cara merawat rambut smoothing

Cara merawat rambut smoothing sebenarnya cukup mudah, asalkan dilakukan dengan teratur dan penuh perhatian. Rambut yang telah melalui proses smoothing akan terasa halus, mudah diatur, bahkan terlihat berkilau. 

Namun paparan bahan kimia saat smoothing bisa merusak rambut dan membuat teksturnya berubah, inilah yang ditakuti para wanita. Tapi tenang saja, karena kamu masih bisa mencegah kerusakan itu dengan melakukan perawatan maksimal setelah smoothing!

7 cara merawat rambut smoothing

cara agar rambut cepat panjang

Berikut adalah beberapa tips perawatan rambut yang membantu mempertahankan hasil smoothing agar lebih tahan lama:

1. Jangan langsung keramas

Setidaknya selama tiga hari setelah smoothing rambut, kamu disarankan untuk tidak keramas. Hal ini dapat mengurangi dampak dari bahan kimia pada produk smoothing.

2. Hindari sampo dengan sulfat

Setelah beberapa hari dan kamu memutuskan untuk keramas, pastikan untuk menggunakan sampo bebas sulfat. Sampo dengan sulfat bisa sangat keras untuk rambut yang dirawat secara kimiawi. 

3. Tetap hidrasi rambut

Keramas rambut setelah smoothing dapat menghilangkan minyak alaminya, jadi penting untuk menjaga kelembapan rambut. Gunakan masker rambut yang menutrisi untuk mempertahankan kelembapan dan menambahkan lapisan kilauannya. 

4. Tingkatkan frekuensi potong rambut

Tahukah kamu bahwa rambut lurus mungkin paling rentan terhadap rambut bercabang? Pastikan kamu tidak lupa memangkasnya setiap empat hingga enam minggu untuk memotong ujung bercabang dan menjaganya tetap sehat.

5. Hindari alat pemanas apapun

Kamu juga disarankan untuk menghindari alat pemanas atau produk yang membuat rambut panas. Hal ini akan mengacaukan perawatan rambut smoothing, sebaiknya hindari selama mungkin. Keramas dengan air panas juga termasuk dalam larangan ini.

7 Vitamin Penting untuk Rambut Lebih Sehat

6. Beri hair oil

Setelah seminggu pertama, bahan kimia pada produk smoothing akan memberikan efek penuh pada rambut, pertimbangkan untuk mengaplikasikan minyak rambut atau hair oil pada saat ini. Cara ini sangat bagus untuk menjaga kelembapan rambut setelah smoothing. 

7. Gunakan produk yang aman

Jangan membuat kesalahan dengan menggunakan produk rambut yang sama dengan yang kamu gunakan sebelum smoothing. Kamu memerlukan produk berbeda yang diformulasikan khusus untuk rambut yang diluruskan secara kimiawi (smoothing).

Produk untuk rambut smoothing tahan lama

Merawat rambut smoothing tidak hanya membutuhkan sampo dan menghindari catok atau pengering rambut saja, kamu juga memerlukan beberapa produk lain untuk mendapa hasil maksimal. Berikut produk yang mungkin kamu butuhkan.

1. Smoothing serum

Pilih produk serum rambut yang bisa menutrisi rambut hingga akar dan memberikan proteksi rambut dari suhu panas yang merusak. Kamu bisa memilih serum rambut yang mengandung bahan utama alami seperti alpukat.

2. Sampo dengan keratin

Sudah menjadi rahasia umum bahwa keratin adalah salah satu kunci utama dari kesehatan rambut. Keratin mampu mempertahankan rambut smoothing hingga satu minggu lamanya.

Sering Creambath Bikin Rambut Bagus? Ketahui 5 Manfaatnya

3. Sampo dengan argan oil

Argan oil pada sampo mampu mempertahankan kelembutan rambut smoothing, juga melindungi rambut dari kerusakan yang mungkin terjadi.

4. Spray rambut

Jangan salah, yang dimaksud spray rambut bukanlah cairan untuk mengeraskan rambut dengan tujuan styling. Tapi spray dengan kandungan nutrisi yang dapat mempertahankan smoothing dan memberikan volume pada rambut.

5. Sisir anti kusut

Kamu tidak bisa menyamakan sisir biasa dengan sisir khusus perawatan rambut smoothing. Akan lebih baik jika kamu memilih sisir berbentuk sikat dengan kualitas terbaik untuk menjaga keindahan rambut.

Bolehkah kuncir rambut setelah smoothing

Kamu tidak disarankan untuk kuncir rambut setelah smoothing, karena hal ini akan merusak tekstur rambut yang semula telah diluruskan. Jika kamu sangat perlu untuk mengikat rambut, sebaiknya gunakan jepit atau scrunchies yang tidak terlalu mencekik rambut.

Membiarkan rambut terurai dapat membuat rambut indah tetap terjaga setelah smoothing. Bahkan tanpa smoothing pun, bentuk rambut akan mudah berubah jika dikuncir terlalu kuat atau terlalu sering. Jadi, mengurai rambut setelah smoothing adalah langkah utama yang paling tepat untuk mempertahankan tekstur lembutnya.

Merawat rambut smoothing memang memerlukan perhatian ekstra, kamu juga perlu teliti dalam memilih produk seperti sampo dan vitamin rambut. Pastikan kamu mengikuti semua tipsnya agar rambut tetap sehat berkilau.

Share artikel ini
Reference