cara menyuburkan kandungan

Tidak sedikit pasangan perlu waktu yang cukup lama untuk mendapatkan momongan. Salah satu cara yang ditempuh untuk segera dikaruniai buah hati adalah dengan menyuburkan kandungan. Ada berbagai cara menyuburkan kandungan dari mulai medis hingga perubahan gaya hidup. 

Pasalnya, gaya hidup, stres dan makanan memiliki peran penting dalam meningkatkan kesuburan. Ini sebabnya berbagai perubahan gaya hidup yang lebih baik dapat membantu menyuburkan kandungan.

Cara menyuburkan kandungan dengan makanan atau superfood

Berikut beberapa makanan yang diperkaya dengan berbagai nutrisi yang baik untuk kesuburan:

1. Alpukat

Kandungan vitamin E pada alpukat terbukti mampu memperbaiki lapisan rahim. Selain itu, buah ini juga tinggi akan folat, potasium, dan vitamin K yang membantu tubuh menyerap vitamin lain dengan lebih baik. 

2. Biji bunga matahari

Kesuburan bukan hanya penting untuk wanita, namun juga pria. Salah satu makanan yang baik untuk kesuburan pria adalah biji bunga matahari. Pasalnya, makanan ini dapat membantu meningkatkan jumlah sperma. 

3. Sayuran berdaun hijau tua

Sayuran berdaun hijau tua seperti kale dan bayam sangat baik untuk dikonsumsi bagi pasangan yang mencoba untuk hamil. Mereka mengandung nutrisi seperti kalsium, folat dan zat besi yang baik untuk kehamilan dan membantu mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. 

4. Bit

Bit diketahui dapat meningkatkan aliran darah ke rahim untuk membantu orises implantasi embrio. Makanan Ini juga memiliki kandungan nutrisi yang melimpah untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

5. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan kandungan beta-karoten yang dikenal mampu membantu meningkatkan produksi progesteron. hormon yang satu ini juga memiliki peran penting selama kehamilan, seperti menjaga otot rahim supaya tetap rileks, menjaga ketebalan dinding rahim, hingga menjaga sistem kekebalan tubuh saat hamil nantinya.

6. Berry

Cara menyuburkan kandungan selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi buah beri, seperti blueberry, raspberry, dan stroberi. Buah ini kaya akan antioksidan seperti seng dan folat. Antioksidan nantinya akan menonaktifkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel sperma dan sel telur.

7. Salmon

Salmon memiliki kandungan lemak omega-3 dan DHA yang penting untuk perkembangan mata dan otak bayi. Selain itu, kandungan omega-3 pada salmon juga baik untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria. 

Cara menyuburkan kandungan dengan pola gaya hidup

cara mengatasi pilek dan flu saat hamil

Selain dengan mengkonsumsi makanan tertentu, cara menyuburkan kandungan juga dapat dilakukan dengan mengubah pola gaya hidup menjadi lebih sehat, seperti:

1. Mengurangi konsumsi kafein

Mengurangi konsumsi kafein bertujuan untuk mengurangi risiko fibroid rahim yang dapat menyebabkan masalah kesuburan. Konsumsi kafein secara berlebih dapat menyebabkan peningkatan kadar estrogen sehingga lebih berisiko terkena fibroid rahim. 

2. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Kurangnya aktivitas fisik atau duduk terlalu lama dapat menyebabkan sirkulasi darah ke rahim menjadi terganggu. Pastikan untuk olahraga rutin secara teratur. 

3. Menghindari konsumsi lemak trans

Mengkonsumsi lemak trans merupakan salah satu penyebab sulit hamil. Lemak tidak sehat dapat meningkatkan risiko infertilitas sampai 31 persen. Beberapa penelitian juga mengaitkan gangguan kesuburan wanita dengan konsumsi lemak jenuh tersebut. Lemak jenuh umumnya terdapat pada makanan yang digoreng. 

4. Membatasi karbohidrat

Menurunkan insulin dengan cara membatasi konsumsi karbohidrat dapat membantu meningkatkan kesuburan. Kadar insulin yang menurun akan membuat lebih menjadi lebih mudah luruh ketika berolahraga. Selain itu, ini juga dapat membantu membuat menstruasi lebih teratur. 

5. Mengurangi stres

Stres menjadi salah satu faktor masalah kesuburan. Ini sebabnya penting untuk mengurangi tingkat stres. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang kamu senangi, meditasi, atau hal lain yang membantu pikiran lebih tenang. 

6. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok dapat mengganggu keseimbangan hormon. Bukan hanya itu, merokok juga dapat membuat menopause lebih cepat terjadi. Guna meningkatkan peluang kehamilan, pastikan untuk menghentikan kebiasaan yang satu ini. 

7. Mencapai berat badan ideal

Cara menyuburkan kandungan selanjutnya adalah dengan mencapai berat badan ideal. Berat badan berlebih dan terlalu kurus dapat menyebabkan kesuburan terganggu. Berat badan yang ekstrim dapat mengubah kadar hormon serta mengganggu jadwal ovulasi.

Kamu bisa konsultasi dengan dokter untuk merencanakan diet sehat untuk mencapai berat badan ideal yang baik untuk kehamilan. 

Share artikel ini
Reference