. Hal ini ditandai dengan rambut yang tidak berbusa saat keramas, sehingga kamu perlu membersihkan rambut lebih lama.

4. Pelajari porositas rambutmu

Porositas rambut menggambarkan kemampuan rambut dalam menyerap air. Ada tiga tingkat porositas – rendah, sedang, dan tinggi. Porositas yang lebih tinggi berjuang dengan mempertahankan kelembapan karena lipatan kutikula rambut tetap terbuka. 

Jadi, meskipun air dapat diserap, air tidak dapat dipertahankan sehingga rambut mudah kering. Rambut dengan porositas tinggi membutuhkan produk yang lebih berat seperti krim dan gel untuk mengunci kelembapan.

5. Gunakan pelindung rambut saat tidur

Melindungi rambut keriting saat tidur dapat membantu memastikan kerja keras kamu dalam merawat dan menata rambut tidak sia-sia. Kamu bisa menggunakan hair buff dari sutera atau satin. Ganti juga sarung bantal dengan sarung bantal satin atau sutra untuk perlindungan ekstra.

6. Jangan pakai kondisioner terlalu lama

Pemilik rambut keriting mungkin menganggap jika volume rambut mereka lebih banyak, dan untuk itu membutuhkan waktu lama untuk kondisioner. Namun, faktanya waktu yang ditentukan untuk kondisioner rambut sudah ditentukan dalam cara pakainya.

Ketahui 11 Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok di Bawah Ini!

Jika dalam cara pakai disebutkan untuk memakai kondisiner selama 15 menit, maka patuhi waktu tersebut dan jangan terlalu lama.

Jenis hair care dan sisir untuk rambut keriting

Memilih hair care dan sisir untuk rambut keriting juga tidak bisa sembarangan, kamu harus memperhatikan kandungan yang bisa bekerja dengan baik pada rambut. Bentuk sisir juga menentukan kesehatan rambut kamu loh!

Gunakan sikat/sisir gigi lebar

Kamu harus selalu menggunakan sisir bergigi lebar dan lembut saat menyisir rambut keriting, untuk mencegah rambut tercabut dan membuatnya kusut. Jika kondisi rambut sangat kusut, kamu bisa menggunakan jari terlebih dahulu untuk merapikannya.

Kandungan sampo dan kondisioner yang tepat

Cari sampo dan kondisioner yang dirancang khusus untuk rambut keriting. Secara umum, cari produk yang mengandung:

  • Minyak alami atau esensial seperti minyak kelapa, minyak jojoba, minyak bunga matahari, dan minyak alpukat
  • Lidah buaya
  • Keratin
  • Shea butter
  • Panthenol dan provitamin
  • Ekstrak tumbuhan

Gunakan masker untuk rambut keriting

Kamu bisa membuat masker rambut DIY dari bahan-bahan alami seperti madu, alpukat, dan minyak kelapa. Masker ini dimaksudkan untuk dikenakan pada rambut semalaman dan kemudian dicuci di pagi hari.

Vitamin untuk Rambut Lebih Sehat

Gunakan minyak untuk rambut keriting

Menambahkan beberapa minyak alami sebelum tidur dapat membantu mengatasi rambut kering dan mengembang. 

  • Minyak kelapa
  • Minyak zaitun
  • Minyak alpukat
  • Minyak jojoba
  • Minyak argan
  • Minyak jarak
  • Minyak biji anggur

Gunakan kondisioner tanpa bilas

Cobalah menyemprotkan sedikit kondisioner tanpa bilas yang mengandung keratin sebelum tidur. Ini dapat membantu memperkuat helai rambut yang rusak dan membuat rambut kamu lebih mudah ditata di pagi hari.

Vitamin rambut keriting

Ada beberapa vitamin yang bagus untuk merawat rambut keriting, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau memastikan kandungan vitamin ini ada dalam produk perawatan rambutmu. 

  • Zinc
  • B-Kompleks
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Asam Pantotenat (juga dikenal sebagai Vitamin B5)
  • bubuk kolagen
  • Sulfur
  • Black seed oil

Tidak perlu stress menghadapi rambut keriting yang susah diatur, hal utama yang perlu kamu perhatikan yaitu kelembabannya. Pilih produk yang paling melembabkan rambutmu, selebihnya kamu bisa terhindar dari rambut keriting mengembang dan susah diatur.

Share artikel ini
Reference