cara meningkatkan kesuburan wanita

Perjalanan menjadi ibu bisa menjadi tantangan besar karena faktanya 15% orang mengalami masalah kesuburan. Makanya nih, kamu perlu mengetahui cara meningkatkan kesuburan wanita untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Sebenarnya, untuk meningkatkan peluang kehamilan, baik wanita maupun pria harus sama-sama memiliki tubuh yang sehat dan subur. Jadi, bukan hanya wanita yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kesuburan. Namun, di artikel ini, Yoona secara khusus membahas pada sisi wanita.

Penyebab peluang kehamilan rendah adalah adanya masalah kesuburan. Pada wanita, masalah kesuburan biasanya disebabkan oleh gangguan hormonal, seperti sindrom ovarium polikistik, hiperprolaktinemia dan masalah tiroid, kelainan rahim atau serviks, kerusakan atau penyumbatan tuba falopi, endometriosis, insufisiensi ovarium primer, hingga adhesi panggul.

Apakah kamu memiliki masalah kesuburan dan mau cepat hamil? Tenang, faktanya, memilih makanan yang dan memiliki gaya hidup yang baik bisa membantu meningkatkan kesuburan, lho. Yuk, ketahui cara meningkatkan kesuburan wanita secara alami!

Cara meningkatkan kesuburan wanita secara alami

Pilihan gaya hidup sehat dapat membantu kamu meningkatkan kesuburan. Cara meningkatkan kesuburan wanita secara alami yang bisa kamu terapkan di antaranya:

1. Kurangi asupan karbohidrat

Kamu mengidap PCOS? Jika ingin meningkatkan kesuburan, sebaiknya kurangi makanan karbohidrat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengatur jumlah asupan karbohidrat akan memberikan efek menguntungkan bagi penderita PCOS.

Diet rendah karbohidrat dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat, mengurangi kadar insulin, dan mendorong penurunan lemak, sekaligus membantu menstruasi menjadi teratur sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan.

2. Hindari olahraga berlebihan

Seperti yang kita tahu, melakukan olahraga rutin memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, tahukah kamu bahwa olahraga berlebihan justru bisa memengaruhi kesuburan wanita?

Terlalu banyak aktivitas fisik yang berat dapat menghambat ovulasi dan mengurangi produksi hormon progesteron. Jika kamu memiliki berat badan yang optimal dan memiliki keinginan untuk segera hamil, sebaiknya pertimbangkan untuk membatasi aktivitas fisik yang berat.

3. Jangan lupakan sarapan

Kamu sering melewatkan waktu sarapan? Mulai sekarang hentikan kebiasaan ini. Rutin sarapan dengan makanan yang bergizi dan sehat akan membantu wanita yang memiliki masalah kesuburan. Namun, tentunya jangan sarapan dengan kalori yang berlebihan.

Penelitian menemukan bahwa makan sarapan yang lebih besar dapat meningkatkan efek hormonal dari sindrom ovarium polikistik (PCOS), penyebab utama ketidaksuburan.

Bagi wanita dengan berat badan sedang dan memiliki masalah PCOS, makan lebih banyak saat sarapan dapat mengurangi kadar insulin hingga 8% dan kadar testosteron hingga 50%. Kalau kedua tersebut tinggi, maka dapat menyebabkan infertilitas.

Alat Tes Kesuburan untuk Perencanaan Kehamilan Mendatang, Yuk Coba!

Apa saja buah untuk kesuburan wanita?

cara meningkatkan kesuburan wanita dengan buah

Banyak wanita tidak menyadari bahwa gaya hidup, stres, dan makanan memainkan peran penting dalam infertilitas atau ketidaksuburan. Kalau kamu ingin meningkatkan kesehatan reproduksi, kuncinya memilih makanan yang dapat menurunkan hormon stres dan meningkatkan aliran darah ke rahim. 

Salah satu cara meningkatkan kesuburan wanita secara alami, yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan yang baik untuk kesehatan reproduksi. Buah yang baik untuk kesuburan wanita meliputi:

1. Berry

Buah golongan berry, seperti blueberry dan raspberry terbukti kaya dengan antioksidan alami dan fitonutrien antiinflamasi yang dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita maupun pria. Pasalnya, berry kaya akan folat dan vitamin C yang dapat membantu perkembangan janin di kemudian hari. 

Buah beri juga merupakan sumber serat yang baik dan dapat membantu menurunkan berat badan (wanita dengan berat badan yang lebih sehat cenderung tidak terlalu sulit untuk hamil). Jika kamu sedang menjalani program hamil, usahakan untuk makan buah beri setidaknya satu cangkir sehari.

2. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat hebat bagi kesuburan. Buah dengan ciri khas berkulit hijau ini merupakan sumber vitamin E yang luar biasa. Dari alpukat, kamu juga bisa mendapatkan sumber folat yang baik.

Tak hanya itu, alpukat juga mengandung vitamin K yang membantu tubuh menyerap nutrisi secara efektif sekaligus menjaga keseimbangan hormon. Bahkan, buah ini juga tinggi potasium yang dapat mengontrol tekanan darah. 

Namun, perlu diketahui bahwa alpukat tidak terlalu rendah kalori karena terdiri dari sebagian besar lemak tak jenuh tunggal. Oleh karena itu, makan 1 buah alpukat sehari sudah cukup. 

3. Sitrus

Ragam jenis buah sitrus merupakan salah satu sumber terbaik vitamin C. Biasanya buah-buahan yang mengandung sitrus juga kaya akan potasium, kalsium dan folat.

Beberapa ahli berpendapat bahwa folat dapat membantu hamil dengan mengatur ovulasi dan menciptakan lingkungan yang sehat untuk sel telur. Jika ingin mendapatkan hasil yang optimal, kamu harus mengusahakan setidaknya makan 1 buah jeruk setiap hari.

Manfaat Buah Kiwi untuk Promil: Meningkatkan Kesuburan Pasangan

Itulah cara meningkatkan kesuburan wanita secara alami yang bisa kamu lakukan. Mudah sekali, bukan? Apabila menginginkan hasil yang optimal, kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter kandungan ya, Yoonies. Semoga artikel ini membantu!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference