Susu penyubur kandungan
Kehamilan Perencanaan

Efektifkah Susu Penyubur Kandungan? Simak Nutrisinya di Sini!

Putri Aprillia | Maret 19, 2022
Share

Pasangan yang sedang menjalani program hamil terkadang mengomsumsi produk untuk meningkatkan kesuburan. Produk yang diklaim meningkatkan kesuburan saat ini tersedia dalam berbagai bentuk baik itu makanan atau minuman, salah satunya adalah produk susu.

Susu penyubur kandungan banyak digunakan sebagai minuman yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan lebih tinggi. Apakah wanita perlu mengonsumsi produk susu ini? Simak penjelasan nutrisinya yuk ladies.

Apa itu susu penyubur kandungan?

Susu penyubur kandungan adalah susu program hamil yang diklaim sebagai salah satu cara agar kandungan menjadi lebih subur dan meningkatkan peluang kehamilan lebih besar. Susu tinggi lemak atau full fat dipercaya sebagai salah satu susu yang dapat meningkatkan kesuburan wanita.

Penelitian dari Harvard School of Public Health yang melakukan kolaborasi dengan Brigham and Women Hospital menemukan bahwa susu rendah lemak dapat berpengaruh pada penurunan kesuburan wanita. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi susu rendah lemak per hari memiliki risiko sebanyak 85% mengalami ketidaksuburan.

Sebaliknya, kandungan lemak yang tinggi dari susu dapat meningkatkan hormon estrogen, sehingga membuat insulin-like growth factor (IGF-1) menjadi rendah. Hal ini membuat peluang ovulasi menjadi lebih tinggi sehingga peluang kehamilan semakin besar.

Zat yang terkandung dalam susu penyubur kandungan

Academy of Nutrition and Dietetics menganjurkan ibu untuk mengonsumsi susu dengan kaya lemak dan bukan produk susu rendah lemak. Nutrisi penting yang harus terdapat dalam produk susu yang dikonsumsi untuk meningkatkan peluang kehamilan antara lain:

  • Protein. Kandungan protein sangat penting dalam produk susu yang dikonsumsi karena dapat membantu pembentukan hormone.
  • Karbohidrat. Karbohidrat dalam susu olahan dapat membantu meningkatkan kesuburan. Serat di dalamnya juga membantu menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh.
  • Vitamin B6. Vitamin B6 dapat membantu produksi hormon reproduksi pada wanita. Vitamin ini selain dari suplemen juga bisa didapat dari susu promil yang membantu peluang kehamilan lebih besar.
  • Vitamin B12. Vitamin B12 baik untuk persiapan tubuh menghadapi kehamilan sangat penting dikonsumsi sehingga calon ibu dapat memilih produk susu dengan nutrisi ini.
  • Lemak. Susu yang tinggi lemak dapat lebih meningkatkan kesuburan wanita daripada mengonsumsi susu yang rendah lemak. Lemak dapat merangsang dan menjaga sistem reproduksi, khususnya ovarium sehingga calon ibu dapat mengonsumsi susu yang kaya akan lemak.
  • Vitamin D. Bagi calon ibu yang sedang promil, produk susu yang mengandung vitamin D sangat baik dan meningkatkan peluang kehamilan lebih besar.
  • Kalsium. Calon ibu yang sedang merencanakan program hamil dapat memilih susu dengan kandungan kalsium sehingga mengubah ph dalam saluran reproduksi wanita menjadi basa. Kondisi ini dapat memudahkan sperma melaju lebih cepat menuju sel telur sehingga mempercepat pembuahan.

Bagaimana dampak susu promil untuk kesuburan kandungan?

Benarkah mengonsumsi susu dapat menyuburkan kandungan?

Susu penyubur kandungan diklaim mampu digunakan sebagai produk penyubur kandungan karena nutrisi yang terdapat di dalamnya. Susu promil dapat memberikan asupan dan nutrisi sehingga mempengaruhi kesehatan tubuh secara umum seperti:

  • Kondisi genetik
  • Berat badan
  • Pola hidup
  • Riwayat penyakit

Susu promil bisa membantu kesiapan calon ibu untuk dapat meningkatkan peluang kehamilan, namun apabila sudah mengonsumsi secara rutin namun belum kunjung mendapat kehamilan, maka bisa berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kandungan.

Manfaat susu penyubur kandungan

Manfaat dari susu penyubur untuk kandungan adalah dapat memperbesar peluang kehamilan bagi pasangan yang sedang merencanakan program hamil. Namun ada beberapa manfaat yang bisa diketahui sehingga dapat memilih susu promil yang terbaik seperti:

  • Susu memenuhi kebutuhan harian dan nutrisi yang sesuai agar rahim dapat menerima implantasi seperti zat besi, asam folat, kalsium, dan zat lain yang bermanfaat untuk tubuh.
  • Susu dapat memberikan manfaat dari masing-masing nutrisinya yang bermanfaat untuk kesehatan seluruh tubuh.

Selain manfaatnya, ketahui juga tips dalam memilih susu promil terbaik sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan lebih besar.

Tips memilih susu penyubur kandungan

Dalam memilih susu, ada beberapa pilihan susu dengan kandungan yang baik untuk

  • Konsumsi susu segar. Susu segar atau pasteurisasi merupakan pilihan tepat bagi pasangan yang ingin merencanakan kehamilan. Konsumsi dengan suhu yang tidak terlalu tinggi. Susu yang segar bertujuan untuk memastikan susu mengandung nutrisi dan enzim yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Susu beras. Jenis susu besar sangat baik untuk promil karena mengandung kalsium, vitamin, antioksidan serta rendah protein.
  • Susu almond. Susu ini sangat baik dikonsumsi untuk merencanakan kehamilan karena mengandung nutrisi seperti folat, serat, kalsium, vitamin, protein dan besi.
  • Alternatif susu kambing. Alternatif lain dari susu sapi ini mempunyai asam lemak lebih tinggi sekitar 35% daripada sapi yang hanya mengandung 17% lemak sehingga cocok untuk mereka yang mereka alergi dengan laktosa.
  • Susu gandum. Kandungan serat tinggi dalam susu gandum baik untuk ibu hamil, oat milk mengandung Vitamin A, B dan mineral yang penting untuk nutrisi selama hamil.

Selain pilihan susu dan nutrisi yang terkandung didalamnya, ada beberapa tips memilih susu penyubur kandungan yang bisa kamu terapkan, yaitu:

  • Perhatikan nutrisi dalam susu promil yang sesuai dengan tujuan kesehatan sehingga tidak berdampak buruk untuk kesehatan.
  • Waktu melakukan hubungan seksual dilakukan dengan rutin 2-3 kali tanpa alat kontrasepsi.
  • Pahami kalender masa subur dan atur hubungan seksual sesering mungkin saat masa subur berlangsung.
  • Menjalani pola hidup sehat untuk kamu dan pasangan sehingga dapat mempersiapkan kehamilan dengan baik. Tidak begang dan jalani pola tidur yang teratur.

Susu penyubur kandungan bisa membantu untuk meningkatkan peluang kehamilan menjadi lebih besar. Meskipun belum terbukti langsung dan kehamilan dapat terjadi karena beberapa faktor, minum susu promil dengan kandungan dan nutrisi lengkap dapat membantu meningkatkan kesiapan calon ibu untuk menyambut kehamilan.

Reference
Share