Mungkin terkadang kamu masih bingung tentang urutan hair care yang tepat, apakah hanya sampo dan conditioner saja sudah cukup? Untuk mendapatkan rambut sehat berkilau, kamu tentu harus memakai berbagai produk perawatan rambut, baik itu dari bahan alami maupun kimiawi.

Rambut berkilau menjadi indikasi rambut sehat yang diinginkan kebanyakan orang. Namun, hanya sedikit orang yang memiliki waktu atau pengetahuan tentang cara merawat rambut berkilau, halus, dan lembut saat disentuh. 

Urutan hair care yang benar untuk rambut sehat

bolehkah ibu hamil mewarnai rambut

Tidak hanya bintang iklan sampo yang bisa punya rambut sehat berkilau, kamu juga bisa loh! Berikut adalah urutan hair care yang bisa kamu ikuti untuk mendapat rambut indah:

  1. Sampo dan kondisioner

Pastikan kamu menggunakan sampo dan kondisioner yang cocok untuk jenis rambutmu. Entah itu jenis rambut tipis dan lurus, tebal dan keriting, keriting dan diwarnai, sampo dan kondisioner yang tepat dapat menonjolkan tekstur alami rambutmu.

  1. Masker rambut

Sisir rambut dengan jari-jari untuk mengaplikasikan masker rambut (hindari kulit kepala) dan biarkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas. Masker rambut bisa menggantikan peran kondisioner, kamu bisa menggunakan keduanya jika rambutmu benar-benar kering.

  1. Detangler rambut

Detangler dapat menghilangkan porositas rambut, juga akan membantu menghilangkan potensi kerusakan yang dapat terjadi saat menata rambut. Cukup aplikasikan dari tengah hingga ujung helai rambut, hindari area kulit kepala agar tidak terlihat berminyak.

Ketahui 11 Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok di Bawah Ini!

  1. Kondisioner tanpa bilas dan/atau minyak rambut 

Setelah memastikan setiap helai rambut bebas kusut, langkah terbaik adalah memulai dengan kondisioner tanpa bilas yang dapat menghidrasi. Cara ini juga akan melindungi helai rambut agar tidak kusut saat mengering.

  1. Mousse rambut

Cara ini digunakan hanya jika kamu menginginkan rambut lebih tebal dan bervolume. Untuk hasil terbaik, oleskan pompa volumizing mousse langsung ke akar rambut, remas-remas hingga menyerap sempurna. Pastikan untuk mengaplikasikan produk di akar dan bagian tengah rambut saja dan hindari ujungnya.

  1. Pelindung panas

Jika kamu berencana menggunakan alat panas apapun, seperti pengering rambut, alat pengeriting rambut, dan catok, penting untuk menggunakan produk pelindung panas terlebih dahulu untuk mencegah kerusakan akibat panas. 

Semprotkan produk ke seluruh rambut, lalu sisir dengan sisir bergigi rapat untuk memastikan produk merata dari akar ke ujung. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dengan menata rambut sesuai keinginan.

  1. Krim penata rambut atau minyak rambut

Masih langkah khusus untuk penataan rambut, selanjutnya kamu bisa menambahkan krim penata rambut atau minyak untuk memberikan kilau, menonjolkan tekstur rambut, dan menghilangkan rambut kusut yang tidak diinginkan. 

  • Texture spray

Terakhir, kamu bisa menggunakan texture spray untuk mengunci penampilan rambut. Produk ini bisa membuat grit atau kilap, jangan pernah menggunakan hairspray pada rambut basah karena dapat menyebabkan lengket dan menggumpal. 

Ladies, Ini Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Tetap Sehat

Jika dipakai berlebihan, maka akan merusak semua kerja keras perawatan rambut yang baru saja kamu lakukan! 

Jangan lakukan ini saat merawat rambut

Tanpa kamu sadari, ada banyak larangan yang harus dihindari untuk mendapatkan rambut sehat maksimal. Mungkin beberapa hal sudah kamu ketahui, simak selengkapnya:

  • Jangan menempelkan hair dryer ke rambut untuk membuatnya lebih cepat atau lebih lurus, karena hanya akan menyebabkan batang rambut mengembang dan lapisan luarnya melengkung sehingga terlihat kusut.
  • Jangan menggosok rambut terlalu keras untuk mengeringkannya. 
  • Jangan menyemprotkan parfum ke rambut, karena mengandung bahan kimia yang akan membuat kering dan mengubah warnanya.
  • Jangan menyisir rambut secara berlebihan, menyisir terlalu sering dapat menyebarkan sebum di sepanjang rambut, membuatnya tampak berminyak.
  • Jangan mengandalkan produk penataan rambut seperti hairspray dan gel rambut untuk membuat rambut terlihat bagus.
  • Jangan gunakan sisir logam, karena menyebabkan kutikula rambut rusak.
  • Jangan melakukan bahan kimia secara berlebihan. Proses pewarnaan, pelurusan, dan pemutihan semuanya akan melemahkan rambut.
  • Jangan gunakan produk berbasis silikon seperti sampo dan kondisioner two-in-one karena dapat meninggalkan residu pada batang rambut yang akan membuat rambut tampak kusam.
  • Jangan menyisir rambut ke belakang, karena meningkatkan gesekan pada rambut, semakin sedikit gesekan yang dialami rambut maka semakin baik – itu akan membuatnya lebih lembut dan lebih mudah ditangani.

Merawat rambut memang butuh kesabaran dan perhatian penuh. Tapi jika kamu melakukannya dengan baik, rambut sehat berkilau akan menjadi milikmu!

Share artikel ini
Reference