cara agar rambut cepat panjang

Rambut panjang dan sehat menjadi elemen fashion yang melengkapi penampilan seseorang. Ada berbagai cara agar rambut cepat panjang, tebal, dan sehat secara alami. Ketika kamu mencoba untuk memanjangkan dan menebalkannya tentunya akan memakan waktu yang cukup lama.

Penelitian menyebutkan bahwa, rambut akan tumbuh sekitar 6 inci per tahunnya. Namun, pertumbuhannya tergantung pada masing-masing orang, terkadang pertumbuhannya akan terasa lambat.

Cara agar rambut cepat panjang

Pada dasarnya rambut seseorang tumbuh 15 cm per tahun, tapi kamu bisa mempercepat pertumbuhannya dengan beberapa cara. Berikut cara-caranya:

1. Memangkas ujung rambut

Memangkas dengan rutin bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Hal ini memang terdengar sangat berlawanan. Namun jika rutin dilakukan, memang bisa membuatnya tumbuh lebih sehat. Apalagi jika ujungnya bercabang, kamu harus segera mengguntingnya agar rambut lebih sehat.

2. Hindari mengecat rambut

Cobalah tahan keinginan mewarnai rambut apalagi menggunakan krim bleaching yang kuat. Hal ini akan membuat rambut kamu menjadi sulit tumbuh. Terlebih penggunaan pewarna kimia cukup berbahaya untuk kesehatannya.

3. Menjaga minyak alami rambut

Menyisir sebelum tidur harus mulai kamu biasakan. Selelah apapun setelah beraktivitas, usahakan untuk menyisir sebelum tidur. Cara ini akan membuat rambutmu beristirahat dengan baik dan minyak alami terjaga.

4. Konsumsi makanan yang bernutrisi

Menjaga keindahan dan kesehatan rambut tidak hanya dilakukan dari luar saja, tetapi harus dari dalam juga. Kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan mengurangi makanan junk food.

5. Menggunakan vitamin rambut

Vitamin akan membuat rambutmu terasa lembap dan lebih sehat. Beberapa vitamin dengan kandungan tertentu juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Gunakan vitamin setelah selesai keramas, maksimal dua kali seminggu.

6. Menggunakan sampo secukupnya

Penggunaan sampo yang terlalu sering dikatakan tidak bagus untuk kesehatan rambut. Minyak alami yang diproduksi tubuh untuk rambut akan terbuang dan terbilas, sehingga tidak ternutrisi dengan baik.
Sebaiknya keramas 2 kali seminggu saja. Selain itu, jika kamu menginginkan rambut tebal dengan cepat gunakanlah sampo dengan label volumizing. Kamu juga bisa menggunakan sampo dengan bahan aktif minoxidil untuk mengurangi kerontokan.

7. Faktor genetik

Hal yang tidak bisa dihindari mengenai tipis atau tebalnya rambut adalah faktor genetik. Para peneliti mengatakan pertumbuhan yang sangat lambat dan kerontokan terjadi karena keturunan.

Faktor yang memengaruhi pertumbuhan rambut

Jika diperhatikan, beberapa orang mengalami pertumbuhan lebih cepat ketika baru memotongnya. Namun pada beberapa orang justru sebaliknya, pertumbuhan akan sangat lambat bahkan malah terlihat tidak pernah tumbuh kembali.

Faktor utama yang memengaruhi pertumbuhan adalah hormon yang ada di dalam tubuh. Hormon ini menentukan cepat atau lambatnya rambutmu akan tumbuh. Kemudian pola makan juga menjadi faktor lain, yang membuatnya tidak ternutrisi dengan baik dari dalam.

Selain itu, faktor internal seperti ras dan usia yang menjadi faktor genetik yang tidak bisa dihindari. Beberapa ras memiliki gen yang membuat rambut mereka tumbuh lebih cepat dari ras lainnya.

Cara menyuburkan rambut

Kamu bisa mulai menyuburkan rambut dengan perawatan yang mudah. Mengingat faktor gen sangat kuat dalam mempengaruhi karakter rambut, kamu bisa memperbaiki melalui perawatan. Berikut beberapa caranya:

Membersihkan kulit kepala dengan rutin

Kamu bisa mulai dari sumber tumbuhnya rambut, yaitu kulit kepala. Jika kulit kepala sehat maka rambut pun akan sehat. Hindari hal-hal yang menyebabkan kulit kepala menjadi tegang seperti stres berat dan selalu jaga kebersihan kulit kepala.

Konsumsi suplemen penumbuh rambut

Suplemen yang bisa berpengaruh untuk pertumbuhan adalah keratin dan biotin. Kamu bisa mengkonsumsi suplemen tambahan ini jika dirasa makanan yang dikonsumsi masih belum cukup.

Melindungi rambut dari kerusakan

Menjaga mahkota kamu merupakan salah satu perawatan yang harus kamu lakukan dengan baik. Seperti menghindari paparan sinar matahari dan polusi terlalu lama. Selain itu, rambut harus dijaga kelembapannya jangan sampai kering dan tidak terhidrasi dengan baik.

Membiarkannya beristirahat

Maksudnya menghindari perlakuan yang berlebih pada rambut. Mencatok atau menggunakan hair spray yang terlalu sering bisa memicunya menjadi kering. Sesekali kamu harus membuat jeda dengan membiarkan rambut tertata alami.

Shampo untuk memanjangkan rambut

Memanjangkan dengan cepat bisa kamu lakukan dengan mencampur bahan-bahan alami dan sampo. Bahan alami ini nantinya bisa kamu masukan ke sampo yang biasa dipakai. Bahan alami tersebut diantaranya;

1. Minyak atsiri

Minyak atsiri ini merupakan bahan alami minyak yang terkenal sangat bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa minyak atsiri yang bisa digunakan yaitu lavender, peppermint, rosmaru, dan tea tree.

2. Minyak zaitun dan minyak jarak

Minyak zaitun dan jarak sama terkenalnya dengan minyak atsiri. Jika kamu kesulitan menemukan minyak atsiri kamu bisa menggunakan minyak ini, sebagai bahan alami perawatan rambut.

3. Jus bawang bombai, lemon, dan lidah buaya

Jika minyak-minyakan sulit kamu temukan, maka bahan yang mudah didapat seperti bawang bombai, lemon, dan lidah buaya bisa kamu jadikan sebagai bahan perawatan. Manfaatnya tidak kalah dengan minyak-minyakan, loh. Rambut kamu akan tumbuh lebih cepat dan tidak mudah kering.

4. Cairan racikan

Cairan racikan ini bisa kamu buat dari air mawar, air beras, dan cuka sari apel. Bahan ini mudah kamu dapatkan dan pengaplikasiannya juga mudah. Karena tidak memiliki bau yang menyengat kamu bisa mengaplikasikannya dengan nyaman.

Rambut yang merupakan mahkota bagi seorang wanita memang harus dijaga dengan baik. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memanjangkan rambut dengan cepat dan merawatnya agar tetap sehat.

Share artikel ini
Reference