minuman isotonik

Asian young woman drink lemonade soda at the outdoors cafe and smiles

Minuman isotonik cukup akrab di telinga kita, terutama pada kamu yang sering berolahraga. Jenis minuman ini sangat populer di kalangan pelari dan atlet. Namun, apa itu minuman isotonik dan efeknya pada tubuh?

Jika kamu penasaran, berikut ini Yoona paparkan fakta seputar minuman isotonik.

Apa itu minuman isotonik?

Minuman olahraga terbagi dalam 3 klasifikasi, yaitu: isotonik, hipotonik dan hipertonik, tergantung pada jumlah karbohidrat yang dikandungnya. Cairan isotonik memiliki enam sampai delapan persen karbohidrat, termasuk glukosa.

Minuman isotonik memiliki osmolalitas (konsentrasi suatu larutan) 280 hingga 330 mOsm/kg, ukuran jumlah partikel karbohidrat, elektrolit, pemanis, dan pengawet dalam cairan. Peringkat osmolalitas minuman isotonik paling mendekati keseimbangan cairan alami tubuh, yang merupakan salah satu alasan mengapa minuman ini sangat populer di kalangan pelari dan atlet lainnya.

Kandungan minuman isotonik

Berikut ini beberapa kandungan yang lazim ditemukan dalam minuman isotonik.

Elektrolit

Elektrolit adalah mineral penting yang membantu menjaga keseimbangan asam-basa dalam sel tubuh kamu dari natrium, kalium, kalsium, magnesium, klorida, bikarbonat, fosfat dan sulfat.

Sebuah studi dari Belanda, yang diterbitkan pada tahun 1998, membandingkan efek dari minuman ringan berkafein, air mineral rendah sodium dan larutan karbohidrat-elektrolit isotonik pada pengendara sepeda elit. Subyek yang diberi minuman isotonik menahan lebih banyak natrium, magnesium dan kalsium dalam tubuh mereka — cukup untuk mengkompensasi kehilangan urin dan keringat.

Glukosa

Karbohidrat glikogen, yang diubah menjadi glukosa dan disimpan di hati/otot, membutuhkan lebih sedikit oksigen untuk dibakar daripada protein atau lemak. Pada atlet pria misalnya, hati menyimpan 90 g glikogen dan otot menyimpan 400 g. Selama latihan keras, simpanan karbohidrat dapat terkuras dengan kecepatan tiga sampai empat gram per menit, yang hampir dapat menghabiskan persediaan tersebut dalam latihan yang dilakukan selama dua jam atau lebih.

Biasanya akan memakan waktu 24 hingga 48 jam bagi tubuh untuk mengisi kembali persediaan tersebut secara alami, tetapi minuman isotonik dapat mengembalikan keseimbangan glikogen ke tubuh jauh lebih cepat.

Hidrasi

Tampaknya logis untuk mengonsumsi air selama berolahraga saat kamu berkeringat, tetapi air dapat menyebabkan kembung — dan air tidak mengandung karbohidrat atau elektrolit. Semakin tinggi kadar karbohidrat dalam minuman, semakin lambat laju pengosongan lambung. Minuman isotonik mengosongkan lambung dengan kecepatan yang mirip dengan air, mengurangi keluaran urin dan mendorong retensi cairan untuk mencegah dehidrasi.

Vitamin

Vitamin B6 membantu mengurangi kelelahan, vitamin B1, B2, B6 berkontribusi pada metabolisme energi selama berolahraga. Selain itu, juga memiliki sifat antioksidan dan minuman ISO kami mengandung vitamin C dan E.

Cara kerja kandungan isotonik

Komponen utama minuman isoonik — air, karbohidrat, dan elektrolit — masing-masing penting untuk berbagai aspek kinerja olahraga. Air dan elektrolit hilang melalui keringat, dan penting untuk menggantinya, terutama selama latihan jangka panjang.

Tubuhmu menyimpan karbohidrat di otot dan hati dan mempunyai nama glikogen, yang berguna untuk bahan bakar selama berolahraga. Mengkonsumsi karbohidrat sebelum atau selama berolahraga dapat membantu memperlambat seberapa cepat tubuh kehabisan simpanan karbohidratnya sendiri.

Minuman olahraga dirancang untuk menyediakan tiga bahan penting ini dengan tujuan meningkatkan kinerja atau pemulihan olahraga. Banyak penelitian telah meneliti efek minuman isotonik pada kinerja olahraga, dan banyak dari penelitian ini terjadi pada atlet.

Manfaat minuman isotonik

Ada alasan mengapa minuman ini menjadi kegemaran para atlet yang terlihat dari beberapa manfaatnya:

1. Sumber glukosa yang bagus

Minuman isotonik paling baik untuk atlet karena mereka juga menawarkan sejumlah karbohidrat glikogen, yang berubah menjadi glukosa dan akhirnya disimpan di otot. Minuman ini membuat mereka lebih mudah membentuk otot.

2. Meningkatkan hidrasi

Sudah wajar jika kita ingin banyak minum setelah berolahraga, tapi kebanyakan minum air putih bisa membuat kembung. Ini efektif dalam meningkatkan hidrasi untuk waktu yang lebih lama dan memberi tubuhmu karbohidrat dan elektrolit untuk memperlambat pengosongan lambung, serta menghilangkan keinginan untuk buang air kecil.

Apakah minuman isotonik aman untuk dikonsumsi?

Minuman isotonik sangat populer di kalangan atlet dan olahragawan, tetapi masih diperdebatkan apakah mereka lebih baik daripada air biasa. Komponen utama minuman ini adalah air, karbohidrat, dan elektrolit.

Penelitian mendukung manfaatnya pada atlet dan mereka yang melakukan latihan panjang atau intens. Jumlah yang disarankan bervariasi berdasarkan jenis latihan. Namun, sebagian besar individu aktif dalam populasi umum tidak berolahraga cukup intens atau cukup lama untuk membutuhkan minuman olahraga.

Selain itu, banyak pilihan untuk dapat menghidrasi tubuh sama efektifnya dengan minuman isotonik, termasuk air putih. Jika kamu memilih untuk menggunakan minuman olahraga, perhatikan kandungan kalorinya. Secara keseluruhan, minuman olahraga dapat bermanfaat bagi individu dan atlet yang sangat aktif, tetapi tidak diperlukan bagi kebanyakan orang.

Tips mengonsumsi minuman isotonik

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan apakah minuman olahraga dapat bermanfaat bagimu.

1. Jenis dan intensitas latihan

Pertama, pertimbangkan kebiasaan olahragamu, serta durasi dan intensitas latihan. Meski minuman olahraga dapat bermanfaat bagi atlet yang terlibat dalam sesi latihan yang panjang atau intens, minuman tersebut mungkin tidak diperlukan bagi sebagian besar pengunjung gym yang hanya berolahraga rutin.

Jika kamu melakukan olahraga ringan hingga sedang, seperti jalan kaki atau jogging, kurang dari 1 jam, kamu mungkin tidak perlu menggunakan minuman olahraga.

2. Isotonik dapat memengaruhi berat badan

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu perlu membakar lebih banyak kalori dalam sehari daripada yang kamu konsumsi. Nah, minuman isotonik tidak diperlukan untuk jenis olahraga yang kamu lakukan, karena mengonsumsinya memberimu kalori yang tidak perlu yang dapat menghambat tujuan penurunan berat badanmu.

Meskipun minuman isotonik dapat meningkatkan kinerja atlet selama beberapa jenis latihan, minuman tersebut mungkin tidak diperlukan bagi kebanyakan orang. Jika kamu memilih untuk meminumnya, penting untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Share artikel ini
Reference