makanan penyubur kandungan
Seks & Relationship

Penyubur Kandungan: 10 Makanan yang Harus Kamu Perhatikan

dr. Wisniaty Condro | Oktober 13, 2021
Share

Setelah beberapa bulan menikah, beberapa pasangan akan merencanakan kehamilan mereka. Ada wanita yang cepat hamil tetapi ada juga yang tidak kunjung berbadan dua. Apabila kamu sulit hamil, mulailah mengkonsumsi makanan penyubur kandungan.

Disamping itu, bukan hanya makanan dengan nutrisi baik saja yang dapat meningkatkan kesuburan melainkan juga suplemen penyubur kandungan.

Pengertian penyubur kandungan

Penyubur kandungan adalah makanan atau obat yang dapat membantu mempercepat kehamilan. Obat ataupun makanan penyubur kandungan dikonsumsi oleh wanita yang sulit hamil atau memiliki masalah kesuburan.

Berdasarkan survei nasional yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention, ketidaksuburan mempengaruhi sekitar 9% wanita menikah di usia reproduktif.

Tim peneliti Harvard pada tahun 2007 dengan studi mereka terkait “Fertility Diet” menemukan bahwa dengan mengikuti diet kesuburan, wanita dengan infertilitas ovulasi memiliki risiko infertilitas ovulasi 66% lebih rendah.

Terlebih lagi, penelitiannya juga mengungkap terjadi penurunan risiko infertilitas sebesar 27% dari penyebab lain daripada wanita yang tidak mengikuti diet dengan cermat.

Nah, karena kita tidak bisa mengontrol semua penyebab ketidaksuburan, kamu bisa mulai dengan mengontrol asupan makanan penyubur kandungan.

Makanan penyubur kandungan

Terdapat beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesuburan, namun ada juga makanan yang sebaiknya kamu hindari karena dapat mengurangi peluang kehamilan. Berikut beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesuburan:

1. Susu

Susu dan produk olahannya, seperti yogurt dan keju memiliki manfaat tidak hanya untuk tulang, tapi juga kesehatan reproduksi. Susu mengandung kalsium, vitamin D, dan protein.

2. Protein nabati dan hewani tanpa lemak

Kalkun, ayam, dan daging sapi dikatakan kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan kesuburan kandungan wanita.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa wanita yang meningkatkan asupan zat besinya selama periode prakonsepsi memiliki tingkat kesuburan yang lebih tinggi daripada wanita yang kekurangan zat besi.

Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa konsumsi protein secara berlebih malah dapat menurunkan kesuburan seseorang. Oleh karena itu, cukup konsumsi protein secukupnya dan variasikan protein antara hewani dengan nabati.

Kamu bisa mengkonsumsi dada ayam, ikan, susu, telur, kacang, tahu, dan quinoa.

3. Ikan

Konsumsilah ikan yang kaya akan protein dan omega-3 seperti salmon, sarden, dan haring. Hindarilah ikan yang tinggi merkuri seperti makarel, tuna, dan hiu.

Kalau kamu tidak suka ikan, kamu dapat mengkonsumsi kacang almond, kenari, dan telur yang kaya dengan omega dan DHA.

4. Karbohidrat kompleks

Untuk meningkatkan kesuburan kandungan, kamu dapat mengonsumsi karbohidrat tidak hanya dari roti, nasi putih, dan sereal, melainkan juga dari biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan.

5. Makanan yang mengandung zinc

Kalau kamu menanti-nantikan kehamilan maka konsumsilah makanan yang mengandung zinc agar siklus menstruasi dan produksi sel telur berkualitas.

Sumber zinc dapat kamu temukan pada tiram, daging sapi dan ayam, susu, kacang-kacangan, telur, biji-bijian, dan kurma.

6. Buah berry

Kalau kamu adalah pecinta buah berry seperti raspberry, blueberry, dan strawberry maka buah ini adalah makanan yang tepat untuk membantu menyuburkan kandungan. Makanan penyubur kandungan yang satu ini ternyata kaya akan antioksidan ‘lho.

7. Lemak tak jenuh

Bagaimanapun tubuh tetap membutuhkan lemak, tapi konsumsilah lemak tak jenuh yang sehat. Kamu dapat menemukan lemak tidak jenuh yang sehat pada buah alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak canola, dan minyak biji rami.

8. Makanan kaya asam folat

Folat adalah vitamin B yang dapat membantu mencegah cacat tabung saraf, kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang. Sehari sebelum pembuahan dan selama kehamilan, kamu membutuhkan 400-1.000 mikrogram folat atau asam folat.

Kamu dapat menemukan asam folat pada sereal, buah jeruk, kacang kering dan kacang polong, serta sayuran hijau seperti bayam dan asparagus.

9. Kalsium

Selain penting untuk tulang dan gigi, kalsium juga membantu sistem peredaran darah, otot, dan saraf agar berjalan. Dalam sehari, kamu membutuhkan 1.000 miligram kalsium. Sedangkan untuk remaja yang hamil membutuhkan 1.300 miligram kalsium sehari.

Sumber kalsium tidak hanya terdapat pada produk susu seperti keju dan yogurt melainkan juga brokoli, kangkung, bayam, dan salmon.

10. Vitamin D

Seperti kalsium, vitamin D membantu membangun tulang dan gigi. Dalam sehari kamu membutuhkan 0.015 miligram vitamin D. Kamu dapat menemukan vitamin D dari ikan seperti salmon, susu, jus jeruk, dan telur.

Tidak hanya 10 makanan di atas yang perlu kamu konsumsi melainkan juga makanan mengandung zat besi, kalsium, dan vitamin D. Intinya, makanlah makanan bergizi dan seimbang. Lakukan diet kesuburan dan hindari mengkonsumsi junk food dan fast food.

Produk kesehatan penyubur kandungan lain

Sebagai asupan tambahan selain makan makanan yang sehat, konsumsilah vitamin prenatal setiap hari. Idealnya, suplemen kesuburan dikonsumsi tiga bulan sebelum pembuahan.

Lalu, suplemen dengan kandungan seperti apa yang dapat membantu menyuburkan kandungan?

Suplemen yang dapat membantu menyuburkan kandungan

Semua wanita yang akan hamil dan ingin menyuburkan kandungan harus mengkonsumsi suplemen atau vitamin harian yang mengandung tidak hanya asam folat melainkan juga zat besi.

Biasanya, baik asam folat maupun zat besi tidak dikemas dalam satu suplemen melainkan dipisah. Bila kamu ingin mengkonsumsi suplemen kehamilan, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter agar kamu mendapatkan suplemen yang tepat.

Obat penyubur kandungan

Ketika merencanakan kehamilan dengan berkonsultasi pada dokter, kamu akan diberi resep obat penyubur kandungan yang sesuai dengan kondisi.

Biasanya obat penyubur kandungan diperlukan oleh wanita yang memiliki masalah ovulasi, sindrom ovarium polikistik, gangguan makan dan berat badan, masalah tiroid, hormon prolaktin terlalu berlebihan, ataupun tidak seimbangnya kadar hormon lain.

Cara kerja obat penyubur kandungan tentu berbeda-beda. Ada yang bekerja dengan cara membantu tubuh melakukan ovulasi, merangsang indung telur untuk memproduksi sel telur, serta meningkatkan dan menyeimbangkan kadar hormon.

Lantas, apa saja obat penyubur kandungan yang biasanya diresepkan oleh dokter?

Clomiphene citrate

Obat ini berperan untuk memacu ovarium melepaskan telur dan merangsang sel telur agar cepat matang. Dengan mengkonsumsi obat ini, kamu akan lebih cepat berovulasi

Metformin hydrochloride

Kalau kamu mengalami sindrom ovarium polikistik, maka kemungkinan kamu akan menerima obat yang mampu menurunkan kadar testosteron ini.

Bromocriptine

Bekerja dengan cara merangsang otak, bromocriptine akan mengendalikan produksi hormon prolaktin dalam tubuh. Hormon inilah yang membuat kamu sulit hamil.

Gonadotrophins

Diberikan dengan cara disuntik, obat penyubur ini akan mempercepat kematangan sel telur.
Meskipun obat-obat di atas dapat membantu kehamilan, ternyata obat penyubur kandungan juga memiliki efek samping seperti masalah penglihatan, emosi yang berubah-ubah, kehamilan prematur, dan risiko keguguran.

Oleh karena itu, kamu harus benar-benar mengkonsultasikannya dengan dokter agar memperoleh obat yang benar dengan dosis yang tepat.

Reference
Share