Sakit gigi merupakan masalah umum yang dialami oleh banyak orang, termasuk ibu hamil.

Pada ibu hamil, perubahan hormon dan peningkatan aliran darah selama kehamilan dapat meningkatkan risiko masalah gigi, seperti sakit gigi.

Kabar baiknya, ada beragam cara mengatasi sakit gigi pad ibu hamil yang bisa dilakukan di rumah secara aman. Apa saja itu?

Cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil secara alami

sakit gigi saat hamil

Selama kehamilan, kamu mungkin sering melihat darah setelah berkumur usai menyikat gigi atau mengalami sakit gigi di waktu-waktu tertentu. Nyatanya, perubahan pada mulut selama kehamilan adalah kondisi normal. 

Bila kamu khawatir, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. Namun, beberapa dari ibu hamil mungkin ingin menunda jenis perawatan gigi tertentu sampai setelah bayi lahir.

Maka dari itu, ada beberapa cara yang aman untuk mengatasi sakit gigi pada ibu hamil secara alami. Ini cara-caranya!

1. Kumur dengan baking soda dan air

Mual dan muntah memang sering terjadi selama trimester pertama. Gejala ini pun bisa hilang dan kembali secara berkala. Untuk melindungi enamel gigi dari asam empedu dari perut, cobalah berkumur dengan air hangat dan baking soda. 

Cara ini mungkin akan meringankan rasa sakit gigi yang datang karena asam yang menempel di gusi yang sensitif. 

2. Berkumur pakai air garam

Berkumur dengan air garam dan air hangat dapat membantu mengobati sakit gigi pada ibu hamil. Air garam mengandung sifat antiseptik yang membantu membersihkan area sekitar gigi dan gusi, serta mengurangi peradangan yang mungkin terjadi. 

Caranya adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat, lalu berkumur selama 30 detik sebelum meludahkannya.

Selain itu, air hangat membantu meningkatkan aliran darah ke area gigi yang terkena sakit. Ini membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Namun, penting untuk memastikan bahwa air yang digunakan tidak terlalu panas agar tidak menyebabkan ketidaknyamanan atau luka pada mulut. 

3. Gunakan kompres dingin pada area yang sakit

Kompres dingin dapat memberikan bantuan dalam meringankan sakit gigi pada ibu hamil. Saat terjadi sakit gigi, kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan menenangkan saraf yang terstimulasi. 

Kamu hanya perlu membungkus es batu atau kantong es dalam kain bersih. Setelah itu, tempelkan kompres pada area yang terasa sakit gigi selama beberapa menit. Cara ini bertujuan mengurangi rasa nyeri dan memberi sensasi dingin yang menyegarkan. 

Efektif! Ini Dia Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Pijatan

4. Mengunyah bawang putih

Mengunyah bawang putih dapat menjadi cara alami yang membantu mengatasi sakit gigi pada ibu hamil.

Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gigi yang terkena. 

Sementara itu, senyawa allicin di bawang putih memiliki efek antibakteri yang kuat. Ini membantu melawan infeksi dan mengurangi pertumbuhan bakteri di area gigi yang sakit.

Untuk menggunakan bawang putih sebagai pengobatan sakit gigi, ambil sepotong kecil bawang putih segar, kupas, dan letakkan di daerah gigi yang sakit.

Kemudian, gigit atau kunyah bawang putih dengan lembut. Hal ini akan melepaskan senyawa alllicin dan diserap oleh area yang mengalami rasa sakit. 

Usahakan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi atau bidan sebelum menggunakan metode ini. Ini berlaku terutama jika kamu memiliki masalah kesehatan tertentu atau riwayat alergi terhadap bawang putih.

5. Hindari makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin

Menghindari makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin sangat penting dalam meredakan sakit gigi pada ibu hamil.

Ini terjadi karena sensitivitas gigi yang lebih tinggi selama masa kehamilan. Suhu ekstrem dari makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin dapat memicu rasa sakit yang lebih intens pada gigi yang sensitif.

Makanan atau minuman yang terlalu panas dapat merangsang saraf di gigi dan menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan yang tajam. Sementara itu, makanan atau minuman yang terlalu dingin dapat menyebabkan sensasi dingin yang menyakitkan pada gigi yang sensitif. 

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman dalam suhu yang nyaman, tidak terlalu panas atau dingin, untuk menghindari memperburuk gejala sakit gigi yang sedang dialami. 

Yuk, Waspadai Penyebab Gusi Berdarah Terus Menerus dan Cara Mengatasinya

Penyebab sakit gigil saat hamil 

penyebab sakit gigi saat hamil

Sama seperti sakit gigi pada umumnya, ada beragam hal yang bisa memicu rasa sakit gigi saat hamil. Ini beberapa kondisinya. 

  • Perubahan hormon selama kehamilan bisa memicu radang gusi atau pembengkakan gusi yang dapat menyebabkan sakit gigi
  • Penumpukan plak yang terjadi akibat produksi air liur yang dipengaruhi perubahan hormon
  • Pengasaman rongga mulut karena mual dan muntah pada ibu hamil dan bisa merusak lapisan gigi
  • Kondisi gigi berlubang sebelum kehamilan bisa lebih parah selama hamil

Itu tadi beragam cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil beserta deretan kondisi yang memicu rasa sakit tersebut. Jika sakit gigi semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter gigi dan cari tahu apa perawatan yang tepat selama hamil. 


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference