stretch mark di payudara

Stretch mark umumnya terdapat pada kaki dan perut. Namun, beberapa orang mungkin juga mengalami stretch mark di payudara. Namun, ini bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan. Ada berbagai penyebab mengapa stretch mark bisa muncul. Selain itu, ada beberapa cara piula yang dapat membantu mengatasinya. 

Penyebab stretch mark di payudara

Berikut beberapa penyebab munculnya stretch mark, yakni:

1. Berat Badan

Stretch mark yang muncul pada payudara dapat dikarenakan perubahan ukuran payudara dalam jarak waktu yang cepat. Payudara sendiri merupakan jaringan lemak. Peningkatan konsumsi jumlah kalori dapat menyebabkan payudara menjadi lebih besar. Ini dapat menyebabkan munculnya stretch mark tersebut. 

2. Kehamilan 

Selama masa kehamilan, payudara wanita akan mengalami pertumbuhan sehingga ukurannya menjadi lebih besar. Ukuran payudara ini juga akan tetap membesar hingga ibu melahirkan dan menyusui. Peningkatan pertumbuhan payudara terkait dengan persalinan terjadi dengan cepat sehingga menyebabkan kulit menjadi mengembang dan menyebabkan stretch mark

3. Masa pubertas

Remaja mungkin mengalami stretch mark di payudaranya. Ini merupakan hal yang normal dan terjadi pada proses pubertas. Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris, 7 dari 10 anak perempuan mengalami stretch mark selama masa pubertas.

4. Dehidrasi dan kurang olahraga

Bukan hanya dikarenakan perubahan ukuran payudara, namun stretch mark juga dapat disebabkan karena dehidrasi dan kurang olahraga. Menurut laporan Fox News oleh Dr. Neil Sadick, orang yang terhidrasi dengan baik cenderung mempunyai kulit yang lebih lembut, serta cenderung tidak mengalami stretch mark. 

Olahraga juga membantu merawat kulit secara alami. Jika stretch mark muncul di saat tidak mengalami pembesaran ukuran payudara, ini bisa disebabkan karena dehidrasi atau kurang olahraga. 

5. Sindrom Cushing

Sindrom Cushing juga dapat menyebabkan munculnya stretch mark pada payudara. Kondisi ini berkembang saat tubuh memproduksi hormon kortisol secara berlebih. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya stretch mark berwarna merah muda gelap dan ungu. 

Cara alami menghilangkan stretch mark di payudara

Munculnya stretch mark pada tubuh mungkin cukup mengganggu untuk sebagian orang. Namun, ini dapat diatasi dengan beberapa cara alami dan medis. Berikut cara mengatasi stretch mark yang bisa kamu coba:

1. Pijat payudara

Memijat lembut area payudara yang memiliki stretch mark dengan gerakan memutar. lakukan pijatan ini selama dua kali sehari ketika menjelang tidur dan bangun tidur. Lakukan selama 90 detik. 

Gerakan pijatan ini juga dapat membantu melancarkan gerakan nutrisi yang terhambat di sekitar area payudara sekaligus membantu mengatasi area yang memiliki guratan. Cara ini dapat dilakukan untuk stretch mark yang masih berwarna merah muda. 

2. Perbanyak minum

Mencukupi kebutuhan cairan sangat penting untuk kesehatan tubuh dan kulit. Pastikan untuk tetap terhidrasi sepanjang hari. Ini akan membantu mengurangi guratan pada payudara. Disarankan untuk minum 6-8 gelas sehari. 

3. Olahraga rutin

Olahraga juga dapat membantu membuat kulit tetap kencang. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Lakukan olahraga ini secara teratur. 

4. Gunakan pelembap

Penggunaan pelembab berguna untuk menjaga kulit tetap lembap. Namun, selain itu juga berguna untuk mengurangi stretch mark. Kamu juga bisa membuat pelembab dari bahan alami seperti lidah buaya, putih telur, hingga minyak zaitun. 

5. Masker kentang

Kentang mengandung pati dan enzim pencerah kulit lainnya, itulah sebabnya kentang sering digunakan untuk meringankan lingkaran hitam, bintik-bintik dan noda pada kulit. Ini memutihkan kulit dan secara efektif mengurangi visibilitas stretch mark bila diterapkan secara teratur.

6. Minyak zaitun

Kaya akan sifat pelembap, minyak zaitun penuh dengan antioksidan dan nutrisi lain yang sangat baik untuk memperbaiki kerusakan kulit. Aplikasikan minyak zaitun pada stretch mark akan membantu menyamarkannya dari waktu ke waktu.

7. Putih telur

Tinggi protein dan asam amino, putih telur adalah makanan super untuk kulit. Saat dioleskan pada stretch mark, putih telur akan membantu meringankan bekasnya sekaligus mengencangkan kulit.

8. Lidah buaya

Lepaskan lapisan luar daun lidah buaya dan keluarkan gel lengket dari bagian dalam daun. Gunakan gel lidah buaya ini pada stretch mark dan bersihkan dengan air setelah 2-3 jam.

9. Konsumsi makanan mengandung gelatin

Gelatin mengandung kolagen yang juga ada di kulit kamu dan bertanggung jawab untuk memberikan elastisitas pada kulit. Kaldu ayam, domba atau sapi adalah sumber alami gelatin yang sangat baik dalam makanan!

10. Vitamin E

Vitamin E juga merupakan antioksidan yang melawan radikal bebas sekaligus menutrisi kulit secara mendalam. Makanan seperti almond, biji mentah seperti labu dan wijen, hazelnut, kacang pinus, bayam, alpukat, brokoli, peterseli, dan pepaya adalah sumber yang kaya vitamin E. Konsumsi makanan ini setiap hari akan membantu menyamarkan stretch mark di payudara.

Cara menghilangkan stretch mark dengan pengobatan medis

Selain menggunakan cara alami, kamu juga bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan stretch mark dengan pengobatan medis seperti terapi laser. Perawatan yang satu ini cukup efektif untuk mengurangi stretch mark yang ada pada payudara

Namun, tentu biaya yang diperlukan juga lebih mahal dibandingkan menggunakan obat alami yang belum tentu efektivitasnya. Terapi yang satu ini umumnya dilakukan ketika guratan pada payudara kamu sudah berwarna putih atau ungu. Guratan ini akan lebih sulit dihilangkan dibandingkan dengan guratan berwarna merah muda tadi,. 

Terapi ini nantinya menggunakan sinar cahaya yang berguna untuk memecah jaringan perut dan kemudian merangsang jaringan yang rusak. Keuntungan lain yang bisa kamu peroleh dari tetapi ini adalah memberi energi sel-sel tubuh yang terasa sakit, memperbaiki aliran darah, hingga membantu merangsang sistem kekebalan tubuh.

Share artikel ini
Reference